3 Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design

Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design

Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design – Laptop Yang cocok Untuk Mahasiswa Desain harus memiliki kemampuan yang tinggi sehingga memudahkan mahasiswa dalam menciptakan desain tertentu. Menjadi mahasiswa di era teknologi informasi tentu jauh berbeda dengan mahasiswa sebelum era 4.0. ini. Apalagi setelah terjadinya pandemi covid-19 dimana kegiatan perkuliahan dilakukan dengan daring tidak boleh dengan tatap muka langsung.

Tentunya kebutuhan akan sarana komunikasi seperti laptop atau komputer dengan menggunakan jaringan internet sangat diperlukan. Kebutuhan akan komputer akan lebih dirasa bila mengambil jurusan perkuliahan yang memang menjadikan komputer sebagai sarana dalam menyajikan pembelajaran baik on line maupun offline. Salah satu jurusan yang dimaksud yaitu jurusan Desain.

Menjadi mahasiswa dengan jurusan desain mempunyai perbedaan dengan jurusan lainnya seperti ekonomi, pendidikan dan ilmu sosial lainnya. Untuk materi kuliah pada program studi yang menjurus kepada teknik ataupun bisa juga seni sangat dibutuhkan keterampilan dalam mengekploitasi kemampuan imajinasinya dibidang seni termsuk salah satunya seni desain grafis.

Selain melakukan desain secara manual mahasiswa juga dituntut untuk dapat melakukan desain secara digital dengan menggunakan aplikasi-aplikasi yang banyak tersedia saat ini. Untuk itu dibutuhkan sarana pendukung salah satunya laptop. Laptop yang cocok untuk mahasiswa desain memang membutuhkan spect dengan resolusi yang tinggi sehingga dapat digunakan dalam menjalankan semua aplikasi yang dibutuhkan dengan lancar. Untuk itu laptop yang cocok untuk mahasiswa desain tentunya tidak boleh sembarangan. Spesifikasinya harus bisa mendukung kebutuhan-kebutuhan mahasiswa nantinya.

Yuk Lihat Tips Memilih Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa Desain

Laptop yang cocok untuk mahasiswa desain agar dapat digunakan sesuai kebutuhan desain. Tentunya salah satu yang mempengaruhi yaitu spesifikasi. Berikut kriteria Laptop yang cocok untuk mahasiswa desain.

1. Display Berkualitas

3 Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design Display Berkualitas

Kriteria pertama yang harus dimiliki Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Desain yaitu Kualitas display layar laptop yang nantinya akan digunakan dalam menvisualisasikan desain yang sudah di kerjakan sehingga akan kelihatan lebih hidup dan lebih indah. Tampilan display yang baik pastinya juga akan dapat memberikan hasil kerja yang baik juga. Untuk itu pilihlah laptop yang memiliki resolusi layar minimal HD. Atau untuk hasil yang lebih baik bisa juga direkomendasikan laptop yang sudah memiliki resolusi full HD atau jika perlu yang kualitasnya QHD.

2. Kemampuan Processor Minimal Core 2 Duo

3-Tips-Memilih-Laptop-yang-Cocok-Untuk-Mahasiswa-Design-Kemampuan-Processor-Minimal-Core-2-Duo

Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki Laptop yang cocok untuk mahasiswa desain yaitu yang memiliki kriteria prosesornya minimal core 2 Duo. Untuk prosessor disarankan yang sudah multi cores atau yang memiliki minimal 2.0 Ghz. Tetapi sebaiknya menggunakan prosessor intel core i5 ataupun yang setara dengannya.

Penggunaan prosesor yang memiliki kemampuan yang tinggi akan dapat mempengaruhi terhadap segala proses dan perhitungan yang dilakukan oleh laptop tersebut. Untuk itu disarankan untuk memilih laptop dengan prosessor yang masih dapat memenuhi kebutuhan dengan prediksi 3-5 tahun ke depan. Hal ini bertujuan agar tidak perlu gonta ganti laptop lagi selama menjadi mahasiswa sehingga dapat menghemat dan efisiensi dalam biaya dan waktu.

3. Memiliki RAM minimal 4 GB

3 Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design Memiliki RAM minimal 4 GB

Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design Kriteria selanjutnya yang harus dimiliki oleh Laptop Yang Cocok Untuk Mahasiswa Desain yaitu memiliki RAM minimal 4 GB. Kalau menggunakan desain dengan software seperti Adobe Photoshop ataupun CorelDraw laptop anda cukup dengan RAM 2GB. Tetapi jika menggunakan software yang lebih tinggi seperti Adobe After Effects akan membutuhkan minimal RAM 4GB dalam menjalankannya. Untuk hasil yang maksimal maka sebaiknya mahasiswa desain memilih laptop dengan RAM 4GB atau bahkan RAM 8 GB.

Sehingga dalam melakukan desain akan lebih mudah dan tidak harus mengganti-ganti laptop lagi pada saat akan menggunakan software yang lebih tinggi resolusinya. Memiliki Laptop dengan memori yang besar kita tidak perlu ragu lagi dengan kemampuan laptop kita 2 sampai 3 tahun kedepan.

Nah itulah Tips Memilih Laptop yang Cocok Untuk Mahasiswa Design. Namun perlu juga diingat bahwa secanggih-canggihnya laptop tidak akan memberikan hasil jika manusia yang menggunakannya tidak punya keahlian di bidang desain. Jadi kecanggihan fasilitas laptop juga harus disesuaikan dengan keahlian dan kemampuan dari brainware atau manusia yang mengoperasikan laptop tersebut sehingga mendapatkan hasil yang maksimal.