Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa, Ini 10 Pekerjaannya

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa, Ini 10 Pekerjaannya – Kuliah manajemen merupakan salah satu pilihan jurusan yang cukup populer terutama di kalangan mahasiswa di Indonesia. Karena itu, tak heran jika banyak orang yang tertarik berkuliah di jurusan manajemen. Bukan tanpa alasan, jurusan manajemen menawarkan bermacam peluang karir yang sangat menjanjikan di bidang bisnis dan manajemen. Lantas jika kuliah jurusan managemen ini, akan bekerja sebagai apa?

Berbicara kuliah jurusan managemen ini, para peserta didik juga bisa membantu memperluas jaringan sosial serta kesempatan kerja. Saat kuliah, Anda akan bertemu dengan orang-orang dari bermacam latar belakang sekaligus mempunyai kesempatan untuk bergabung dalam organisasi mahasiswa dan magang di sebuah perusahaan. Hal itu tentu bisa membantu membangun jaringan relasi yang kuat.

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa di Indonesia?

Menjadi salah satu jurusan favorit di Indonesia, banyak mahasiswa yang mengenyam pendidikan di bidang manajemen. Apalagi, tidak sedikit kampus yang menyediakan pendidikan jurusan manajemen dengan keunggulan dan kelebihannya tersendiri. Namun tahukah Anda kuliah jurusan manajemen ini akan bekerja sebagai apa? Bagi Anda yang penasaran dengan prospek kerja jurusan manajemen, bisa simak informasinya di bawah ini.

1.      Konsultan Bisnis

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Anda yang bertanya kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa, maka jawaban yang pertama adalah sebagai konsultan bisnis. Sebagai informasi, konsultan bisnis adalah orang yang memberikan saran serta rekomendasi kepada klien dalam pengelolaan usaha mereka masing-masing. Biasanya konsultan bisnis bekerja di sebuah perusahaan konsultan yang memberikan layanan konsultasi bisnis kepada kliennya masing-masing.

2.      Manajer

Pekerjaan ini menjadi jawaban lain atas pertanyaan kuliah jurusan manajemen akan jadi apa. Manajer merupakan pekerjaan yang bertanggung jawab atas mengatur serta mengelola sumber daya manusia, produksi, keuangan, serta bisnis secara menyeluruh. Biasanya seorang manajer mempunyai tanggung jawab yang besar dalam hal memastikan kelancaran sekaligus kesuksesan sebuah perusahaan.

3.      Pengusaha Sosial

Kuliah di jurusan manajemen akan kerja jadi apa? Maka jawabannya adalah pengusaha sosial. Perlu Anda ketahui, pengusaha sosial adalah orang yang memulai bisnis dengan tujuan memberikan manfaat sosial bagi masyarakat luas. Seorang pengusaha sosial harus mempunyai kemampuan memahami masalah yang ada, dan dapat mengembangkan solusi inovatif agar dapat mengatasi masalah tersebut.

4.      Analis Bisnis

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Anda yang kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa? Jawabannya adalah analis bisnis. Orang yang berprofesi sebagai analis bisnis bertanggung jawab menganalisa data dan informasi tentang bisnis. Dengan begitu, analis bisnis bisa memberikan saran atau rekomendasi untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi sebuah usaha. Seorang analis bisnis juga harus mempunyai kemampuan membuat laporan, menganalisa data, serta presentasi yang baik.

5.      Wirausahawan

Berbicara tentang kuliah manajemen kerjanya jadi apa, maka tidak melulu menjadi karyawan. Sebab mereka yang lulus dari jurusan manajemen juga menjadi wirausahawan atau pengusaha. Bahkan Anda yang lulusan manajemen bisa memulai bisnis dengan cara memanfaatkan pengetahuan yang didapatkan selama kuliah. Para wirausahawan dituntut mempunyai kemampuan memimpin sekaligus mengelola bisnisnya sendiri.

6.      Akuntan

Tidak hanya berkaitan dengan jurusan ini, akuntan juga menjadi jawaban atas pertanyaan kuliah manajemen kerjanya jadi apa. Sebagai informasi, akuntan menjadi jenis pekerjaan yang cocok bagi orang penyuka angka-angka. Menariknya lagi, akuntan juga diperlukan oleh berbagai lini perusahaan, bahkan bisnis skala kecil sekalipun, semuanya membutuhkan jasa akuntan di dalamnya.

7.      Marketer

Ketika berkuliah di jurusan manajemen, Anda juga akan belajar tentang marketing. Karena itu, jika bertanya kuliah manajemen kerjanya jadi apa, maka bisa saja bidang pekerjaan yang digeluti berikutnya adalah marketer atau pemasar. Ketika bekerja, seorang marketer bertugas untuk mengatur iklan, memasarkan produk, menentukan target pasar, dan masih banyak lagi sesuai skill yang dimilikinya.

8.      Rekruter

Orang yang belajar di jurusan manajemen tidak melulu belajar tentang pasar dan uang. Bahkan beberapa universitas sudah memiliki program peminatan berupa manajemen SDM. Di peminatan tersebut, mahasiswa dapat belajar tentang human resource termasuk perekrutan. Oleh karenanya, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa, bisa menjadi rekruter.

9.      Staff Operasional

Kuliah Jurusan Manajemen Kerjanya Jadi Apa

Selain beberapa pekerjaan di atas, kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa, bisa berupa staff operasional. Pekerjaan tersebut fokus terhadap produksi barang, jasa, sampai sistem yang ada di sebuah perusahaan. Anda yang memilih minat tersebut bisa menjadi staff operasional yang bertugas memastikan faktor produksi tak terbuang percuma

10.  Staff Keuangan

Seorang lulusan manajemen ternyata bisa juga menjadi staf keuangan. Sesuai dengan namanya, seorang staf keuangan berfokus pada bidang manajemen keuangan. Staf keuangan akan mengatur serta memanajemen transaksi yang terjadi di sebuah perusahaan agar arus kas berjalan dengan baik tanpa ada kendala berarti.

Baca Juga: Terbaru 2023, Segini Besaran Gaji Magang PT Chemco

Itulah jawaban atas pertanyaan kuliah jurusan manajemen kerjanya jadi apa. Apabila salah satu di antara bidang pekerjaan tersebut menarik minat Anda, silahkan dalami pelajaran di jurusan manajemen.