Sejarah Virus Hingga Manfaatnya Bagi Kehidupan

Virus

Sejarah Virus Hingga Manfaatnya Bagi KehidupanVirus merupakan mikroorganisme yang berukuran sangat kecil . Ilmu yang berhubungan erat dengan mekanisme virus disebut dengan virologi. Virus berasal dari bahasa latin “virion” yang berarti racun. Penemuan virus berkembang dari masa ke masa, mulai dari 1883-1935.

Sejarah Virus Hingga Manfaatnya

Virus ini sendiri terbagi menjadi 2 jenis yaitu DNA-Virus dan RNA-Virus. Apa bedanya?

Nah, di dalam host cell, metabolisme sel itu banyak bergantung pada PROTEIN BIOSYNTHESIS dimana DNA itu di transkripsikan menjadi RNA, dan RNA di translasi menjadi PROTEIN. Dimana DNA fokus menyerang transkripsi dan RNA fokus menyerang translasi.

Sejarah Virus Hingga Manfaatnya

Untuk mengenal virus leih dalam lagi, simak sampai habis yaaaa…

Sejarah Virus

Adolf Meyer (Jerman, 1882)
Menemukan adanya bintik-bintik kuning pada daun tembakau. Lalu, Meyer meneliti getah tembakau tersebut menggunakan mikroskop, ternyata tidak ditemukan adanya bakteri, sehingga ia berkesimpulan bahwa makhluk yang menyerang tembakau tersebut bukanlah bakteri, tetapi makhluk yang lebih kecil lagi.

D. Ivanosky (Rusia, 1893)
Melakukan penelitian pada menyaring getah tembakau yang sakit.  Ivanosky menyaring getah tersebut dengan saringan bakteri. Lalu hasil saringan tersebut disemprotkan pada tembakau yang sehat, dan ternyata tembakau tsb juga menjadi sakit.

M. Beinjerink (Belanda, 1897)
Beijerinck mencoba menonaktifkan makhluk penyebab penyakit tersebut menggunakan alkohol. Hasilnya alkohol tidak bisa menonaktifkan makhluk kecil tersebut. Ia menyebutnya sebagai virus lolos saring.

Wendel Stanley (Amerika, 1935)
Beliau mengristalkan makhluk penyebab penyakit pada tembakau, kemudian penyakit tersebut diberi nama Tobacco Mosaic Virus (TMV).

Ciri – Ciri Virus

Ciri-ciri virus yaitu:
1. Virus bersifat seperti benda hidup,serta dapat berkembang biak jika berada di dalam sel hidup.
2. Virus tidak mempunyai sel.
3. Virus hanya memiliki salah satu macam DNA  dan RNA
4. Virus berukuran mikroskopis, berkisar antara 20-300 milimikron

Bentuk Virus

Virus memiiki bermacam-macam bentuk, loh. Apakah itu ?

Virus berbentuk batang contohnya TMV, berbentuk bulat contohnya virus HIV, berbentuk oval contohnya Rhabdovirus, berbentuk filamen, contohnya virus Ebola, berbentuk persegi banyak (polihedral), contohnya Adenovirus, berbentuk seperti huruf T, contohnya bakteriofag. Badan virus ini sendiri terdiri dari kepala, kulit, dan ekor.

Reproduksi Virus

Replikasi atau perbanyakan diri virus dibagi menjadi dua macam, yaitu daur litik dan daur lisogenik. Pada daur litik, virus akan menghancurkan sel induk setelah berhasil melakukan reproduksi. Pada daur lisogenik, virus berintegrasi dengan DNA sel bakteri, sehingga jika bakteri membelah atau
berkembangbiak virus pun ikut membelah.

Bagaimana Sih Virus Dapat Masuk Ketubuh Manusia ?

Jadi, virus masuk ke tubuh manusia bisa lewat respiratory droplets. Bisa lewat batuk, bersin, dan bisa juga lewat fical-oral-route. Virus bisa masuk melalui mulut seperti pada saat kita makan, dan tanpa cuci tangan, bisa juga lewat lalat.

Kemudian masuk ke system pencernaan lalu kemudian menyebar ke tubuh kita. Itulah sebabnya, sangatpenting menjaga kebersihan badan dan lingkungan.

Manfaat Virus

Ada beragam manfaat yang dihasilkan virus untuk kehidupan manusia, seperti dapat dimanfaatkan dalam rekombinasi genetika. Virus kemudian diubahh menjadi vaksin. 

Contohnya pembuatan vaksin polio, rabies, vaksin untuk cacar gondong, dan campak.

Untuk bahaya dari virus ini sendiri yaitu bisa menyebabkan penyakit bahkan bisa berujung pada kematian. Sebagai contoh virus Covid-19, adapun penyakit lain yang disebabkan oleh virus yaitu:

1. Flu burung disebabkan oleh HPAIV.
2. Rabies disebabkan oleh Rhabdovirus.
3. Tetelo disebabkan oleh virus NCD.
4. Cacar variola disebabkan oleh virus jenis Orthopoxvirus.
5. Campak disebabkan oleh Morbilivirus.
6. AIDS disebabkan oleh HIV, yaitu Human Immunodeficiency Virus.
7. Flu disebabkan oleh virus influenza atau parainfluenza.
8. Hepatitis (pembengkakan hati) disebabkan oleh virus hepatitis. Penyakit gondong disebabkan
oleh paramyxovirus dapat hidup dijaringan otak , selaput otak, pankreas, testis, kelenjar parotid
dan radang di hati. 
9. SARS (Severe Acute Respirotory Syndrome)
Diduga disebabkan oleh virus Corona mamalia (golongan musang, rakun) yang mudah sekali bermutasi setiap terjadi replikasi.

Untuk mencegah virus ini masuk ketubuh, kita bisa melakukan berbagai langkah preventif dengan cara menjaga kebersihan diri serta melakukan gaya hidup yang sehat untuk meningkatkan system imun tubuh.

Itu dia penjelasan mengenai virus, jika kamu sudah tau maka harus berhati-hati karena kita tidak tahu zat-zat apa saja yang sudah masuk ke dalam tubuh kita, hal terpenting adalah selalu menjaga kebersihan diri.