Lulusan SMP Bisa Kerja Apa? Ternyata Cukup Banyak Profesi yang Tersedia

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa? Ternyata Cukup Banyak Profesi yang Tersedia – Jenjang pendidikan SMP atau Sekolah Menengah Pertama seringkali dipandang sebelah mata. Bukan tanpa alasan, banyak orang mempertanyakan lulusan SMP bisa kerja apa? Mengingat masyarakat sulit menemukan lowongan pekerjaan yang ditujukan kepada lulusan SMP. Padahal mereka yang hanya lulusan SMP tetap membutuhkan pekerjaan halal demi menyambung hidupnya melalui gaji.

Meskipun bukan termasuk sarjana, tak berarti mereka yang hanya lulusan SMP tidak bisa mendapat pekerjaan. Sebab ternyata ada beberapa perusahaan atau bidang pekerjaan tertentu yang memberikan kesempatan untuk lulusan SMP. Hal ini bisa diambil selama mereka yang lulusan SMP tersebut memiliki kemampuan dan kemauan untuk maju serta mempunyai keahlian mumpuni di bidangnya.

Cari Tahu Jawaban Lulusan SMP Bisa Kerja Apa?

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, tidak sedikit orang berpendapat bahwa para pencari kerja harus memiliki pendidikan tinggi supaya mendapat pekerjaan dengan gaji atau upah yang juga tinggi. Faktanya menempuh pendidikan formal hingga jenjang perguruan tinggi tidaklah mudah. Sebab masih banyak masyarakat yang belum mampu mendapat pendidikan hingga lulus di bangku kuliah.

Beruntung, sampai sekarang masih banyak lowongan kerja untuk lulusan SMP, bahkan bagi mereka yang tidak mempunyai latar pendidikan formal sekalipun. Oleh karenanya, jika ada yang bertanya lulusan SMP bisa kerja apa, maka jawabannya cukup banyak. Hal ini menjadi jalan keluar bagi orang-orang lulusan SMP yang belum mempunyai pekerjaan. Di bawah ini ada beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan SMP.

1.      Operasi Mesin Pabrik

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa

Memang di zaman sekarang, perkembangan teknologi semakin pesat dan prosesnya serba otomatis. Walaupun seperti itu, ternyata peran manusia dalam hal mengontrol seta memastikan kinerja dalam mesin produksi di sebuah pabrik tetap diperlukan. Oleh sebab itu, masih banyak pabrik yang membuka lowongan pekerjaan bagi lulusan SMP untuk mengisi posisi operator mesin.

Untuk gaji yang diberikan pada umumnya mulai dari standar UMR. Para calon pekerja akan mendapat pelatihan yang umumnya dilakukan dalam pabrik. Apabila kinerja Anda bagus walaupun hanya lulusan SMP, besar kemungkinan perusahaan akan mempromosikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bahkan tidak sedikit perusahaan yang juga memberikan fasilitas pendidikan gratis bagi karyawan yang berpotensi.

2.      Tamtama TNI

Jawaban lulusan SMP bisa kerja apa berikutnya, ternyata merupakan idaman banyak orang. Bukan tanpa alasan, ternyata bagi pria maupun wanita yang hanya lulus Sekolah Menengah Pertama atau SMP, bisa berkesempatan menjadi salah satu abdi negara. Posisi yang bisa diambil oleh mereka yang lulusan SMP adalah Tamtama TNI. Pasalnya Tamtama TNI memberikan persyaratan minimal kelulusan SMP untuk mendaftar.

Walaupun begitu, Anda yang tertarik menjadi Tamtama TNI tetap harus memenuhi seluruh persyaratan selain lulusan SMP. Persyaratan lainnya cukup beragam seperti minimal harus berusia 17 tahun lebih 9 bulan, minimal tinggi badan 157 cm untuk calon Tamtama TNI wanita, sedangkan calon Tamtama TNI pria minimal memiliki tinggi badan 163 cm. Persyaratan lainnya yaitu calon Tamtama TNI mau ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia.

3.      Petugas Keamanan

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa

Mereka yang lulusan SMP juga banyak berprofesi sebagai petugas keamanan seperti satpam atau hansip. Untuk satpam, biasanya profesi tersebut dibutuhkan di satu tempat satuan kecil seperti perusahaan, tempat hiburan, tempat belanja, rekreasi, dan sebagainya. Nantinya calon satpam perlu mengikuti pelatihan sesuai peraturan yang berlaku. Umumnya pelatihan berlangsung sekitar 3 sampai 6 bulan, lalu baru ditempatkan sesuai penempatan.

Sedangkan Hansip adalah petugas keamanan desa atau kecamatan yang bisa juga dilakukan oleh orang lulusan SMP. Walaupun sama-sama petugas keamanan, Satpam dan Hansip memiliki perbedaan dalam beberapa hal. Bagi Anda yang tertarik menjadi Hansip, maka harus berbadan sehat dan dapat menghadapi bermacam kondisi. Hal tersebut tentu dibutuhkan supaya bisa menjaga keamanan semaksimal mungkin.

4.      Office Girl / Boy

Jika bertanya tentang lulusan SMP bisa kerja apa, makna profesi sebagai office girl / boy adalah jawaban paling tepat. Anda bisa bekerja sebagai seorang petugas kebersihan yang masih banyak diperlukan di tempat publik, perusahaan, area perkantoran, dan masih banyak lagi. Untuk menjadi seorang office girl/boy, harap pastikan Anda memenuhi semua kualifikasi yang diperlukan seperti cakap serta rajin bersih-bersih.

Sebab office girl/boy bertanggung jawab atas semua kebersihan yang ada di area kerjanya. Di area perkantoran, office boy/girl juga umumnya bertanggung jawab melakukan bermacam tugas kantor seperti kirim dokumen, membuat kopi, memesankan makanan karyawan, dan masih banyak lagi. Namun tugas dan tanggung jawab office girl/boy bisa berbeda-beda tergantung perusahaan tempatnya bekerja.

5.      Digital Marketing Specialist

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa

Meskipun sering dipandang sebelah mata, ternyata mereka yang hanya lulusan SMP juga memiliki kesempatan sama menjadi seorang digital  marketing specialist. Namun bukan berarti Anda tidak perlu menguasai hal tertentu untuk menjadi digital marketing. Jika Anda lulusan SMP namun menguasai ilmu tentang pemasaran online secara mendalam, maka peluang menjadi ahli pemasaran digital terbuka lebar.

Seorang digital marketing specialist akan membantu perusahaan ataupun usaha perorangan mengembangkan strategi pemasaran secara online. Selain itu, digital marketing specialist juga akan membantu mengelola kampanye iklan secara digital, serta meningkatkan eksistensi perusahaan secara online. Untuk memudahkan, tidak ada salahnya Anda menjadi seorang freelancer digital marketing specialist.

6.      Teknisi Bangunan

Lulusan SMP bisa kerja apa? Maka menjadi teknisi bangunan menjadi jawaban selanjutnya. Bagi Anda yang memiliki ketertarikan dengan dunia teknik dan sipil, maka jenis pekerjaan satu ini sangat cocok untuk digeluti. Namun untuk mengawali karir sebagai seorang teknisi bangunan, Anda yang merupakan lulusan SMP bisa menjadi pekerja di bangunan biasa terlebih dahulu.

Dengan begitu, Anda berkesempatan belajar di lapangan langsung tentang cara membangun rumah, gedung, ataupun bangunan lainnya. Setelah itu, perkembangan ilmu Anda dengan mengambil sertifikasi agar bisa menjadi teknisi bangunan. Jika sudah mempunyai sertifikasi yang digeluti, maka peluang kerja Anda di bidang teknisi bangunan bisa lebih luas lagi. Bahkan Anda bisa saja masuk ke perusahaan besar untuk menawarkan jasa di bidang tersebut.

7.      Penulis

Lulusan SMP Bisa Kerja Apa

Meskipun hanya lulusan SMP, tentu bukan berarti Anda tidak mempunyai kreativitas. Bagi Anda yang mempunyai kemampuan menulis cukup baik, maka tidak ada salahnya mencoba profesi sebagai blogger ataupun penulis lepas. Bagi Anda yang mempunyai dasar menulis cukup bagus, maka bisa mulai membuat website sendiri ataupun menawarkan jasa sebagai penulis ke mereka yang memerlukan jasa tersebut.

Untuk meyakinkan, tidak ada salahnya Anda mengikuti pelatihan penulisan terbaik yang saat ini tersebar luas baik secara online maupun offline. Selain itu, perbagus portofolio Anda di bidang penulisan untuk meyakinkan banyak orang, terutama calon klien. Dengan bekal semua itu, Anda bisa menghasilkan konten yang menarik untuk media sosial, website, ataupun artikel online lainnya dengan imbalan uang maupun gaji.

8.      Pengemudi Alat Berat

Masih penasaran lulusan SMP bisa kerja apa saja? Pengemudi alat berat bisa menjadi jawaban berikutnya. Saat melintasi sebuah daerah, Anda bisa menemukan beberapa alat berat seperti crane, excavator, stoom, forklift, bulldozer, dan masih banyak lagi untuk pembangunan ataupun pengangkutan. Rupanya mengemudikan berbagai alat berat yang ada di lapangan tidak boleh dilakukan sembarangan orang.

Walaupun begitu, pengemudi alat berat tidak diharuskan menempuh pendidikan formal, sehingga lulusan SMP sekalipun berkesempatan menjadi pengemudi alat berat. Namun Anda tetap membutuhkan sertifikasi agar bisa mengemudikannya. Untuk mendapatkan sertifikasi seperti itu, Anda bisa bekerja kasar di kawasan pembangunan jalan raya dan menabung untuk mengambil sertifikasi. Tetapi semuanya sepadan dengan gaji yang akan diterima.

9.      Gamers Profesional

Siapa bilang gamers tidak bisa menjadi pekerjaan yang menghasilkan uang? Sebab tidak sedikit mereka yang hobi bermain game kini menjadikan game sebagai ladang profesi. Caranya adalah dengan menjadi ahli di game-game yang disukai tersebut. Hal ini dapat dilakukan lantaran di zaman sekarang, game online sudah banyak yang resmi dimasukkan ke dalam kategori e-sport dan pertandingan di seluruh dunia.

Oleh karenanya, Anda bisa menggeluti game yang disukai secara mendalam dan ikut kompetisi e-sport yang diselenggarakan. Dengan begitu, Anda bisa menjadikan game sebagai hobi yang menghasilkan uang dalam jumlah besar. Apalagi tidak dibutuhkan latar belakang pendidikan formal untuk beralih profesi sebagai gamers. Anda yang hanya lulusan SMP bisa menjadi seorang gamers profesional dan mendapat uang selama menggelutinya sungguh-sungguh.

10.  Pramusaji

Bagi Anda yang ingin gaji tetap namun hanya lulusan SMP, mungkin menjadi pramusaji adalah jawaban paling tepat. Saat ini beberapa tempat seperti restoran, warung makan, kafe, ataupun kedai membutuhkan orang yang bekerja sebagai pramusaji. Biasanya persyaratan untuk menjadi pramusaji tidaklah sulit, serta tak mematok pendidikan. Oleh sebab itu, Anda yang lulusan SMP bisa dengan mudah menjadi pramusaji selama menemukan tempat yang tepat.

Tidak perlu risau, sebab rata-rata gaji seorang pramusaji menyesuaikan standar UMR atau sudah disesuaikan dengan kesepakatan bersama atasan maupun pemilik tempat tersebut. Sekedar informasi, seorang pramusaji bertanggung jawab melayani penyajian makanan dan minuman kepada pelanggan. Tidak jarang pramusaji juga perlu menjaga kebersihan area makan, melayani pelanggan di kasir, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Bacaan Doa Sesudah Belajar Anak PAUD, Ajarkan Anak untuk Keberkahan Ilmu

Itulah beberapa jawaban atas pertanyaan lulusan SMP bisa kerja apa? Faktanya masih banyak bidang pekerjaan yang dapat dikerjakan oleh lulusan SMP. Oleh sebab itulah, Anda tak perlu berkecil hati jika hanya lulusan SMP namun membutuhkan pekerjaan yang halal.