Sistem Penilaian UTBK 2021 yang Perlu Kamu Tau

Sistem Penilaian UTBK

Sistem Penilaian UTBK 2021 yang Perlu Kamu Tau – SBMPTN merupakan salah satu cara untuk masuk ke Universitas sebagai mahasiswa. Belakangan ini istilah SBMPTN telah dirubah menjadi UTBK SBMPT. Umumnya UTBK SBMPT akan berlangsung di bulan April-Mei pada tahun mendatang. Karena saat ini telah masuk dalam tahun 2022, maka pelaksanaan UTBK 2022 tidak akan lama lagi. Oleh karena itu banyak yang sudah mulai belajar dan menyusun strategi pemilihan jurusan dan universitas agar dapat lolos. Tapi tidak lengkap rasanya jika kita belum mengetahui secara pasti bagaimana proses dan sistem penilaian UTBK 2021. Simak penjelasannya berikut ini, ya!

Sistem Penilaian UTBK

Sistem penilaian UTBK 2021 menurut Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih yaitu sistem penilaian Item Response Theory (IRT). Kamu hanya bisa mengetahui apa yang dimaksud dengan IRT dan tes apa saja yang ada didalamnya. Meskipun begitu, jika berhubungan dengan cara menghitung sistem penilaian UTBK 2021 ini hanya diketahui oleh tim yang dibentuk untuk scoring test.

Sistem penilaian UTBK 2021 menggunakan sistem IRT. Sistem IRT ini sendiri merupakan bentuk penilaian dengan sistem yang memakai konsep bobot nilai berbeda-beda pada setiap sub-tesnya. Konsep IRT UTBK ini langsung digambarkan memiliki tiga tahapan. Berikut adalah beberapa tahapan dalam konsep IRT UTBK.

  1. Tahap pertama, setiap jawaban yang benar maka kamu akan diberikan skor sebesar 1 poin, sementara untuk soal yang tidak kamu jawab skornya 0.
  2. Tahap kedua, setiap jawaban soal yang benar kemudian mesin akan menganalisa karakteristik soal tersebut berdasarkan tingkat kesulitan dari soal-soal lainnya.
  3. Tahap terakhir, hasil dari karakteristik yang ada pada tahap sebelumnya akan digunakan oleh panitia pelaksana untuk penghitungan skor peserta UTBK. Disinilah pengukuran terjadi, soal yang termasuk dalam kategori sulit akan mendapatkan nilai paling tinggi sedangkan yang mudah akan lebih tinggi daripada yang lainnya.

Setelah mendapatkan skor pada sistem penilaian UTBK 2021 diatas, maka terlihat jumlah skornya. Skorpun dikelompokkan menjadi beberapa kategori. Berikut adalah kategori skornya.

  • Skor dibawah 300
  • 300-400
  • 401-500
  • 501-600
  • 601-700
  • 701-800
  • 801-900
  • Diatas 900

Melalui jumlah skor diatas maka ditempatkanlah sesuai dengan pilihan universitasnya dan kemudian dilakukan perankingan pada sistem penilaian UTBK 2021. Setelah pengumuman lolos atau tidak UTBK, esok harinya peserta UTBK akan melihat hasil skor yang diperolehnya. Cara mengaksesnya cukup mudah, peserta login dan hasil tersebut akan tersedia di akun LTMPT masing-masing peserta.

Tips dan Trik Mengerjakan UTBK

Setelah kamu mengetahui bentuk dan sistem penilaian UTBK 2021 diatas seperti itu, maka kamu sudah harus memikirkan taktik agar dapat mendapatkan skor yang maksimal. Selain meningkatkan waktu belajar dengan giat, kamu juga harus memperhatikan hal yang bisa membuat skormu naik secara signifikan. Silahkan perhatikan taktik yang bisa kamu gunakan dan pertimbangkan dalam menghadapi soal UTBK 2022 mendatang.

  • Hal pertama dan merupakan hal paling penting adalah kamu harus menanamkan bahwa sebisa mungkin kamu mengisi dan menjawab setiap soal yang ada. Berdasarkan sistem penilaian UTBK 2021 yang telah terdeskripsi diatas, maka dalam soal yang akan dibagikan padamu tidak akan ada nilai minus. Sehingga sebisa mungkin kamu harus mengisi semua soal meskipun contoh dalam beberapa soal kamu tidak bisa menjawab. Sebab jika kamu menjawab setidaknya ada peluang untuk mendapatkan skor dan tidak berakhir dengan skor 0 nantinya.
  • Pelajari cara menebak jawaban mana yang kira-kira paling benar berdasarkan dari pilihan jawaban yang sudah tersedia. Beberapa buku intens atau bimbingan belajar oleh lembaga resmi telah mengajarkan cara untuk mengeliminasi jawaban secara tepat. Jadi kamu harus mengeliminasi kemungkinan jawaban yang salah. Kemudian semakin sedikit pilihan jawaban maka semakin besar peluang kamu memilih jawaban yang benar.
  • Kamu tidak usah terlalu sering atau terlalu banyak mengira-ngira sendiri bagian mana soal yang termasuk sulit atau mudah. Jangan habiskan waktu dengan menjawab setiap soal sulit karena ingin mengejar skor paling tinggi. Kamu tidak akan pernah bisa menebak dengan akurat karena bobot tingkat kesulitan soal akan ditentukan oleh panitia setelah pengerjaan UTBK oleh peserta selesai. Pengecekan tersebut disesuaikan kepada semua peserta yang mengerjakan bukan ditentukan berdasarkan tipe soal tertentu.

Semua perguruan tinggi negeri pastinya menginginkan untuk memiliki mahasiswa yang kemampuannya baik dan cukup mumpuni. Sehingga dengan cara masuk perguruan tinggi negeri yang berbeda-beda ini akan membuat persaingan juga semakin ketat. Tidak perlu merasakan takut atau terbebani, selama kamu belajar dengan giat dan kamu paham taktik dan strategi yang bisa kamu gunakan dalam sistem penilaian UTBK 2021 kemarin maka kamu akan siap untuk mengikuti UTBK 2022 mendatang.