Begini 6 Solusi Jika Kamu Salah Ambil Jurusan

Salah Ambil Jurusan

BagBegini 6 Solusi Jika Kamu Salah Ambil Jurusan – Siapa yang tidak bangga menjadi anak kuliahan. Pasti! Anda jawab bangga dong. Namun bagaimana jika ternyata Anda salah pilih mengambil jurusan di Fakultas salah satu perguruan tinggi pavorit tersebut. Misal, saat mengikuti seleksi masuk perguruan tinggi, Anda mengambil jurusan Manajemen di Fakultas Ekonomi padahal minat anda bukan pada jurusan tersebut.

Ternyata pilihan Anda tidak sesuai dengan kata hati, karena sebelumnya Anda mengikuti ajakan teman-teman saat mendaftar. Padahal Anda sebenarnya lebih menyukai atau tertarik terhadap jurusan Akutansi. Apabila yang terjadi demikian, apakah  Anda harus berhenti, atau tetap melanjutkan kuliah jurusan yang telah Anda ambil tersebut. Memang, hal itu ibarat makan buah si malakama.

6 Solusi Salah Ambil Jurusan

Untuk mengatasi masalah tersebut, semua jawaban ada di pikiran dan hati Anda sendiri. Akan tetapi, Anda tidak perlu khawatir, penulis ingin memberikan solusi jitu untuk Anda. Berikut caranya:

Berserah Diri Pada Tuhan

Salah Ambil Jurusan

Semua yang kita lakukan di dunia fana ini, pasti sudah digariskan oleh Tuhan, sehingga Anda tidak perlu menyesali apa yang telah diputuskan. Semua agama pasti mengajarkan demikian. Yakin saja, Tuhan pasti mempunyai rencana lain setelah Anda lulus dari kuliah nanti. Jalani perkuliahan dengan enjoy, dan ikhtiar untuk menyukainya.

Komunikasikan dengan Keluarga

Apabila hati Anda masih terasa berat dan terus dihantui kekecewaan, karena memilih jurusan yang tidak sesuai, segera ceritakan kepada orang tua atau saudara Anda. Setidaknya orang tua atau saudara Anda mengerti perasaan Anda, mengapa terlihat kurang semangat  dalam kuliah. Dari situlah keluarga pasti akan memotivasi Anda untuk tetap melanjutkan jurusan yang telanjur diambil.

Diskusi dengan Teman

Salah Ambil Jurusan

Jangan menyimpan masalah sendiri, nanti Anda akan semakin frustasi dan malas kuliah. Coba ajak teman atau senior Anda untuk mengobrol soal jurusan yang telah diambil. Setidaknya curhatan Anda, mereka bisa ikut memberikan solusi dan motivasi kepada Anda hingga akhirnya, Anda tetap senang dengan jurusan yang telah diambilnya.

Ikut Kegiatan di Kampus

Salah Ambil Jurusan

Biar segera melupakannya, Anda dapat mengikuti kegiatan yang ada di kampus. Misal Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Namun Anda bisa memilih UKM yang sesuai dengan passion dan hobi Anda. Sehingga cepat atau lambat, Anda akan  melupakan masalah yang dihadapi. Bahkan bisa juga justru Anda sangat mencintai jurusan yang telah diambil dikemudian hari.

Sering Belajar Bareng Teman Satu Jurusan

Salah Ambil Jurusan

Jangan lupakan teman-teman satu jurusan dengan Anda. Ajak mereka untuk belajar bareng dan berdiskusi dengan hal-hal yang sepele hingga serius menyangkut mata kuliah atau lainnya. Dari situlah, nanti akan akan banyak tahu dan semakin yakin, ternyata Anda tidak salah pilih jurusan.

Ikut Kursus Atau Magang

Salah Ambil Jurusan

Meski Anda merasa kecewa karena pilihan yang salah dalam ambil jurusan, namun Anda jangan berkecil hati. Saat ini banyak kursus yang bisa mendukung karir Anda ke depannya.  Apabila itu dirasa membutuhkan biaya tambahan, mungkin Anda bisa mengikuti kegiatan magang atau volunteer yang gratis. Tentunya yang Anda lakukan sesuaikan dengan minatnya.

 Cuma jangan dipaksakan, karena nanti bisa mengganggu perkuliahan Anda. Jika tetap ingin mengikuti kursus atau magang. Atur terlebih dahulu jadwal perkuliahan Anda.

Itulah cara tepat dan solutif untuk Anda dalam menghadapi persoalan salah ambil jurusan fakultas di perguruan tinggi. Ingat! Jangan mudah menyerah dan tetap semangat. Ada pepatah: “Setiap kesulitan pasti ada kemudahan.”