Ini Dia 3 Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru

3 Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru
asian university student studying in library

Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru – Halo sahabat kampus! Pastinya menjelang tahun ajaran kampus akan membuat kalian mempersiapkan banyak hal bukan? Apalagi jika anda merupakan seorang mahasiswa yang baru. Biasanya tak sedikit dari kita yang mengalami culture shock pada saat menjadi seorang maba. Nah untuk itu anda harus mengetahui Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa.

Sebelum melanjutkan ke pembahasan yang selanjutnya, alangkah lebih baiknya lagi jika anda terlebih dahulu mengetahui makna dari culture shock sendiri. Pada dasarnya, culture shock merupakan istilah yang seringkali digunakan untuk seseorang di mana dirinya mengalami suatu kondisi lingkungan yang berbeda dari biasanya.

Sebagai seorang mahasiswa baru yang berada di lingkungan baru pula kita akan mendapatkan banyak sekali perbedaan di sekitar kita. Entah itu dari perubahan bahasa, tata krama, dan berbagai macam budaya lainnya yang dianut di lingkungan tersebut. Nah maka dari itu tak sedikit pula jika para mahasiswa baru tersebut akan merasa tertekan dan juga tidak betah degan kondisi tersebut.

Apakah anda salah satu dari mahasiswa baru yang telah dicontohkan tersebut? Jika iya, maka anda tidak perlu khawatir lagi ya! Hal ini tak lain karena anda dapat mengikuti beberapa Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa yang ada di bawah ini untuk lebih jelasnya lagi. Selamat mencoba ya!

3 Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru

Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa

1. Sadar diri sebagai seorang mahasiswa

Libur panjang di semester akhir terkadang membuat kita menjadi lupa diri akan status kita sebagai seorang mahasiswa. Padahal tugas dari setiap mata kuliah yang diberikan tidak bisa dibilang gampang. Mengingat tingkat kesulitannya sendiri jauh lebih sulit jika dibandingan dengan pendidikan sekolah yang sebelumnya.

Maka dari itu mau tak mau dari awal anda sudah harus menanamkan prinsip di dalam diri anda bahwa sebagai sebagai seorant mahasiswa, tugas yang dijalankan tidaklah mudah. Nah untuk itu nantinya anda bisa termotivasi atau bahkan terdorong agar menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru

2. Bersikap terbuka akan segala sesuatu

Nah apabila anda sudah menyadari diri sendiri merupakan seorang mahasiswa maka tips yang selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara bersikap terbuka terhadap segala sesuatu.

Dengan begitu anda pun bisa mendapatkan banyak sekali perbedaan di sekitar anda yang mana nantinya dapat Anda jadikan pelajaran bagi kehidupan. Sebisa mungkin jangan terlalu menelan mentah – mentah segala macam informasi yang anda terima. Sebagai contoh anda bisa mendengar dan juga menerima informasi tersebut tetapi jangan lupa untuk mengevaluasi alias menilainya juga ya!

3 Tips Mengatasi Culture Shock Bagi Mahasiswa Baru

3. Aktif menjadi seorang penjelajah

Terakhir, tips yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara aktif menjadi seorang penjelajah. Tips yang satu ini sangat baik untuk anda terapkan, apalagi jika anda merupakan seorang mahasiswa baru yang merantau. Dengan kata lain anda belum tahu sama sekali lingkungan maupun kondisi lapangan di sekitar kampus anda.

Maka dari itu mau tak mau anda pun harus aktif menjelajahi mulai dari sekarang.Baik itu dari lingkungan tempat tinggal anda sendiri hingga daerah lainnya. Coba juga untuk mencari tahu budaya yang ada di sekitar anda. Dengan begitu anda pun akan mudah untuk beradaptasi dan juga mendapatkan relasi yang cepat di lingkungan yang baru pastinya. Bagaimana cukup mudah bukan? Segera praktikkan ya!