7 Tips Memilih Kampus dan Jurusan yang Tepat untuk Calon Mahasiswa

Tips Memilih Kampus dan Jurusan

7 Tips Memilih Kampus dan Jurusan yang Tepat untuk Calon Mahasiswa – Ada berbagai pertanyaan mengenai memilih jurusan kuliah dan kampus yang cocok pasti terlintas oleh calon mahasiswa yang baru tamat sekolah serta ingin melanjutkan ke jenjang perkuliahaan. Jumlah kampus di Indonesia pun sudah banyak, akan tetapi berbagai jurusan kuliah pun bisa membingungkan kamu. Lalu adakah tips memilih kampus dan jurusan yang tepat untuk calon mahasiswa?

Pertanyaan di atas kerap sekali terlintas di benak para anak zaman milenial yang akan masuk ke perkuliahan.

7 Tips Memilih Kampus dan Jurusan yang Tepat

Tips Memilih Kampus dan Jurusan

Apabila kamu masih bingung, maka berikut tips memilih jurusan kuliah dan kampus yang cocok dan pas untuk masa depan kamu, seperti:

1. Pahami Apa Minat dan Bakat

Ketika ada banyak daftar jurusan kuliah yang harus dipilih, baik itu dari orangtua maupun pilihan diri sendiri, maka kamu memerlukan alasan tepat untuk menentukan.
Cara memilih jurusan ini pun diketahui berbeda dari cara kamu memilih menu makanan dimana jika misalnya saat merasa bosan bisa bisa langsung diganti. Namun bagaimana dengan jurusan kuliah?

Itulah mengapa dalam hal ini, kamu harus tahu apa minat dan bakat yang di miliki. Pengetahuan inilah yang nantinya bisa membantu kita menentukan jurusan kuliah. Pemahaman inilah yang nantinya akan bisa membuat kamu bisa bertahan melewati tantangan saat sedang belajar mengenai ilmu dan kemampuan baru saat kuliah.

2. Lakukan Riset Jurusan Kuliah yang Akan Dipilih

Selanjutnya tips memilih kampus dan jurusan yang tepat yaitu dengan mencari tahu atau meriset jurusan kuliah yang akan dipilih di kampus yang akan di pilih juga. Dalam hal ini, ketahui sebanyak-banyaknya jurusan kuliah yang ada. Pahamilah masing-masing bidang ilmunya, seperti apa prospek alumninya dan hal lain yang dirasa penting untuk dipahami.

3. Konsultasi dengan Orang Dekat yang Sudah Berpengalaman di Dunia Kerja

Kemudian tips memilih kampus dan jurusan yang tepat yaitu dengan mendiskusikan berbagai pilihan jurusan kuliah yang ada saat ini dengan mereka yang sudah ahli. Sebagai contoh psikolog pendidikan. Atau bisa juga diskusikan dengan seseorang yang sudah dekat denganmu.

Tips Memilih Kampus dan Jurusan

Mereka yang mempunyai pengalaman serta kapasitas bisa memberi kita sudut pandang serta wawasan yang fresh. Bahkan ada baiknya jika akamu dapat menggabungkan dua cara memilih jurusan kuliah ini secara bersamaan.

4. Tentukan Kampus Negeri atau Swasta

Di Indonesia, ada banyak siswa yang memilih universitas negeri sebagai pilihan utama mereka bahkan mau masuk jurusan yang tidak sesuai bakatnya. Salah satu alasannya masuk ke kampus negeri yaitu karena memang biayanya yang cukup murah, namun pada kenyataanya di kampus swasta bayarannya bisa dikatakan tidak terlalu mahal, sebab saat ini ada banyak kampus swasta yang sudah menyediakan program beasiswa, hingga akhirnya tidak terlalu mahal.

5. Cek Ranking Perguruan Tinggi Pilihanmu

Jika misalnya kamu sudah tahu akan masuk kejurusan apa, maka kamu harus mencari ranking universitas yang akan kamu pilih.

6. Cek Ada Beasiswa atau Tidak

Dengan kamu mengetahui ada beasiswa atau tidak juga menjadi bagian yang penting, karena ini akan bisa membantu anggaran kuliah kamu kedepannya.

7. Lokasi Kampus

Saat ini tips memilih kampus dan jurusan yang tepat terakhir yaitu kamu harus memilih Universitas yang di pilih, apakah lokasinya dekat dari rumah atau tidak, karena ini akan sesuaia dengan rencana biaya yang akan dihabiskan.