Bagusan Samsung atau iPhone, Cari Tahu 7 Perbandingannya Disini

Bagusan Samsung atau iPhone

Bagusan Samsung atau iPhone, Cari Tahu 7 Perbandingannya Disini – Samsung dan iPhone adalah dua brand yang saling bersaing dalam hal elektronik, terutama sal ponsel pintar. Tak heran jika banyak orang yang bertanya-tanya bagusan Samsung atau iPhone sebelum membeli ponsel. Pertanyaan tersebut ditujukan karena Samsung dan iPhone memang menawarkan kelebihan serta keunggulannya masing-masing. Dengan begitu, calon pembeli bisa membeli ponsel sesuai kebutuhan dan keunggulannya.

Jika melihat dari sisi penggunaan di Indonesia, ponsel dari Samsung terbilang lebih unggul secara kuantitas. Walaupun begitu, ponsel keluaran iPhone tetap diminati terutama oleh penggemar setianya. Bisa dibilang, ponsel iPhone menyasar kelas pembeli menengah ke atas, lantaran sedikit mengeluarkan seri entry levelnya. Bagi Anda yang bingung apakah ingin membeli Samsung atau iPhone bisa simak informasinya di bawah ini.

Jawaban Bagusan Samsung atau iPhone untuk Dibeli?

Sekedar informasi, android dan iPhone merupakan dua sistem operasi atau OS yang cukup populer di pasaran seluruh dunia termasuk Indonesia. Keduanya mempunyai kemampuan dan fitur unik masing-masing yang menarik perhatian pembeli. Namun memilih antara iPhone ataupun Samsung tergolong sulit, mengingat dua brand tersebut kerap kali merilis ponsel terbaru dengan fitur menarik.

Jika seperti itu, maka bagusan Samsung atau iPhone untuk digunakan sebagai ponsel pribadi? Bagi Anda yang masih bingung antara dua ponsel tersebut maka tidak perlu risau. Di bawah ini ada informasi lengkap tentang perbandingan antara ponsel Samsung dengan iPhone yang bisa Anda jadikan referensi sebelum membeli smartphone Samsung ataupun iPhone di pasaran.

1.      Sistem Operasi

Bagusan Samsung atau iPhone

Kalau membicarakan lebih bagus Samsung atau iPhone, hal yang perlu dijadikan perbandingan pertama terletak pada sistem operasi atau dapur pacunya. iPhone sendiri mempunyai sistem operasi yang berbeda dengan Samsung dan smartphone pada umumnya. iPhone mempunyai sistem operasi bernama iOS yang merupakan teknologi khusus hasil pengembangan perusahaan Apple. Sedangkan Samsung mengusung sistem operasi android.

Misalnya saja pada iPhone 12, Anda akan mendapatkan sistem operasi iOS 14.1 yang memiliki keunggulannya tersendiri. Sedangkan Samsung misalnya pada Samsung Galaxy S20 FE 5G hadir dengan versi android 10. Baik iPhone ataupun Samsung sama-sama menghadirkan sistem operasi terbaru setiap perilisan ponsel baru. Perbedaan sistem operasi dua ponsel tersebut juga tampak pada jenis GPU dan CPU yang dipakai.

iPhone memakai CPU Hexa Core dengan Apple GPU. Sementara itu, Samsung menyematkan chipset Qualcomm SM8250 Snapdragon 865 dengan Octa Core. Bagi Anda yang mempertanyakan bagusan Samsung atau iPhone dari sisi sistem operasi, bisa dibilang keduanya sama-sama bagus. Apalagi iPhone dan Samsung juga memberikan kapasitas penyimpanan yang besar mulai dari RAM 4 GB sampai 8 GB.

2.      User Interface (UI) – Antarmuka Pengguna

Bagusan Samsung atau iPhone

Perbedaan mencolok lain antara Samsung dengan iPhone juga terletak pada antar muka atau UI alias User Interface. Perangkat android seperti Samsung mempunyai UI yang tampak lebih mudah untuk disesuaikan. OS tersebut menggunakan opsi untuk mengubah ikon aplikasi, layar beranda, dan tampilan tema secara menyeluruh. Sedangkan iPhone mempunyai UI yang lebih seragam dengan ruan lebih terbatas untuk pengguna sesuaikan.

Selain itu, Samsung juga memungkinkan penggunanya menyesuaikan layar beranda ponsel dengan menambahkan widget serta mengubah tata letak aplikasinya. Hal tersebut bermanfaat untuk pengguna yang ingin akses lebih cepat ke suatu fungsi maupun informasi tertentu. Namun iOS atau iPhone tidak mempunyai fitur tersebut. Walaupun begitu, pengguna dapat mengatur ikon aplikasi ke sebuah folder untuk navigasi yang cenderung lebih mudah.

Baca Juga: Cari Tahu Benar atau Tidak Ada Harga Tablet Samsung Murah Dibawah 2 Juta

3.      Kamera

Bagusan Samsung atau iPhone

Jika berbicara tentang bagusan Samsung atau iPhone, maka banyak orang juga menyorot pada kameranya. Kamera Samsung, misalnya Galaxy S22 Ultra, sudah dibekali dengan empat lensa kamera yang salah satunya adalah kamera lensa wide beresolusi sampai 108 MP. Kamera tersebut juga mempunyai nilai aperture f/1.8 yang menjadi kamera utamanya. Ada juga kamera beresolusi 12MP yang memakai lensa ultra wide dengan aperture f/2.2.

Terakhir terdapat dua kamera dengan lensa telephoto yang masing-masingnya beresolusi 10MP. Pada kamera depannya, tersemat satu buah kamera beresolusi 40MP dan mempunyai nilai aperture mencapai f/2.2. Di dua kamera telepotonya, Samsung membenamkan satu kamera yang memiliki nilai aperture f/2.4 dan fitur optical zoom hingga 3x. Sementara itu, kamera telephoto lainnya mempunyai fitur optical zoom sampai 10x.

Pesaingnya yakni iPhone 13 Pro Max juga dibekali dengan kamera wide beresolusi 12MP saja dengan nilai aperture sebesar f/1.5 yang menjadi kamera utamanya. Berikutnya ada juga kamera dengan lensa ultra wide dan mempunyai nilai aperture f/1.8 yang telah mendapat fitur autofocus serta mampu menghasilkan gambar dengan kualitas foto lebih tajam dan cerah. Ada juga dua buah kamera lensa telephoto dengan kemampuan optical zoom 3x dan 6x.

Dari informasi di atas, bisa dibilang bagusan Samsung atau iPhone dalam urusan fitur optical zoom kamera dimenangkan oleh seri Samsung Galaxy S22 Ultra dibandingkan iPhone 13 Pro Max. Kendati demikian, untuk nilai aperture kamera dimenangkan oleh seri iPhone 13 Pro Max. Pasalnya kamera yang mempunyai nilai aperture semakin rendah akan mempunyai bukaan lensa semakin besar sehingga cahaya masuk pada lensa kian banyak.

4.      Daya Tahan Baterai

Bagusan Samsung atau iPhone

Masih tentang jawaban lebih bagus Samsung atau iPhone, hal yang menjadi perbandingan berikutnya terletak pada daya tahan baterai. Memang jika membandingkan dua ponsel Samsung dan iPhone, maka akan sangat terasa pada daya tahan baterai yang ditawarkan. Misalnya saja pada seri Samsung S20 FE 5G dengan pesaingnya yang setara yakni iPhone 12. Samsung menawarkan kapasitas baterai sangat besar yakni 4.500 mAh.

Sedangkan untuk seri iPhone 12 hadir dengan kapasitas baterai yang lebih kecil yaitu 2227 mAh saja. Walaupun secara ukuran tampak kecil, tetapi iPhone sudah dibekali dengan fitur unggulan bernama Smart Data Mode. Fitur tersebut memungkinkan pemakaian baterai pada ponsel lebih awet, walaupun digunakan untuk bermacam aktivitas termasuk berselancar memakai jaringan internet.

Sementara itu, kapasitas Samsung dengan baterai sebesar 4.500 mAh sudah tak perlu diragukan lagi. Memang banyak sekali ponsel yang dibekali dengan baterai berkapasitas lebih besar seperti 5000 mAh, 6000 mAh, sampai 7000 mAh. Meskipun begitu, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh sejatinya sudah cukup dipakai seharian penuh tanpa perlu terlalu sering mengisi baterainya.

5.      Performa Ponsel

Bagusan Samsung atau iPhone

Bagi Anda yang masih penasaran bagusan Samsung atau iPhone, coba bandingkan dari sisi performa kedua ponsel tersebut. Sejatinya dalam hal performa, baik Samsung ataupun iPhone mempunyai kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Perangkat Samsung cenderung mempunyai kekuatan pemrosesan serta ukuran RAM yang lebih tinggi. Hal ini membuat ponsel Samsung lebih cepat serta memudahkan multitasking.

Tetapi, kelebihan tersebut juga bisa menyebabkan ponsel Samsung mempunyai daya tahan baterai yang tergolong lebih pendek jika dibandingkan dengan iPhone. Sementara itu, seri iPhone cenderung mempunyai daya pemrosesan dan RAM yang ukurannya lebih kecil. Hal ini akan dirasa mengganggu dalam aktivitas sehari-hari pengguna yang ingin multitasking ketika melakukan berbagai hal.

Namun iPhone pada umumnya lebih efisien dalam pemakaian sumber daya yang membuatnya dapat menghasilkan masa penggunaan baterai yang tergolong lebih lama. Sayangnya hal itu justru mengartikan iPhone akan lebih lambat dalam menangani berbagai tugas ataupun menjalankan aplikasi intense sumber daya. Bisa dibilang, iPhone kurang cocok untuk pengguna yang ingin semuanya serba cepat.

6.      Pilihan Aplikasi

Bagusan Samsung atau iPhone

Bagusan Samsung atau iPhone? Maka Anda perlu mempertimbangkan pilihan atau opsi aplikasi dua brand ponsel tersebut. Baik Samsung ataupun iPhone mempunyai bermacam aplikasi berbeda yang bisa digunakan pengguna. Walaupun begitu, terdapat beberapa perbedaan yang harus dipertimbangkan sebelum Anda memutuskan ingin membeli Samsung atau iPhone.

Samsung mempunyai lebih banyak opsi aplikasi secara menyeluruh, termasuk jumlah yang lebih banyak untuk aplikasi gratis. Tetapi sejumlah aplikasi populer seperti aplikasi, game dan streaming musik tertentu akan diluncurkan di iPhone terlebih dahulu, atau awalnya hanya tersedia di iPhone. Ini jelas membahagiakan bagi Anda yang mempunyai iPhone karena bisa merasakan aplikasinya lebih dahulu.

Di samping itu, iOS juga mempunyai toko aplikasi yang keberadaannya lebih terkurasi. Hal ini mengartikan seluruh aplikasi yang tersimpan di dalamnya harus melalui proses peninjauan sebelum akhirnya diterima dan bisa didownload. Sistem kurasi tersebut akan menghasilkan kualitas aplikasi yang cenderung lebih tinggi secara menyeluruh. Namun di saat bersamaan, hal ini mengartikan banyak aplikasi yang memerlukan waktu lebih lama untuk tersedia di iOS.

7.      Keamanan

Bagusan Samsung atau iPhone

Hal yang penting dalam pertimbangan bagusan Samsung atau iPhone terletak pada keamanannya. Memang keamanan adalah pertimbangan paling penting bagi semua pengguna HP, baik itu Samsung ataupun iPhone. Pasalnya sistem keamanan tersebut akan berperan untuk melindungi semua data pengguna di dalam ponsel. Umumnya perangkat Samsung dianggap kurang aman daripada iPhone lantaran sifatnya terbuka.

Samsung mengizinkan pengguna mendownload dan memasang aplikasi dari berbagai sumber bahkan selain Google Play Store. Ini bisa meningkatkan risiko mengunduh aplikasi yang berbahaya. Tetapi beruntung beberapa seri Samsung sudah melakukan perbaikan keamanan tersebut pada sejumlah seri terbarunya. Hal ini termasuk adanya Google Play Protect yang akan memindai aplikasi sebelum di download.

Di samping itu, iPhone mempunyai ekosistem yang cenderung lebih tertutup. Bahkan semua aplikasi yang hendak di download harus melewati proses peninjauan oleh Apple sebelum akhirnya tersedia untuk didownload.

Itulah pembahasan pertimbangan antara Samsung atau iPhone yang bisa Anda jadikan referensi. Dari informasi di atas, jika bertanya tentang bagusan Samsung atau iPhone, maka bisa dibilang keduanya mempunyai kelebihan dan kekurangannya masing-masing untuk Anda sesuaikan.