Tips Menaklukkan Ujian Sidang Skripsi, Ini Dia Caranya !

Hai readers, di artikel ini akan dibagikan sediki bercerita mengenai apa saja yang harus dipersiapkan untuk menghadapi ujian sidang skripsi dan sedikit tips untuk kalian untuk bisa sukses dalam ujian ini.

Disini sudah adakah yang sidang skripsi ? atau mau menghadapi sidang skripsi ? relaks guys, nggak usah panik, keep calm. Aku, besoknya mau sidang skripsi masih sempet kok nonton drama korea, wkwk. Meskipun, sebenarnya itu semua untuk menutupi ketidaksiapanku, bukannya tidak siap ding. Hanya saja aku deg-degan, parah., deg-degan banget aku tuh.

Kalian boleh kok deg-degan tapi jangan lupa untuk tetap mempersiapkan ujiannya dengan baik ya guys. Itu yang terpenting.

Aku mau share tips aja sih, sesuai pengalaman yang sudah aku hadapi.

Pertama, kalian harus belajar dan siap belajar mengenai materi yang sudah kamu tulis di skripsi kamu guys. Dari dasar teorinya, kamu harus bener-bener faham, kemudian tinjauan pustaka juga, kenapa bisa kamu bisa pakai jurnal itu di tinjauan pustaka kamu, korelasinya apa, valid nggak datanya, dan juga pembahasan yang sudah kamu tulis. Kamu harus bener-bener tahu alasannya. Jangan sampai kamu hanya menulis pembahasan tapi nggak tau alasannya gimana. “karena di jurnal ditulis seperti itu Bu” haduh jangan pernah menjawab seperti ini loh guys saat ditanya pengujimu. Karena pastinya kamu akan dimaki habis-habisan, bayangkan kamu udah mau lulus S1 tapi nggak ngerti sama penelitian sendiri. Gitu ya, persiapkan materimu dengan baik. Itu konsen yang pertama.

Kedua, kamu harus ngerti bagaimana sifat dosen pengujimu. Tanya aja sama kakak tingkat atau temen-temen kamu yang sudah pernah diuji sama beliau. Gimana tanggapan mereka ? Itu yang harus kamu pelajari kemudian. Biasanya yang ditanyakan dosen penguji itu tidak jauh beda dari biasanya beliau-beliau menjadi penguji sidang skripsi yang lainnya. Jadi itu ya yang kedua, kamu harus bisa mengenali dosen pengujimu dengan baik.

Yang terakhir buat dirimu senyaman mungkin, jangan terlalu tegang, jangan panik, jangan putus asa sebelum memulai. Kamu pasti bisa. Kamu cuman butuh rileks.

Matangkan materi, Kenali dosen dengan BAIK, rilekskan dirimu.

Selamat menghadapi ujian skripsi guys. Good luck.