Cara Ampuh Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Cara Ampuh Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi – Terhitung hampir 9 bulan kita dirumahkan sejak bulan maret silam. Dahulu kita dengan mudahnya berpergian kesana-sini, duduk bersama dalam satu meja ditemani secangkir kopi sambil memandangi senyum manisnya, indah sekali. Itu dulu, jangan diratapi karena hidup terus berjalan, semuanya telah berubah sejak covid-19 menyerang, segala sesuatunya kini dilakukan secara online, mulai dari pengajian, pendidikan, pekerjaan, hiburan dan masih banyak lagi.

Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Problematika yang terus menerus dikaji pemerintah ialah bidang pendidikan karena hal ini bersangkutan dengan masa depan bangsa. Sejak dikeluarkannya surat edaran nomor 4 tahun 2020 pada 24 maret 2020 silam oleh bapak Nadiem Anwar makarim selaku menteri pendidikan dan kebudayaan republik indonesia menetapkan sistem pembelajaran secara online sebagai metode alternatif untuk tetap memberikan perlindungan kepada siswa dan guru.

Namun sayangnya tidak semua daerah di indonesia memiliki jaringan yang baik, jadi pembelajaran secara daring ini tidak selalu lancar. Namun dikarenakan kondisi indonesia yang belum juga membaik, kita hanya bisa tetap bersabar dan terus berusaha melakukan yang terbaik.

Kajian Cara Belajar Selama Pandemi

Pembelajaran secara daring ini tentunya memiliki sisi positif dan negatif. Berikut sisi positif dan negatif yang penulis temukan dari berbagai jenjang pendidikan.

Sisi Positif

Sisi positif dari sistem pembelajaran daring antara lain:
1. Menghemat biaya transportasi menuju ke sekolah.
2. Tidak ada waktu yang terbuang untuk perjalanan ke sekolah.
3. Menghemat biaya hidup (bagi mahasiswa atau siswa yang sedang merantau).
4. Lebih banyak meluangkan waktu bersama keluarga.
5. Siswa dapat mengakses materi dimana saja dan kapan saja.
6. Terlindung dari virus covid-19.

Sisi Negatif

Sisi negatif dari sistem pembelajaran daring:
1. Siswa menjadi malas karena sistem pembelajaran daring dianggap remeh.
2. Tidak di semua daerah memiliki jaringan yang baik.
3. Paket internet yang cukup mahal dan boros.
4. Tidak semua siswa memiliki smartphone laptop yang cukup kuat untuk membuka virtual meeting.
5. Metode yang digunakan tenaga pengajar atau guru tidak bervariasai, sehingga siswa menjadi tidak semangat belajar dan cepat bosan.

Akibat Cara Belajar Daring Selama Pandemi

Pembelajaran daring yang menyenangkan dan interaktif akan memberikan pengaruh besar pada proses pembelajaran. Pembelajaran yang tidak bervariasi akan cenderung membuat siswa menjadi jenuh, duduk didepan laptop seakan hanya menjadi formalitas saja. Berdasarkan survei yang sudah penulis lakukan, sebagian siswa akan mengatasi kejenuhannya dengan cara: membuka instagram, tiktok, youtube, menonton film, dan bermain game online hingga lupa waktu dan tugas menjadi menumpuk.

Berikut penulis akan memaparkan apa saja yang dapat kamu lakukan untuk mengatasi kejenuhan saat belajar secara daring di rumah agar tetap semangat dalam belajar.

Tentukan Ruang Belajar

Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Siapkan ruang belajar yang memiliki penerangan yang cukup, karena tingkat terangnya cahaya akan meningkatkan hormon adrenalin sehingga kita akan lebih bersemangat dan tidak mudah mengantuk. Pastikan juga ruang belajarmu memiliki koneksi internet yang stabil ya!

Menyiapkan Alat Pembelajaran

Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Siapkan alat tulis yang lucu atau menarik, jika perlu hiasi meja belajar agar belajar semakin semangat. Tentunya siapkan smartphone atau laptop dengan kemampuan yang memadai, dan jangan lupa disertai dengan kuota internet.

Tidak Stress Dengan Sistem Daring

Hal ini telah menjadi awal masalah bagi siswa, mereka baerpikir bahwa pembelajaran daring ini sulit, tidak menyenangkan, tidak paham dengan materinya, tidak bisa bertemu dengan teman. Adaptasi dengan hal baru memang tidak mudah, alangkah baiknya kita menepis jauh-jauh pikiran tersebut karena semua akan mudah bila dijalani bersama. Penulis memberi saran untuk saling membantu antar teman agar sama-sama paham dengan materi yang disampaikan, hal ini dapat dilakukan melalui telpon, video call, atau bisa datang ke rumah teman untuk bertanya.

Menggunakan Gaya Belajar yang Disukai

Setelah pembelajaran virtual selesai jangan lupa untuk membaca atau mengulang materi yang telah diterima agar tidak mudah lupa, lakukan dengan gaya belajar yang disukai. Jangan lupa untuk langsung mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru agar tidak lupa hingga menumpuk banyak.

Menyediakan Waktu untuk Menghibur Diri

Atasi Bosan Belajar Selama Pandemi

Belajar terus-menerus tentunya akan membosankan dan akan kelelahan. Jadi penulis sarankan setelah menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru, berikan hadiah untuk dirimu sendiri karena sudah bekerja keras hari ini. Tidak perlu berfoya-foya ke mall, cukup luangkan waktu untuk menghibur diri dengan versi dari kalian masing-masing.

Demikian saran yang dapat penulis berikan. Semoga bermanfaat dan semoga kalian senantiasa diberi kesehatan. Jika keluar rumah jangan lupa untuk menerapkan protokol kesehatan sesuai dengan himbauan pemerintah ya, jaga kesehatan dan tetap semangat dalam belajar.