Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung
speaker at business conferences.business training and education.the photo has a blank for the text.

Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung – Tips menjadi moderator seminar di panggung sudah seharusnya diketahui oleh kamu yang ingin menjadi moderator. Tahukah kamu jika satu peran yang sangat penting demi kesuksesan sebuah sesi seminar adalah moderator. Mengapa? Dikarenakan moderator ada untuk memimpun dan mengatur sebuah seminar.

Susunan dalam sesi diskusi biasanya akan ditentukan dari kemampuan si moderator. Kepuasan narasumber pun juga nyatany terlihat nyaman saat acara berlangsung seperti seminar di panggung ini juga ditentukan dari bagaimana komunikasi kamu sebagai moderator.

Bukan hanya itu saja, namun audience pun akan menikmati satu sesi diskusi itu pun akan ditentukan dari kecakapan dari seorang moderator. Itulah mengapa, pentingnya peran moderator, sehingga tidak sembarang orang yang bisa dipercaya untuk mengerjakan peran ini.

Untuk itu, ada dua bagian penting yang akan dimiliki oleh seorang moderator yaitu adanya pengetahuan dan network. Sebagai moderator pastilah sebelum acara, kamu harus melakukan riset tentang topik apa yang akan kamu pimpin dulu nantinya. Sehingga kamu akan belajar banyak hal baru, mengenai seminar di panggung nanti.

Faktanya, bukan hanya konten acaranya saja, namun kamu juga harus melakukan riset mengenai siapa narasumbernya. Hal ini penting, dengan tujuan supaya kamu mampu tampil percaya diri ketika akan memimpin sesi diskusi dan pertanyaan yang nantinya akan kamu ajukan yang sesuai dengan sasaran.

Dengan kamu mempunyai pengetahuan, maka kamu nantinya akan percaya diri saat membangun network dengan para narasumber. Dalam hal ini, kamu harus tahu jika moderator itu memiliki posisi yang sama dengan pembicara dalam seminar panggung, hanya saja berbeda peran.

Lalu apa saja yang harus dilakukan supaya bisa oke saat akan memimpin sebuah sesi? Berikut beberapa tips menjadi moderator seminar di panggung.

5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

1. Building Rapport

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Supaya nanti seminar panggung bisa berjalan lancar, maka berkomunikasilah dengan para narasumber terlebih dahulu sebelum kamu akan memulai sesi. Mungkin caranya bisa dengan bertukar nomor HP atau bisa juga pada hari acara sebelum naik panggung, kamu bisa menyapa narasumber dengan ramah.

2. Positioning

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Jika biasanya di acara offline, moderator itu memiliki posisi bisa ada dimana bagian mana saja dan tergantung bagaimana panitia mengaturnya, maka dalam hal ini perhatikan posisi duduk kamu supaya nanti jangan terlalu dekat atau jauh dari pembicara. Bukan hanya itu saja, juga pastikan kamu juga duduk dengan nyaman.

3. Bridging Each Segment

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Tips menjadi moderator seminar di panggung selanjutnya adalah teknik ini. Untuk yang satu ini memang dibutuhkan dengan tujuan untuk menyambungkan dari satu narasumber ke narasumber lainnya, serta untuk menyatukan satu segmen ke segment lainnya.

4. Open and Close Question

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Untuk masalah open question atau yang biasa disebut dengan pertanyaan terbuka itu jawabannya bisa lebih ke pertanyaan kenapa, bagaimana, dan apa. Sementara untuk yang namanya close question atau pertanyaan tertutup itu, biasanya jawabannya itu adalah ya atau tidak.

Sebagai moderator, maka kamu itu disarankan harus mempunyai banyak open question supaya nanti alur pembicaraan bisa mengalir dengan sempurna. Bukan hanya riset, namun kamu juga harus paham dengan apa yang dibicarakan oleh si pembicara, supaya nanti bisa mem-follow up apa saja pernyataan narasumber untuk dijadikan sebagai pertanyaan.

5. Teknik Penyampaian

Cek ini, 5 Tips Menjadi Moderator Seminar di Panggung

Untuk teknik yang satu ini adalah tips menjadi moderator seminar di panggung selanjutnya dimana bagian ini bisa meliputi elemen opening, body, dan closing. Biasnya di bagian opening, kamu harus sapa audience lalu kemudian mulai jelaskan secara singkat mengenai konten acara kali ini.

Lalu setelah itu, sampaikanlah secara singkat tentang isi konten materi dimana ini menjadi pembuka sesi acara di bagian body. Sebelum nanti acara berakhir dan dikembalikan ke MC, mak akamu harus tutup sesi seminar dengan memberikan kesimpulan secara singkat di bagian closing.

Itulah tips menjadi moderator seminar di panggung yang bisa kamu apliaksikan sebelum tampil dihadapan publik. Kamu pun bisa melatih bicara dan kemampuan moderator dengan berbagai cara seperti banyak-banyak berdiskusi dengan orang terdekat mengenai isu yang sedan trending. Atau bisa juga dengan berlatih di depan kaca agar lebih percaya diri.