Inilah Perbedaan Magang dan PKL yang Wajib Diketahui

Perbedaan Magang dan PKL

Inilah Perbedaan Magang dan PKL yang Wajib Diketahui – Bagi para mahasiswa tingkat akhir, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah magang dan juga PKL. Keduanya merupakan salah satu kegiatan yang terbilang penting bagi sebagian mahasiswa.

Namun, masih saja ada yang belum memahami apa saja perbedaan magang dan PKL. Padahal tuntutan dunia kerja yang semakin meningkat menjadi salah satu factor utama kenapa kegiatan magang dan PK sangat penting untul dilakukan oleh mahasiswa. Meskipun keduanya memiliki makna yang sama, namun masih ada perbedaan yang cukup signifikan.

Ketika terjun ke dunia perkuliahan, tentu kamu harus mengetahui arti dari berbagai istilah, mulai dari magang sampai PKL. Untuk mahasiswa tingkat akhir, apakah kamu sudah mengetahui apa saja perbedaannya? Jika dilihat dari katanya sendiri magang dan PKL tidaklah jauh berbeda. K

eduanya sama-sama bermakna menjalani masa percobaan dalam dunia kerja. Jangan khawatir, berikut ini akan dijelaskan apa saja perbedaan dari magang dan juga PKL.

Perbedaan Magang dan PKL

Magang sendiri merupakan salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh mahasiswa tingkat akhir demi mendapatkan gelar sarjana. Persoalan tentang magang sendiri sudah diatur dalam peraturan Undang-Undang No. 13 tahun 2003.

Dalam undang-undang tersebut menjeleaskan tentang bagian dari pelatihan kerja yang diadakan oleh sebuah Lembaga pelatihan dengan cara bekerja secara langsung dibawah pengasawan para pekerja yang sudah professional di bidangnya masing-masing. Hal tersebut dilakukan demi mendapatkan keterampilan atau sebuah keahlian tertentu.

Magang sendiri biasanya dilakukan secara langsung  oleh para mahasiswa tingkat akhir sebagai salah satu syarat utama dalam menyelesaikan Pendidikan. Oleh sebab itu, perusahaan yang menyediakan program magang ini akan dilaksanakan dengan perjanjian tertulis yang sudah disepakatai bersama antara perusahaan dan calon peserta magang.

Perjanjian ini juga wajib diketahui dan disahkan secara langsuung oleh dinas kota atau kabupaten setempat sebagai sebuah perjanjian yang mengikat antara dua belah pihak.

Sedangkan untuk PKL sendiri atau Praktik Kerja Lapangan merupakan nama lain dari magang. Sesuai dengan Namanya sendiri, program PKl ini sendiri mengharuskan para mahasiswa untuk mencari perusahaan sebagai tempat dimana mahasiswa tersebut akan magang.

Perbedaan Magang dan PKL

Untuk kegiatan PKL ini sendiri biasanya tidak akan lama, mulai dari 1 sampai 2 bulan saja. Dalam program Praktik Kerja Lapangan ini mahasiswa akan mengetahui bagaimana dunia kerja yang sesungguhnya.

Mahasiswa tingkat akhir juga pasti sudah familiar dengan program KKN. KKN sendiri merupakan sebuah program dimana para mahasiswa akan diterjunkan ke dunia masyarakat secara langsung dan ditempatkan di desa yang jauh dari perkotaan. Kegiatan KKN ini akan membantu para mahasiswa untuk meningkatkan rasa social dan lingkungan sekitarnya. Selain itu, para mahasiswa juga akan dituntut untuk melakukan kerjasama dengan orang baru.

Selain itu, KKN juga dapat memberikan berbagai manfaat mulai dari social, kecerdasan, emosional, belajar bagaimana caranya menciptakan tenggang rasa pada perbedaan dan juga bisa menempatkan diri dengan baik. Itulah tadi beberapa perbedaan magang dan PKL yang bisa dengan mudah dipahami. Pada dasarnya, magang dan PKL merupakan sebuah kegiatan yang sama hanya berbeda istilah saja. Sehingga, anda tidak perlu merasa pusing dan bingung membedakan magang dan PKL.

Karena, keduanya sama-sama akan memberikan pengalaman tentang dunia kerja yang sesungguhnya. Sehingga, ketika mahasiswa sudah lulus kuliah dan mendapatkan pekerjaan tidak merasa kaget lagi dengan suasana dunia kerja yang sesungguhnya.