Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi di 5 PTN Terpopuler

Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi di 5 PTN Ternama Indonesia – Calon mahasiswa di Indonesia mempunyai jurusan idamannya tersendiri yang selalu dikejar untuk digapai. Salah satu jurusan yang menjadi idaman calon mahasiswa adalah Psikologi. Bukan tanpa sebab, mereka yang lulus dari jurusan Psikologi mempunyai prospek kerja cukup bagus dan menjanjikan. Walaupun begitu, Anda perlu tahu berapa rata rata nilai untuk masuk fakultas psikologi di PTN agar dapat berkuliah di sana.

Jurusan psikologi sendiri banyak tersedia di beberapa PTN Indonesia. Namun, para mahasiswa yang hendak kuliah disana perlu melalui proses seleksi tersendiri. Seleksi tersebut di antaranya SNMPTN dan SBMPTN. Dalam proses seleksinya, pihak penyelenggara akan mengukur kemampuan siswa lewat kemampuan akademis tepatnya dari nilai rapor di lima semester terakhir. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui rata-rata nilainya.

Berapa Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi?

Proses seleksi PTN jurusan psikologi melibatkan beberapa tes seperti UTBK, TPA, dan TPS. Nantinya akan ada nilai tersendiri yang menjadi tolak ukur apakah siswa layak masuk atau tidak. Karena itu, bagi siswa yang tertarik mengenyam pendidikan jurusan psikologi di PTN ternama, hendaknya simak besaran rata rata nilai untuk masuk fakultas psikologi yang tersedia lengkap di bawah ini.

1.      Universitas Padjadjaran

Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

Universitas Padjadjaran adalah salah satu Perguruan Tinggi Negeri yang menyediakan jurusan psikologi untuk mahasiswa. Kampus yang berdiri di Bandung tersebut memang menjadi idaman untuk melanjutkan jenjang pendidikan. Namun para peserta didik perlu memenuhi rata rata nilai untuk masuk fakultas psikologi di Universitas ini agar bisa melanjutkan pendidikan di jenjang tersebut.

Sebagai informasi, rata-rata nilai agar bisa masuk di jurusan Psikologi Unpad cukup besar yakni 81. Adapun kuota pendaftaran jalur SNMPTN juga terbatas, karena terbuka untuk 68 calon mahasiswa saja. sementara itu, nilai minimal lulus dari hasil tes UTBK Psikologi Unpad untuk jalur SBMPTN juga cukup tinggi yakni di rata-rata 665.

2.      Universitas Indonesia

Banyak orang yang memimpikan berkuliah di Universitas Indonesia. Apalagi, kampus yang dikenal dengan sebutan UI ini juga menyediakan jurusan Psikologi. Anda bisa mendaftar sebagai calon mahasiswa psikologi di Universitas Indonesia perlu mendaftarkan diri lewat jalur SNMPTN.

Namun rata rata nilai untuk masuk jurusan psikologi yang harus Anda miliki yaitu 85. Tetapi perlu diingat bahwa Universitas Indonesia hanya memberi kuota sebesar 90 orang calon mahasiswa yang dapat masuk lewat jalur SNMPTN. Walaupun begitu, bagi Anda yang tak bisa masuk ke jurusan Psikologi UI melalui jalur SNMPTN , bisa ikut tes SBMPTN dengan syarat harus lulus tes UTBK dan memiliki rata-rata nilai minimum 685.

3.       Universitas Diponegoro

Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

Bagi Anda yang berdomisili di kawasan Semarang dan sekitarnya, maka bisa coba untuk melanjutkan pendidikan di jurusan Psikologi yang tersedia di PTN Universitas Diponegoro. Sebab Universitas Diponegoro adalah salah satu PTN favorit yang ada di Indonesia dengan lulusan terbaik. Untuk masuk ke universitas tersebut, Anda harus mengikuti tes lewat jalur SNMPTN.

Adapun rata rata nilai untuk masuk jurusan psikologi lewat jalur SNMPTN yaitu 82 di rapor. Sebagai informasi, kuota yang dibuka Universitas Diponegoro lewat jalur SNMPTN tergolong banyak yakni 108 calon mahasiswa. Selain lewat jalur SNMPTN, calon mahasiswa juga bisa masuk ke Universitas Diponegoro lewat jalur SBMPTN. Namun calon mahasiswa harus lolos seleksi tes UTBK Universitas Diponegoro dengan rata-rata nilai minimum 680.

4.      Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada adalah salah satu di antara banyaknya PTN favorit di Indonesia. Bukan tanpa alasan, Universitas Gadjah Mada menawarkan kesempatan belajar di tempat terbaik dengan berbagai jurusan yang tersedia untuk calon mahasiswa. Salah satu jurusan populer yang ada di Universitas Gadjah Mada adalah jurusan psikologi. Bagi Anda yang ingin melanjutkan pendidikan di jurusan psikologi PTN tersebut harus melalui jalur SNMPTN.

Besaran rata rata nilai untuk masuk jurusan psikologi Universitas Gadjah Mada melalui jalur SNMPTN yaitu 83 di dalam nilai rapor. Perlu diketahui, Universitas Gadjah Mada membatasi kuota calon mahasiswa yang masuk lewat jalur SNMPTN sebanyak 79 peserta saja. Walaupun begitu, Anda masih bisa masuk ke jurusan psikologi Universitas Gadjah Mada melalui SBMPTN dengan persyaratan rata-rata nilai minimum tes UTBK 735.

5.      Universitas Airlangga

Rata Rata Nilai untuk Masuk Jurusan Psikologi

Anda bisa juga menempuh pendidikan di jurusan psikologi Universitas Airlangga jika memiliki rata-rata nilai rapor minimal 81. Sementara itu, untuk kuotanya tergolong kompetitif karena hanya terbuka bagi 72 calon mahasiswa. Tak perlu khawatir, sebab Universitas Airlangga juga membuka jalur seleksi SBMPTN dengan minimal nilai UTBK yang harus didapat calon mahasiswa yakni 636.

Baca Juga: Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa, Ini 10 Pekerjaannya

Itulah pembahasan seputar rata rata nilai untuk masuk jurusan psikologi yang perlu diketahui calon mahasiswa. Jika Anda mampu atau memiliki rata-rata nilai seperti yang sudah disebutkan di atas, tak ada salahnya untuk mendaftarkan diri sekarang juga.