Pikirkan Tempat Tinggal Saat Kuliah Dari Sekarang

Tempat Tinggal Saat Kuliah

Pikirkan Tempat Tinggal Saat Kuliah Dari Sekarang – Sudahkah diterima di Perguruan Tinggi keinginan kalian ya ? Wah, selamat penulis ikut bahagia mendengarnya. Akhirnya perjuangan kalian selama ini dalam berlelah-lelah belajar telah terbayar tuntas.


Well. Meskipun saat ini sedang terjadi pandemi dan perkuliahan dilakukan secara daring. Kalian tidak boleh lupa ya bahwa suatu saat perkuliahan pasti akan kembali normal yaitu secara offline atau bertatap-muka secara langsung.


Karena itu, kalian juga harus menyiapkan segala kebutuhan yang ada, salah satunya yang paling penting adalah tempat tinggal bagi kalian yang kuliahnya bukan di tempat tinggal sendiri.


Mungkin beberapa orang ada yang tertarik untuk tinggal di kos aja, ada juga yang memilih tinggal bersama saudara karena rumah saudara dekat dengan kampus misalnya, atau bahkan tinggal di kontrakan bersama teman-teman, wah seru nih.


Kalau udah kuliah begitu, bakal enak mana sih sebenarnya ? Kos sendiri aja, ikut saudara atau sama teman-teman ya ? Hmm.

Tempat Tinggal Saat Kuliah


Mari kita ulas kelebihan dan kekurangannya karena pasti tidak ada pilihan yang sangat sempurna.

NGE-KOST SENDIRI

Tempat Tinggal Saat Kuliah

Salah satu impian siswa-siswi yang masih di duduk SMA adalah ingin sekali tinggal di kos sendiri saat kuliah nanti, mungkin karena sudah penat dengan drama keluarga di rumah. Ini hanya sebagian kecil aja sih ya.


Apa saja yang harus kamu siapkan untuk ngekos sendirian ? Jika kamar yang kamu dapatkan belum full isi, maka kamu harus membeli perabotan sendiri ya dari kasur, lemari, meja belajar, kipas angin, alat-alat masak dan lain-lain yang harus kamu urus dan beli sendiri untuk kebutuhan kamarmu dan dirimu.


Tinggal di kamar sendiri bukan berarti kamu akan kesepian, malah akan membuat kamu belajar dengan nyaman karena tidak terganggu oleh teman-teman yang lainnya dan tidak mengundang keributan sehingga lebih fokus. 


Kamu juga bisa quality time jika merasa lelah, baik rebahan, nonton film yang ingin ditonton sendiri dan juga kamu lebih memiliki privasi karena hanya tinggal sendirian.


Meski begitu, terkadang akan ada saat-saat kita kesepian karena tidak memiliki teman ngobrol dan teman untuk saling curhat. Selain itu, kamu dituntut untuk lebih mandiri. Mengerjakan semua sendiri.

TINGGAL DI RUMAH SAUDARA

Sebagian orang pasti akan memanfaatkan ini jika memiliki sanak saudara yang memiliki rumah di dekat kampus. Selain menghemat pengeluaran biaya kosan, juga mendapat makanan gratis setiap hari. Enak juga ya.
Emang iya ? Tinggal di tempat saudara juga ada nggak enaknya loh. Misalnya adalah ketika di rumah tersebut masih ada orangtua yang ‘stay’, maka kita tidak bisa seenaknya sendiri. Harus bantu cuci piring, ngepel lantai, ikut membersihkan rumah dan lain-lain. 


Jika pergi keluar dengan teman juga tidak bisa pulang larut-larut, karena pasti akan ada rasa tidak enak jika pulang telat. Sedangkan mungkin kita ada rapat penting saat itu.


Tapi, selama saudara kalian menyambut kalian dengan baik dan wellcome dengan apapun yang kalian lakukan. Its OK.

SHARING KAMAR BERSAMA TEMAN

Ngekos sekamar berdua memang lebih murah dari segi biaya karena biaya total yang akan dibayarkan adalah hasil iuran dari kedua belah pihak yang menempati. Untuk mengisi barang-barang yang ada di kamar juga dibeli secara patungan jadi terasa tidak memberatkan. 

Selain itu, ketika sekamar berdua dengan teman apalagi teman sejurusan, bisa saling ngobrol terkait bidang studi yang sama sehingga menambah wawasan yang sebelumnya tidak kita ketahui. Kita juga bisa saling sharing dan curhat kepada teman sekamar kita sehingga kita tidak merasa kesepian.

Tapi, tidak ada privasi diantara kalian, harus saling terbuka satu sama-lain karena pasti gesture tubuh ketika sedih, marah dan bahagia akan sangat jelas terlihat.

Saat-saat yang perlu diantisipasi adalah saat bertengkar, karena tidur dalam satu ruangan pasti akan sangat tidak nyaman ketika dalam keadaan saling marah. Jadi, harus bisa saling memahami ya.