Virus Corona dan Cara Mengatasi Penularannya

Virus

Berbulan-bulan lamanya kita dihadapkan oleh jenis virus baru yang sangat menghebohkan dunia yaitu virus corona atau Covid-19 ( corona virus desease-19).

Apakah sebenarnya yang dimaskud dengan virus corona ?

Virus corona adalah salah satu virus yang baru ditemukan pertama kali di negara China tepatnya di kota Wuhan pada Desember 2019. Dinamakan virus corona karena virus ini adalah salah satu virus jenis coronavirus.

Pertanyaannya adalah apakah virus ini sangat berbahaya ? Jika dibilang berbahaya sebenarnya secara keseluruhan tidak juga. Hanya saja, virus ini akan membahayakan orang-orang yang memiliki penyakit bawaan dan akan sangat mematikan untuk orang yang berusia lanjut karena faktor penurunan imun.

Proses penularan yang sangat menjadikan virus corona ini sebagai wabah di banyak negara dalam waktu yang singkat.

Bagaimana cara penularannya ? penularan virus corona sangat masih sekali, yaitu melalui percikan air yang keluar dari tubuh manusia, ludah, air liur bahkan bersin. 

Oleh karena itu, menurut WHO ada 3 cara yang ampuh digunakan untuk mengatasi penyebaran virus corona yang semakin menjadi-jadi.

Apa sajakah cara yang harus dilakukan oleh masyarakat ?

 

MEMAKAI MASKER

masker



memakai masker adalah sebuah keharusan karena sangat penting sekali untuk mengurangi resiko penularan virus corona.

Untuk masker apa yang harus dipakai saaat kita sedang keluar rumah, dilansir dari covid19.co.id menjelaskan bahwa untuk mengurangi pemakaian masker bedah dan masker jenis N-95 karena sangat terbatas dan hanya untuk kalangan medis, masyarakat diperbolehkan untuk memakai masker kain dengan kain 3 lapis, terserah jenis kain yang diguanakan. 

Asalkan bukan masker scuba, karena masker scuba hanya memiliki 1 layer saja.

MENJAGA JARAK

Menjaga Jarak

Menjaga jarak baik perorangan atau physical distancing maupun dari kerumuman banyak orang atau social distancing sangat diperlukan sekali di era wabah virus corona karena penyebarannya yang sangat cepat dapat dihindari ketika masing-masing orang tidak saling bertemu dengan satu sama lain, meskipun bertemu keduanya harus berjarak minimal 1 meter.

Aturan pemerintah untuk menutup tempat makan atau tempat wisata adalah untuk menerapkan social distancing. Sehingga tidak heran, banyak masyarakat yang saat ini enggan untuk keluar rumah.

 

MENJAGA KEBERSIHAN

mencuci tangan

Jangan lupa untuk bisa mencegah terjangkitnya virus corona, kita harus selalu menjaga kebersihan, salah satunya dengan sering mencuci tangan setiap selesai melakukan sesuatu.

Pastikan mencuci tangan dengan sabun karena sangat efektif untuk mencegah menempelnya virus.

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, cara paling ampuh untuk menangkal virus corona adalah dengan selalu menerapkan 3M dimanapun berada, menjaga jarak, memakai masker dan menjaga kebersihan.