Inilah 3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Inilah 3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan – Mendapatkan pekerjaan dengan cepat untuk “fresh graduate” seringkali masih dikaitkan dengan pengalaman kerja yang dimiliki. 3 Tips Untuk Fresh Graduate akan membantu seorang fresh graduate dalam mendapatkan pekerjaan yang bagus walaupun belum mempunyai pengalaman kerja.

Fresh graduate seringkali diartikan sebagai seseorang yang tidak berpengalaman dan tidak kompeten. Tetapi kenyataannya hal tersebut tidak berlaku untuk semua fresh graduate.

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Ada banyak fresh graduate yang mempunyai kualitas dan kompetensi yang setara. Tips ini berguna untuk membantu fresh graduate lebih mudah dalam mendapatkan pekerjaan yang tepat.

Lamar di Posisi yang Sesuai

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Tips pertama adalah dengan melakukan identifikasi posisi yang paling cocok dengan profil anda. Anda harus menjual kemampuan dan keahlian anda. Buatlah daftar kelebihan anda, misalnya pengalaman yang anda miliki, seperti magang, bekerja paruh waktu, dan lain sebagainya.

Walaupun sebelumnya anda belum pernah bekerja secara full time, anda akan tetap diperhitungkan jika mempunyai banyak pengalaman berorganisasi atau part time. Setelah menuliskan semua pengalaman anda, anda harus introspeksi dan identifikasi posisi yang cocok dengan keterampilan dan minat anda.

Bangun Komunikasi Dengan Banyak Pihak

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan yang kedua adalah dengan cara membangun komunikasi dengan orang yang bisa menjadi mentor. Memasang profil di situs pencarian kerja bukanlah satu-satunya cara untuk mendapatkan pekerjaan. Anda juga harus membangun jejaring dengan orang-orang yang bisa mengarahkan anda untuk bisa magang dengan bayaran atau posisi yang relevan.

Janganlah ragu untuk meminta saran dari senior atau mentor yang sudah berpengalaman atau sudah bekerja. Anda pun bisa meminta saran dari teman-teman dari orang tua anda. Selalu diskusikan minat dan bakat anda kepada mereka sebelum meminta saran.

Hal ini akan membantu anda mendapatkan terobosan untuk mendapat pekerjaan terbaik yang anda inginkan.

Personal Branding

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan

Kiat yang ke tiga adalah gunakan sosial media untuk memasarkan diri. Anda bisa mulai dengan membuat akun yang relevan di beberapa situs pencari kerja yang tersedia, misalnya Jobstreet.com, loker jogja dan lain sebagainya. Bukan hanya informasi pendidikan, pengalaman magang dan pengalaman kerja lain, tetapi juga minat anda.

3 Tips Untuk Fresh Graduate Cepat Mendapatkan Pekerjaan juga bisa dilakukan dengan mempelajari cara menggunakan media sosial yang benar dan dengan cara yang cerdas. Anda bisa mendapatkan pekerjaan dari social media asalkan anda mampu menggunakannya dengan tepat.

Banyak sekali informasi yang bisa anda dapatkan dengan memanfaatkan media jejaring sosial yang ada. Misalnya facebook dan LinkedIn. Facebook menyediakan beberapa akun biasanya menyediakan layanan lowongan pekerjaan. Biasanya anda akan melihat info lowongan pekerjaan tersebut setiap hari yang akan selalu up to date di akun anda.

Setiap anda belajar menggunakan jejaring sosial, jangan hanya terfokus untuk menggunakannya sekedar beinteraksi dengan teman-teman. Anda harus cerdas dalam melihat kesempatan di sana.

Tidak hanya melalui situs resmi penyedia lowongan pekerjaan, anda juga bisa menggunakannya dengan bertanya dari teman-teman tentang informasi lowongan. Beberapa dari teman anda pasti ada yang mempunyai informasi tersebut. Itulah mengapa anda harus cerdas menggunakan jejaring sosial.

Selain itu, tetap anda harus menggunakan hubungan baik antara anda dan teman-teman anda untuk mencari informasi. Biasanya jika mereka mempunyai informasi tentang lowongan kerja, mereka akan membaginya dengan seseorang yang dianggap paling dekat. Jadi, lihat semua kesempatan yang ada di seliling anda.