5 Aspek Penting dalam Pemilihan Spek Laptop Programmer beserta Rekomendasinya

Spek Laptop Programmer

5 Aspek Penting dalam Pemilihan Spek Laptop Programmer beserta Rekomendasinya – Bagi seseorang progammer maupun content creator, spek laptop programmer untuk pekerjaan coding haruslah memenuhi standar supaya kamu lebih mudah dalam menulis bahasa pemrograman dengan cukup baik. Memutuskan untuk terjun dan mendalami dunia IT tentu saja harus memiliki Gear atau “alat perang” yang mumpuni. Ya, apalagi kalau bukan laptop/PC.

Untuk spek laptop programmer pastinya tidak sembarangan, karena ada standar minimum yang dianjurkan bila kamu ingin terjun ke bidang pemrograman. Lantas, apa aja standarisasi spek laptop programmer untuk coding dan rekomendasi laptopmya? Mari disimak informasi lengkapya dibawah ini.

Spek Laptop Programmer

Aspek Penting dalam Pemilihan Spek Laptop Programmer

Spek laptop programmer yang mumpuni merupakan hal penting untuk diperhatikan sebelum kamu mulai melakukan coding. Untuk itu, 5 aspek penting dalam pemilihan spek laptop programmer di bawah ini harus kamu ketahui:

Kecepatan CPU

Core i3 merupakan Slspek laptop programmer minimum CPU untuk coding, serta masih cukup worth-it untuk hampir semua bahasa pemrograman. Namun, jika kamu mempunyai budget lebih dan benar-benar ingin serius untuk jangka panjang, di rekomendasikan memilih prosesor dengan spek laptop programmer High-end, seperti Intel Core i7 ataupun AMD Ryzen 7.

Jumlah Memori (RAM)

Spek laptop programmer berikutnya adalah berkaitan dengan memori, semakin besar memori RAM tentu sajanakan semakin baik. Namun, untuk kebutuhan web programming dasar, Spek laptop programmer dengan memori 2GB sudah cukup.

Meski begitu, jika kamu seorang programer Android atau programer game, kamunwajib memiliki memori yang besar dengan minimal memori 4GB. Lebih baiknya lagi ditambah 4GB l sehingga ukurannya menjadi 8GB. Teknik ini bisa menghemat biaya bila kamu punya budget lebih, pertimbangkan juga untuk menggunakan RAM 16 GB.

Jenis dan Ukuran Hardisk

Sejatinya menggunakan HDD sudah cukup, paling tidak kamu bisa bekerja tanpa hambatan. Namun, mengingat pekerjaan ini adalah pengolahan bahasa pemrograman dan demi kelancaran pekerjaan adalah tujuan utama, maka sebaiknya kamu lebih menggunakan SSD.

Perbandingan HDD dengan SDD lumayan jauh, yakni mencapai 1:5. Untuk harga dari spek laptop programmer dengan kapasitas SSD 128 GB bisa mencapai Rp700rb-1 Juta. Dengan yang sama kamu bisa mendapatkan HDD dengan kapasitas 1TB. Untuk dapat mendapatkan hasil maksimal dalam pekerjaan, dan melihat perbandingan dari HDD vs SSD, maka lebih baik untuk menggunakan SSD.

Sistem Operasi

Terdapat 3 sistem oprasi yang paling banyak digunakan baik untuk programming maupun untuk kebutuhan lainnya, di antaranya adalah Linux, Windows, serta OS X. Untuk membuat aplikasi produk-produk dari Apple kamu wajib menggunakan OS X, yang artinya kamu harus menggunakan Macbook.

Lalu, untuk kebutuhan Programming lainnya seperti Game Programming atau Aplikasi Android, kamu bisa menggunakan spek laptop programmer Linux, Windows, MAC. Namun, ini juga bergantung pada jenis programing yang bakal dilakukan.

Kartu Grafis

Spek laptop programmer kartu grafis tidak begitu berpengaruh saat melakukan coding. Jadi, demi untuk bisa menghemat biaya kamu dapat memilih spek laptop programmer dengan kartu grafis yang biasa, kecuali untuk game programer (Game Angine 3d).

Mengingat bahwa fungsi dari kartu grafis ini adalah si-penerjemah data grafis komputer dan memunculkannya ke monitor, serta hal tersebut tentu saja berperan penting pada dunia gaming, memilih spek laptop programmer dengan kartu grafis yang mumpuni merupakan hal yang penting buat game programmer.

Kamu bisa memilih beberapa kartu grafis yang mumpuni, mulai dari  NVIDIA GeForce RTX 2060, AMD Radeon RX 5700 Series, NVIDIA GeForce GTX 1660 Ti, AMD Radeon RX 590, hingga NVIDIA GeForce RTX 2070 Super.

Rekomendasi Spek Laptop Programmer

Sebenarnya tidak ada sebutan khusus untuk merujuk sebuah laptop dengan spek untuk keperluan programming. Pasalnya, hampir semua jenis laptop dapat digunakan untuk programming, baik itu laptop harga dengan 4 jutaan, laptop gaming murah, maupun deretan laptop yang mahal sekalipun.

Hanya saja yang perlu untuk kamu perhatikan adalah, apakah laptop tersebut mampu menjalankan aplikasi koding dengan lancar dan cepat serta memenuhi kedelapan aspek yang sudah dijelaskan di atas? Laptop seharga 5 jutaan tentu saja akan memiliki aspek atau performa tertentu yang berbeda dibandingkan dengan laptop kelas atas di harga puluhan juta.

Untuk spek laptop programmer, laptop dengan prosesor Core i3, RAM 8 GB, SSD, serta kartu grafis terdedikasi sudah cukup untuk coding dan programming. Namun, laptop dengan spek laptop programmer lebih tinggi tentu lebih baik. Pekerjaan akan terasa lebih ringan apabila sebuah laptop sudah dilengkapi dengan prosesor Intel Core i7 ke atas dan spesifikasi lain yang mumpuni.

Di antara banyaknya spek laptop programmer yang ada di pasaran, berikut adalah daftar 3 laptop yang bisa kamu para progammer profesional jadikan pilihan.

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZA

Spek Laptop Programmer

ASUS Zenbook Pro 14 Duo OLED UX8402ZA temasuk jenis spek laptop programmer untuk para seniman. Tak terkecuali mereka yang bekerja untuk merancang program dan gim. Terdapat beberapa keunggulan yang dimiliki laptop Rp29 jutaan ini, sehingga cocok bagi para programmer.

Yang pertama terletak pada performanya. Berbekal prosesor Core i7 H Series generasi ke-11, laptop ini bisa mengatasi segala jenis pekerjaan programming. Mulai dari web programming yang ringan, sampai pembuatan aplikasi di Android Studio atau Visual Studio yang berat.

Kedua layarnya. Laptop ini punya dua layar: layar utama yang memakai panel OLED dan layar sekunder dengan panel IPS. Keberadaan layar sekunder pada laptop ini tak hanya membuatnya jadi unik. Namun, layar tersebut akan memperlancar workflow Anda, khususnya untuk situasi multitasking.

Kelebihan lain yang dapat menjaga kenyamanan kamu saat bekerja adalah keyboard. Laptop dengan sertifikasi Intel Evo ini memakai backlit keyboard dengan key travel 1,4 mm. Tidak perlu banyak tenaga untuk bisa menciptakan ketikan yang presisi.

Yang menarik, touchpad laptop ini ditempatkan di sebelah kanan layout keyboard. Touchpad tersebut memiliki lapisan anti air dan tahan terhadap noda sidik jari. Hal itu membuat pengalaman bernavigasi selalu prima. Tak perlu khawatir jka Anda lupa membawa mouse saat bekerja.

ASUS ROG FLOW Z13 GZ301ZE

ASUS ROG FLOW Z13 GZ301ZE menjadi salah satu laptop para content creator dari ASUS. Hal itu terlihat dari kemampuan layarnya yang cukup memukau. Untuk layarnya, spek laptop programmer ini menggunakan IPS-level touchscreen berukuran 13,4 inci. Untuk resolusinya tentu sudah cukup tinggi yaitu mencapai resolusi WUXGA atau 1920 x 1200 piksel.

Kualitasnya yang cukup tinggi itu membuatnya mampu menampilkan visual yang lebih jernih. Soal warna, laptop ini tentu cukup ahli karena didukung oleh DCI-P3 hingga 100 persen, sRGB hingga 100 persen, Pantone Validated, hingga Dolby Vision. Layar laptop ini benar-benar mendukung pekerjaan para content creator atau desainer.

Tidak hanya untuk para content creator, laptop ini juga cocok digunakan untuk para programmer yang biasanya bekerja dalam waktu lama. Sebab, laptop ini dibekali prosesor yang tangguh yaitu Intel Core i9 generasi ke-12 yaitu i9-12900H. Dengan adanya embel-embel “H” di akhir, tentu prosesor ini memiliki performa yang cocok untuk pekerjaan berat dengan waktu yang lama.

Untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan, laptop ini didukung oleh RAM LPDDR5 16 GB dari dua chip 8 GB. Selain itu, terdapat SSD NVMe PCIe generasi ke-4 dengan kapasitas luas hingga 1 TB. Untuk harganya, laptop ini dibanderol dengan harga sekitar Rp28,2 jutaan. Bagaimana, apakah kamu tertarik dengan laptop ini?

Spek Laptop Programmer

Apple MacBook Pro (13.3 inci, M2, 2022)

Apple MacBook Pro (13.3 inci, M2, 2022) menjadi salah satu laptop milik Apple yang cocok untuk kamu para programmer. Terlebih spek laptop programmer ini menjadi laptop pertama yang menggunakan chipset Apple M2. Chipset Apple M2 ini ditenagai oleh CPU 8-core dan didukung dengan GPU dengan jumlah core banyak hingga 10-core.

Performa dari chipset tersebut tentu sudah cukup tangguh di kelasnya. Untuk mengoptimalkan performa yang dihasilkan, chipsetnya dipadukan dengan RAM 8 GB yang telah terintegrasi dan bisa diperluas hingga 24 GB. Selain itu ada SSD 256 GB yang bisa dikonfigurasi menjadi 2 TB. Kapasitas tersebut tentu sudah sangat mampu untuk menjalankan berbagai aplikasi programming dengan lancar.

Kamu pun bisa melakukan pekerjaan kamu dengan waktu yang cukup lama dan tetap stabil. Hal itu bisa terjadi karena laptop ini menyediakan kipas pendingin serta daya tahan baterai mumpuni. Kamu bisa bekerja menggunakan laptop ini hingga seharian.

Dengan berbagai kemampuan yang dimilikinya seperti performa, layar cantik, serta fitur-fitur pendukung lainnya, harga yang ditawarkan laptop ini menjadi terasa wajar. Kamu bisa mendapatkan laptop ini dengan harga sekitar Rp24,9 jutaan.

Nah, itulah ulasan mengenai beberapa aspek penting dalam pemilihan spek laptop programmer lengkap dengan rekomendasi laptop untuk pekerjaan Coding maupun Programming. Semoga bermanfaat.