Ketahui 14 Contoh Materi Les Anak TK yang Bisa Dipelajari

Contoh Materi Les Anak TK

Ketahui 14 Contoh Materi Les Anak TK yang Bisa Dipelajari – Anak TK merupakan anak-anak yang tengah mengalami masa tumbuh kembang dan perlu memahami berbagai hal baru. Karena itulah, masa sekolah TK menjadi salah satu masa yang penting bagi si kecil. Saat memasuki usia pertama sekolah tersebut, ada sejumlah contoh materi les anak TK yang bisa dibantu untuk diajarkan selama mereka menambah pengetahuan dan pelajaran demi menunjang tumbuh kembang buah hati.

Di dalam dunia pendidikan, les masih menjadi salah satu pilihan untuk anak-anak demi meningkatkan keterampilan dan pemahaman dalam bermacam pelajaran. Kendati demikian, penting untuk para orang tua dan guru memilih materi les yang tepat. Dengan demikian, orangtua dan guru bisa memberikan hasil yang lebih optimal untuk buah hati. Bagi Anda yang tengah mencari contoh materi les anak TK bisa simak informasinya di bawah ini.

Apa Saja Contoh Materi Les Anak TK yang Tepat?

Terdapat beberapa contoh materi les anak TK yang bisa disampaikan oleh guru bimbel untuk anak-anak selama mengenyam pendidikan di bangku taman kanak-kanak. Biasanya mereka memberikan materi berupa pendidikan karakter, dan materi lainnya yang menunjang untuk survive anak-anak selama di TK dan SD. Berikut ini ada sejumlah contoh materi les anak TK yang bisa menjadi referensi untuk orang tua atau guru.

1.      Pendidikan Karakter

Contoh Materi Les Anak TK

Pertama dalam contoh materi les anak TK yaitu pendidikan karakter. Setiap guru bisa mengajarkan kepada siswanya untuk mengenal pilar-pilar menjadi manusia yang bermoral. Biasanya materi yang dibawakan akan berkutat kepada aspek hubungan antara manusia dengan Allah SWT, hubungan sesama manusia, dan hubungan bersama lingkungan. Dengan begitu, diharapkan mampu membangun karakternya sebaik mungkin.

2.      Materi Tentang Belajar Buah

Contoh materi les anak TK berikutnya yaitu berkaitan dengan perkenalan buah. Adapun buah-buahan tersebut tidak hanya buah yang sering dilihat anak-anak, namun buah yang ada pula di pasar lokal. Nantinya anak-anak sering ditanyakan terkait buah-buahan di sekitar. Biasanya proses penyampaian dilakukan sambil bermain menyusun gambar buah. Guru juga dapat memakai cara lain yang lebih kreatif.

3.      Materi Belajar Abjad

Selanjutnya dalam contoh materi les anak TK yang tidak kalah penting yaitu terkait abjad. Sebaiknya seorang anak TK sudah mampu menuliskan nama lengkapnya sendiri. Karena itu, saat les, guru sepatutnya menyediakan prasarana terkait permainan huruf. Dengan demikian, proses belajar terasa lebih menyenangkan bagi anak-anak. Selain itu, anak-anak juga bisa lebih cepat menyerap materi tentang abjad yang diajarkan.

4.      Belajar Menulis

Tak hanya belajar abjad, mulai belajar menulis juga termasuk contoh materi les anak TK yang bisa diberikan oleh guru. Mereka akan diajarkan menulis sejumlah katak-kata yang sederhana. Dengan menulis, anak juga akan terbantu dalam mengenal huruf sekaligus membaca. Untuk proses belajar menulis, orang tua dan guru  bisa membantu anak-anak dengan bermacam cara.

5.      Belajar Angka

Ada juga contoh materi les anak TK berupa mempelajari angka. Anak-anak TK dapat mempelajari angka dasar lewat permainan dan aktivitas yang menyenangkan. Sebagai contoh, anak dapat membentuk angka dengan bahan-bahan alami seperti tanah atau pasir yang aman untuk digunakan dalam proses pelajaran. Anak-anak akan lebih mampu memahami angka-angka dasar jika pembelajaran dilakukan dengan menyenangkan dan seru.

6.      Belajar Menghitung

Berikutnya dalam contoh materi les anak TK yang bisa diberikan yaitu belajar berhitung. Pasalnya berhitung juga termasuk kemampuan yang begitu dibutuhkan dalam masa depan anak-anak. Di usia TK, pastinya anak-anak akan mulai belajar dari perhitungan dasar dan sederhana. Kemudian informasi tersebut akan semakin meningkat seiring usia dan jenjang sekolah mereka di masa mendatang.

7.      Belajar Tentang Warna

Contoh Materi Les Anak TK

Belajar tentang warna juga termasuk dalam contoh materi les anak TK yang perlu dipelajari berikutnya. Anak dapat mempelajari nama dan warna dasar lewat permainan warna yang dilakukan bersama teman-teman. Permainan tersebut bisa berupa mencocokkan warna dengan bahan-bahan alami di sekitar seperti buah-buahan dan bunga. Diharapkan, anak-anak bisa mampu memahami warna yang ada di sekitar.

8.      Mempelajari Tentang Bentuk

Contoh materi les anak TK yang bisa dipelajari berikutnya yaitu bentuk. Anak dapat mempelajari bentuk-bentuk dasar lewat permainan membentuk di tempat les bersama guru dan teman-teman sebayanya. Misalnya saja, anak bisa mencoba membuat berbagai bentuk menggunakan plastisin ataupun playdough yang disediakan. Anak-anak pun akan memahami bentuk yang diajarkan lebih mudah dan cepat mengenal  bentuk-bentuk di sekitar.

9.      Belajar Tentang Musik dan Tari

Mempelajari tentang musik dan tari termasuk dalam contoh materi les anak TK yang bisa diterima oleh anak-anak berikutnya. Anak dapat belajar tentang musik dan tari lewat permainan yang berkaitan dengan musik dan tari. Misalnya guru mengajak anak untuk memainkan alat musik yang sederhana seperti maracas ataupun menari mengikuti irama musik. Selain itu, guru juga bisa mengajarkan musik dan tari dengan teknik lainnya.

10.  Belajar Tentang Sosialisasi

Contoh Materi Les Anak TK

Berikutnya dalam contoh materi les anak TK yang dapat diajarkan yaitu belajar tentang sosialisasi. Anak-anak dapat mempelajari tentang sikap dan perilaku sosial dengan mudah lewat permainan yang dilakukan dengan orang banyak. Contoh permainan yang dapat dilakukan antara lain bermain petak umpet ataupun berolahraga bersama dengan teman-teman di tempat les dan guru-guru di sana.

11.  Belajar Tentang Seni

Saat mengenyam pendidikan di tempat les, anak-anak juga dapat belajar tentang seni. Proses pembelajaran tentang seni bisa dilakukan lewat sejumlah permainan yang menarik. Adapun permainan yang bisa dilakukan antara lain menggambar ataupun membuat kerajinan tangan dari berbagai bahan alami di sekitar. Dengan begitu, anak akan belajar lebih kreatif dan mengenal seni lebih mendalam.

12.  Belajar Alam

Contoh materi les anak TK yang dapat diajarkan oleh guru-guru selanjutnya yaitu belajar tentang alam. Anak-anak dapat belajar tentang alam lewat permainan alam yang bersama-sama seperti berjalan-jalan di taman ataupun berkemah. Dengan begitu, anak-anak akan merasa lebih dekat kepada alam dan mengenal alam sekitar. Diharapkan anak tidak takut dengan alam sekitar dan justru bersahabat dengan alam.

13.  Mengenal Waktu

Mengenal waktu ternyata termasuk dalam contoh materi les anak TK yang bisa dipelajari. Walaupun untuk memperkenalkan waktu tergolong sulit, anak bisa dibantu lewat pelajaran yang menyenangkan. Orangtua dan guru di tempat les bisa membantu anak-anak dengan memperkenalkan waktu dalam aktivitas sehari-hari. Misalnya saja, memberitahu mereka jam berangkat sekolah, jam waktu makan, dan masih banyak lagi.

14.  Sains

Sains juga bisa dimasukan dalam contoh materi les anak TK yang bisa mulai diberikan untuk mereka. Lewat sains, anak-anak akan belajar tentang hewan, tumbuhan, cuaca, tubuh mereka, dan masih banyak lagi lewat panca indera mereka masing-masing. Pelajaran sains tersebut biasanya akan lebih mudah diingat oleh anak-anak lewat eksperimen. Hal itu karena mereka akan senang dengan hasil eksperimen ilmu sains yang dilihat dan dilakukan.

Itulah beberapa contoh materi les anak TK yang bisa diajarkan oleh guru-guru atau orang tua untuk anak-anaknya. Dengan materi tersebut, diharapkan anak-anak TK bisa lebih mudah belajar dan memahami berbagai hal.