Ampuh 5 Tips Menabung Untuk Mahasiswa Rantauan

tips menabung untuk mahasiswa

Ampuh 5 Tips Menabung Untuk Mahasiswa Rantauan Sebagai seorang mahasiswa yang merantau jauh dari keluarga mengharuskan diri untuk menabung dan menghemat. Memang benar akan sangat sulit mengingat hanya mengandalkan uang kiriman orang tua.

Namun, sesulit apapun keadaan, kamu harus tetap berusaha mencoba menabung. Mengetahui tips menabung untuk mahasiswa akan membantu kamu memberikan tips dan motivasi dalam menabung. Dengan begitu, setiap uang yang dikirimkan orang tau masih bisa ditabung demi masa depan. Selain itu, kamu juga bisa sedikit menghemat pengeluaran agar bisa menabung lebih rajin.

Biaya hidup setiap kota memang berbeda, itu sebabnya kebutuhan setiap orang juga berbeda. Namun, dengan adanya tabungan maka kamu tidak perlu khawatir jika ada kebutuhan mendadak. Sehingga tidak perlu pusing harus minta ke orang tua lagi karena kamu masih punya tabungan sendiri.

Tidak melulu harus ratusan ribu, cukup sisihkan minimal 10 ribu setiap hari selama kamu kuliah. Agar kelancaran proses menabung kamu, berikut ini ada beberapa tips yang bisa kamu coba. Dijamin dengan ketekunan dan niat yang besar maka semuanya akan berjalan dengan lancar.

Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Wajib Dicoba

Menyisihkan Uang Kiriman Orang Tua

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk menabung adalah dengan menyisihkan Sebagian uang kiriman dari orang tua. Biasanya para orang tua akan mengirimkan sejumlah uang setiap bulannya untuk sang anak.

Nah, kamu hanya perlu menyisihkan sedikit uang tersebut kedalam tabungan. Untuk jumlahnya sendiri kamu bisa sesuaikan dengan kemampuan kamu. Sedikit atau banyaknya tidak masalah, yang penting kamu sudah mulai terbiasa menabung. Sehingga hasilnya nanti juga mungkin akan membantu kamu ketika terjadi masalah diluar dugaan.

Menyusun Pengeluaran Perbulan

Agar kamu bisa menabung dengan lancar tanpa hambatan, kamu bisa mulai merencanakan setiap pengeluaran selama sebulan. Selama satu bulan kamu harus bisa memprediksi apa saja pengeluaran dengan rapih dan sedetail mungkin. Dengan begitu, keuangan bulanan kamu akan semakin terkontrol.

Selain itu, cara ini juga terbilang sangat efektif mencegah kamu menggunakan uang berlebihan. Dengan adanya susunan pengeluaran, kamu juga dapat dengan mudah menyisihkan uang bulanan yang dikirimkan orang tua untuk ditabung. Sehingga target yang ingin kamu capai juga akan segera terlaksana.

Menentukan Target

Langkah selanjutnya yang bisa kamu terapkan adalah dengan menentukan target. Segala kegiatan menabung akan semakin lancar jika adanya tujuan atau target. Misalnya, kamu harus menabung untuk membeli laptop baru. Dengan adanya target tersebut, maka kamu akan semakin termotivasi alam menabung.

Jika memang belum ada target apa yang ingin kamu capai, maka kamu bisa meniatkan tabungan tersebut untuk masa depan. Namun, tetap ingat untuk konsisten menabung dan jangan pernah sekalipun kamu menggunakan uang tabungan tersebut untuk kebutuhan lain.

Menambah Pemasukan

Apabila dirasa uang bulanan yang dikirimkan orang tua tidak cukup untuk menabung, maka kamu bisa mulai mencari pemasukan lain. Untuk menambah pemasukan, mahasiswa biasanya mencari pekerjaan sampingan. Kamu bisa mencari pekerjaan paruh waktu yang tidak menguras banyak waktu.

Sehingga pekerjaan sampingan tersebut juga tidak akan mengganggu kuliah kamu. Dengan adanya uang tambahan, maka tidak ada alasan lagi untuk kamu menunda menabung.

Membawa Bekal Sendiri

Tips menabung untuk mahasiswa yang terakhir adalah dengan membawa bekal sendiri. Jika tempat kos yang kamu tepati menyedikan dapur umum, maka hal tersebut bisa kamu manfaatkan untuk masak bekal sendiri.

Karena biasanya, untuk urusan perut para mahasiswa sangatlah boros. Oleh karena itu, kamu bisa menyiapkan menu makan sendiri dengan budget yang disesuaikan. Tidak perlu jajan diluar, uang tersebut bisa kamu simpan ke dalam tabungan.