Tips Hemat Makan di Luar Bagi Mahasiswa Saat Akhir Bulan

Tips Hemat Makan di Luar
Tips Hemat Makan di Luar Bagi Mahasiswa Saat Akhir Bulan – Jika akhir-akhir ini Anda juga sering makan di luar rumah, entah karena malas memasak atau pembantu sedang pulang mudik. Berikut ini ada beberapa tips yang mungkin berguna bagi mahasiswa saat akhir bulan jika terpaksa memang harus makan di luar rumah.

Tips Hemat Makan di Luar

1. Berburu Diskon

Tips Hemat Makan di Luar
Pertama adalah gunakan voucher atau promo diskon. Cobalah untuk mencari paket promo atau cari restoran favorit yang menawarkan potongan harga dalam bentuk voucher atau kupon. Dengan memanfaatkan penawaran ini, Anda bisa menghemat sampai 50% atau hanya akan membayar setengah harga. Ini akan sangat meringankan anggaran belanja keuangan Anda.

2. Bawa Minuman Dari Rumah

Tips Hemat Makan di Luar

Tips Hemat makan di luar juga bisa dilakukan dengan tips yang kedua, yaitu tidak memesan minuman. Sesekali cobalah untuk tidak memesan minuman saat makan di luar rumah. Sebagai gantinya, tentu Anda harus membawa air minum mineral sendiri. Saatnya gunakan botol air minum Anda. Jika malu, Anda bisa minta pelayan restoran untuk membungkus pesanan dan makan di rumah.

3. Pilih Makanan yang Murah

Tips ketiga, pilih makanan yang harganya murah. Jika Anda ingin berhemat, maka pesanlah makanan yang harganya murah tapi tetap mengenyangkan. Dengan begitu Anda tidak perlu mengeluarkan uang banyak tapi kebutuhan perut tetap tepenuhi.

4. Hindari Pergi Ke Restoran

Tips Hemat Makan di Luar

Tips keempat, yaitu jangan pergi ke restoran yang terkenal. Biasanya restoran-restoran yang terkenal selalu mematok harga makanan yang mahal. Makanya hindari makan di tempat tersebut agar isi dompet Anda tetap aman. Apalagi masih banyak restoran yang biasa tapi mempunyai menu yang rasanya luar biasa. Jadi, buat apa mengeluarkan uang lebih untuk makan di luar kalo ada yang lebih murah?

Hemat Saat Memasak Makanan Di Rumah

Tips Hemat makan di luar juga sebaiknya dipraktikkan etika Anda belanja bahan makanan. Suatu saat ketika Anda ingin berhemat dengan cara memasak, ada beberapa hal yang tidak boleh Anda tinggalkan.

Pertama adalah buat rencana sebelum memasak. Setiap malam sebelum tidur, cobalah membuat menu untuk besok hari. Susunlah daftar belanjaan sesuai dengan kebutuhan menu tadi. Merencanakan apa yang akan kita beli, membuat kita hemat waktu dalam belanja.

Tips Hemat Makan di Luar

Kedua, jangan lari dari daftar. Kedengarannya mudah dilakukan, tapi seringkali kita tergoda untuk membeli berbagai macam bahan masakan dan barang lain yang sebenarnya tidak dibutuhkan dan tentu saja tidak ada didaftar yang telah kita buat. Cara terbaik untuk berhemat, buat daftar menu selama semingu, dan disiplin taatilah apa yang telah anda tulis didaftar belanjaan.

Ketiga, makan yang sedang musim. Buah dan sayur yang sedang musim, biasanya dijual dengan harga yang lebih murah. Manfaatkan ini! Jangan membeli buah dan sayur yang jarang atau sulit ditemukan. Biasanya harganya lebih mahal.

Keempat, tidak sempurna? Tidak masalah. Dipasar atau supermarket, seringkali kita mendapatkan buah atau sayur yang sudah tidak mulus. Tidak masalah, beli saja. Toh rasanya juga sama, soal rupa tidak perlu dipusingkan. Bukannya nanti toh juga akan dipotong dan dimasak?

Kelima, pilih-pilih daging. Saat memilih daging, tidak usah mengambil yang paling mahal. Ambil yang biasa saja, selama itu bukan daging rusak.

Keenam, bekukan saja. Manfaatkan freezer (bagian untuk membuat makanan beku) di kulkas Anda. Dengan perencanaan yang baik, kita bisa menghemat banyak, karena tidak harus belanja setiap hari. Agar semua makanan yang dibekukan bisa dimanfaatkan pada waktunya, beri label tanggal pembelian dan tanggal kadaluarsanya.