4 Rekomendasi Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

4 Rekomendasi Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir – Skripsi atau tugas akhir merupakan mata kuliah yang wajib diambil menjelang kelulusan. Sebagai hasil dari perkuliahan yang telah dilakukan, penulisan karya ilmiah ini sering menjadi momok banyak orang karena dirasa menakutkan. Untuk kamu yang kebingungan menentukan tema atau acuan skripsi, beberapa situs berikut ini dipastikan akan membantumu.

Seperti yang diketahui, penulisan skripsi tidak boleh sembarangan, perlu acuan yang jelas dengan sumber yang kredibel dan terpercaya. Selain itu, kamu juga memerlukan materi dan sumber pendukung untuk teori dan isi dari penelitian yang telah kamu lakukan. Berikut ialah beberapa website yang bisa kamu akses sejak dini untuk mempersiapkan tugas akhirmu nanti.

Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Perpusnas

Laman Perpusnas secara resmi Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir dapat kamu akses melalui sistem daring dan memberikan referensi yang lebih kredibel dibandingkan dengan mencari jurnal yang ada di Google ataupun mesin pencari lain.

Situs yang dikelola oleh Perpustakaan Nasional RI tersebut menyediakan banyak referensi ilmiah, baik jurnal, artikel, maupun buku yang bisa kamu akses secara gratis karena merupakan fasilitas dari pemerintah.

Kamu bahkan bisa membaca jurnal yang diterbitkan di luar negeri, seperti jurnal milik Cambridge University Pres maupun milik Ebrary. Tentunya sebelum meminjam dan membaca semua buku dan sumber yang ada disana, kamu harus mendaftar terlebih dahulu sebagai anggta resmi, sehinga akses buku maupun jurnal bisa dikelola dengan mudah.

Google Scholar

Google ternyata juga menyediakan website khusus untuk kamu yang ingin melakukan pencarian jurnal maupun artikel yang kredibel, yakni Google Scholar. Website ini bisa diakses dan bisa kamu unduh filenya tanpa perlu melakukan pendaftaran member atau sinkronisasi akun Google.

Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir
Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir

Di dalamnya kamu bisa mendapatkan informasi terkait topik yang kamu cari dengan memasukkan kata kunci di kolom cari yang telah disediakan. Tidak hanya literatur pendidikan, ada juga karya ilmiah berbagai tesis, paper, bahkan buku elektronik yang bisa kamu dapatkan dengan percuma, tanpa membayar, dan cara yang mudah.

Microsoft Academic

Kamu yang sedang menyelesaikan skripsi maupun tesis, mengakses Microsoft Academic bisa menjadi salah satu hal yang harus dilakukan. Tidak hanya menyediakan jurnal Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir ini bisa diakses secara gratis. Namun juga memberikan layanan lebih untuk pengguna yang ingin aktif untuk menulis, yakni pemberian informasi untuk jadwa call for paper maupun konferensi yang dilakukan secara internasional.

Website rekomendasi untuk acuan skripsi ini menyediakan banyak referensi terkait dengan penelitian dan publikasi yang terferifikasi. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keaslian dan sumber dari tulisan jurnal dan artikel yang ada di dalamnya. Terdapat filter khusus yang dapat membantumu mempermudah pencarian, dengan begitu hasil yang di dapatkan menjadi lebih spesifik.

Directory of Open Acces Journals

Terakhir kamu bisa mengakses DOAJ atau Directory of Open Acces Journals yang dibentuk sejak tahun 2003 ini. Di dalamnya Website untuk Mahasiswa Tingkat Akhir, kamu bisa mengakses banyak artikel ilmiah dengan berbagai bidang dan spesifikasi. Sampai saat ini telah ada lebih dari 11 ribu jurnal yang ada di dalamnya, dan 8 ribu diantaranya bisa diakses dengan mudah oleh penguna.

Karena sistem penyaringannya cukup ketat, maka hanya sedikit jurnal yang bisa masuk dan lolos dalam tahap seleksinya. Sehingga kamu tidak perlu khawatir mengenai keakuratan dan hasil yang dimiliki oleh jurnal aritkel yang terdapat di situs ini.

Itulah beberapa website rekomendasi acuan skripsi yang bisa membantu mahasiswa tingkat akhir untuk menuliskan skripsi. Kamu bisa mulai membaca berbagai fakta dan data penelitian yang ada disana untuk menambah referensi.