4 Rekomendasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

4 Rekomendasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat – Program magang merupakan hal yang harus disambut baik oleh para mahasiswa. Dengan ketatnya persaingan dunia kerja, amunisi yang banyak sangat dibutuhkan agar jalan karir bisa lancar. Sedangkan berbagai rekomendasi program magang mahasiswa bersertifikat bisa menjadi pengalaman yang berharga.

4 Rekomendasi Program Magang Bersertifikat

Program magang bisa dikatakan sesuatu hal yang seharusnya disambut baik oleh seluruh mahasiswa. Hal ini mengingat jika persaingan kerja sudah semakin ketat, sehingga memerlukan banyak amunisi untuk bisa menyukseskan karir kedepannya. Magang adalah salah satu amunisi yang nantinya akan memberimu bekal pengalaman yang sangat berharga.

Biasanya pihak perguruan tinggi sadar betul akan hal ini. Mahasiswa memang memerlukan asupan pengalaman untuk bisa menjadi SDM yang unggul dan siap kerja. Itulah mnegapa, tidak sedikit perguruan tinggi yang akhirnya mewajibkan setiap mahasiswanya untuk mengikuti magang.

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Akan tetapi sayangnya, tidak semua mahasiswa cukup merespon kegiatan ini. Ada banyak mahasiswa yang justru melakukan magang hanya karena tuntutan perguruan tinggi, dan bisa dibilang hanya sedikit yang melakukannya atas inisiatif pribadi.  Dalam hal ini kamu harus bisa melakukan perubahan.

Biasnaya mahasiswa yang berhasil mendapat kesempatan magang di sebuah perusahaan, apalagi jika perusahaan tersebut adalah perusahaan bergengsi adalah sebuah keuntungan dan prestasi tersendiri. Mengapa? karena dengan menjadi pegawai magang nantinya, maka mahasiswa pun akan memperoleh kesempatan untuk mengetahui seperti apa dinamika dunia kerja.

Selain itu dalam kegiatan magang, kamu pun mempunyai kesempatan untuk mengaplikasikan semua ilmu yang sudah dipelajari di bangku kuliah serta mempelajari detail menegenai seluk beluk standar kerja yang profesional. Berikut beberapa rekomendasi program magang mahasiswa bersertifikat, yang bisa kamu pertimbangkan:

1. Program Magang ke Luar Negeri

Pasti banyak mahasiswa yang tertarik magang di luar negeri.Tinggal, mempelajari budaya dan merasakan suasana negera lain pasti sangat menyenangkan.

Ada beberapa program magang ke luar negeri, seperti: program magang sebagai pemenuh kredit akademik. Biasanya merupakan kerjasama antara perguruan tinggi dengan organisasi atau perusahaan luar negeri.

Kemudian ada magang di musim panas yang biasanya banyak dibuka kesempatan bagi para mahasiswa. Durasi magang satu ini biasanya lebih singkat. Jangan lupa sesuaikan dengan jadwal kuliah jika program ini diikuti secara independen.

Terakhir, bagi yang tertarik di bidang kemanusiaan bisa mencoba program nirlaba. Fokus utamanya adalah memberikan layanan sosial atau publik. Meski begitu, jangan harap akan dibayar.

2. Program Magang BUMN

Program Magang Mahasiswa Bersertifikat

Kalau tertarik ingin magang di BUMN, sekarang ada PMMB atau Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. Rekomendasi program magang mahasiswa bersertifikat ini bisa membuat Anda merasakan kerja di lingkungan BUMN, mendapat uang saku, dan bisa mendapatkan sertifikat setelah program selesai.

Program ini merupakan pengaplikasian BUMN Hadir untuk Negeri yang diinisiasi FHCI. Diharapkan lulusan perguruan tinggi bisa menjadi SDM yang unggul dan siap kerja setelah program selesai.

Program ini berjalan sejak 2018 dengan 2 kali rekrutmen setiap tahunnya. FHCI juga bekerja sama dengan Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta dan seluruh BUMN.

3. Program Magang Kementerian

Rekomendasi program magang mahasiswa bersertifikat lainnya adalah magang di kementerian yang biasanya membuka kesempatan untuk mahasiswa tingkat akhir. Program ini bisa diikuti di kementerian yang diminati. Jangka waktunya juga bervariasi, tergantung dari kebijakan tiap kementerian.

Ketika melamar, Anda harus spesifik menyatakan ingin di unit mana di kementerian tersebut.

Seleksinya juga cukup sulit karena lowongan yang sedikit dengan peminat yang banyak. Anda harus rajin mencari informasi di official web kementerian dan membuat aplikasi menarik.

4. Program Magang Perusahaan Swasta

Terakhir, Anda bisa magang di perusahaan swasta. Tujuan dari perusahaan membuka lowongan magang adalah mencari talenta baru. Jika ada yang kompeten maka bisa saja direkrut menjadi karyawan tetap.

Magang di perusahaan merupakan kesempatan emas untuk menambah pengalaman dan skill yang bisa diaplikasikan di dunia kerja.

Meski tidak mendapatkan gaji saat magang, Anda akan mendapatkan uang saku. Sedangkan informasinya bisa didapatkan di internet, seperti web pencari kerja.

Itulah beberapa rekomendasi program kerja mahasiswa bersertifikat yang bisa dicoba.