8 Tips Memilih Jurusan Perguruan Tinggi yang Tepat

Tips Memilih Jurusan

8 Tips Memilih Jurusan Perguruan Tinggi yang Tepat – Jangan sampai menyia-nyiakan tiga atau empat tahun karena salah memilih jurusan. Siapa tahu ini berguna untuk siswa SMA dan sederajatnya untuk menjadi pertimbangan dalam memilih masa depan.

Tips Memilih Jurusan Perguruan Tinggi

1. Sadar bahwa memilih jurusan di perguruan tinggi itu sangat penting

“human are created to work”… Satu hal penting yang mesti dipahami betul adalah “bekerja adalah tugas manusia di dunia ini dan akan menjadi hal yang paling banyak mengisi kehidupan manusia”. Bekerja akan mendominasi waktu kita, konsentrasi kita dalam kehidupan kita. Nah, jurusan di perguruan tinggi memegang peranan penting dalam hal ini. Maka dari itu, pilihan hidup ini sangat penting.

JANGAN hanya ikut-ikutan dalam memilih jurusan. Ingat bahwa hidup kita ya kita yang menjalani. Mungkin terdengar egois, tapi ini benar lho… kalau kita hanya ikut-ikutan ke dalam arus yang “populer”, kecil kemungkinan kita akan enjoy saat berkuliah nanti karena tidak sesuai dengan minat kita sesungguhnya. Nah, jangan main-main dengan pilihan ini adalah langkah pertama dalam memilih jurusan.

2. Tahu Panggilan Hidup

Tips Memilih Jurusan

“life is about make meaning, NOT make money”…

Bekerja adalah berkontribusi bagi sesama, bagi bangsa dan negara, bukan masalah uang. Uang itu penting tapi bukan yang terpenting. Kalau kita terpengaruh dengan “gaji besar” dalam satu pekerjaan tapi pekerjaan itu tidak cocok dengan kita, maka dalam menjalaninya nanti, kita tidak akan mendapat sukacita dan damai sejahtera. Pekerjaan seorang guru mungkin bergaji kecil, TAPI guru punya kontribusi yang besar bagi anak didiknya. Jadi, jika kita tahu apa panggilan hidup kita mestinya kita bisa memutuskan jurusan mana yang hendak kita pilih.

3. Pelajaran yang disukai

“Do what you love”…

Kita masing-masing punya pelajaran favorit (tentunya bukan pelajaran kosong ya? hehehe). Nah, pelajaran favorit ini bisa jadi acuan kita dalam memilih jurusan.

4. Mengerti apa yang nantinya dipelajari di jurusan tujuan

“know your destination”…

Teknik Penerbangan bukan jurusan untuk menjadi pilot. Nah, ini salah satu contoh sederhana mengenai poin 4 ini. Saya sich sarankan untuk banyak bertanya kepada para kakak-kakak kalian yang sudah berkuliah di jurusan yang hendak dituju. Selain itu, bisa juga membeli buku panduan memilih jurusan di perguruan tinggi.

5. Cermati passing grade tahun sebelumnya

Tips Memilih Jurusan

“keep track your score”…

Passing grade memang berubah-ubah bergantung jumlah kursi dan jumlah peminat tapi passing grade tahun sebelumnya bisa jadi acuan untuk memiih jurusan. Nah, pilihan 1 dan pilihan 2 dalam SNMPTN nanti SEBAIKNYA berbeda sekitar 10%. JANGAN MEMILIH DUA JURUSAN DENGAN PASSING GRADE YANG TERLALU TIPIS PERBEDAANNYA.

6. Mengikuti Open House Universitas

“open house is an opportunity to ask directly about the major”. Jika ada Open House Universitas, hadiri dan sedapat mungkin ambil informasi sebanyak-banyaknya mengenai kandidat jurusan yang hendak kita tuju. Untuk ITB, Open House biasanya berlangsung 3 hari di bulan Maret. Open house adalah kesempaatan untuk mencari informasi mengenai jurusan yang hendak dituju.

7. Akreditasi Jurusan / Universitas

Tips Memilih Jurusan

“standard is important”…

Akreditasi jurusan / universitas itu penting. Pertama karena kualitas pendidikannya dan kedua apabila terakreditasi baik biasanya akan ada banyak sumber beasiswa untuk pendidikan. Hal ini patut untuk dipertimbangkan.

8. Bidik untuk mimpi yang lebih besar

“never afraid to dream high”…

Ini mungkin yang agak terluput dari para siswa yang hendak berkuliah. Ada beberapa jurusan di Universitas tertentu yang memiliki kerjasama dengan Unversitas di luar negeri.

Sumber : chrisphdlife