Jurusan Data Analyst di Indonesia: Jurusan Dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Jurusan Data Analyst di Indonesia

Jurusan Data Analyst di Indonesia: Jurusan Dengan Prospek Kerja Menjanjikan – Di zaman sekarang, banyak sekali profesi yang cukup menjanjikan dan menjadi incaran bagi para mahasiswa. Salah satu di antara profesi yang tergolong menjanjikan di era digital seperti sekarang adalah data analyst. Profesi tersebut cocok bagi Anda yang senang berada di depan komputer serta mengolah data agar bisa mengetahui trend terbaru. Jika tertarik, segera daftarkan diri di jurusan data analyst di Indonesia.

Perlu Anda ketahui, profesi data analyst mengharuskan pekerjanya fokus untuk meneliti informasi dengan menganalisa data. Nantinya hasil analisa tersebut dipakai oleh klien, perusahaan, atau mitra kerja dalam mengambil keputusan penting bagi perkembangan usahanya. Bukan itu saja, Anda juga akan mengidentifikasi fakta dan tren yang sedang ramai di tengah masyarakat.

Program Studi yang Berkaitan Dengan Jurusan Data Analyst di Indonesia

Sebagai informasi, sebenarnya tidak ada kampus yang memiliki jurusan data analyst di Indonesia. Walaupun begitu, Anda tetap bisa mengenyam pendidikan di beberapa jurusan yang berkaitan dengan data analyst. Sebab analis data sebenarnya mempunyai latar belakang yang beragam dan tak ada satu jurusan mutlak untuk menjadi seorang data analyst. Hal yang terpenting dalam data analyst yaitu mempunyai pemahaman kuat tentang beberapa bidang.

Bidang tersebut di antaranya statistik, analis data, serta keterampilan pemrograman. Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa rekomendasi jurusan bagi Anda yang ingin bekerja di bidang data analyst.

1.      Statistika

Jurusan Data Analyst di Indonesia

Jurusan data analyst di Indonesia yang relevan pertama adalah statistika. Sebagai informasi, ilmu statistika merupakan dasar penting untuk analisa data. Mengenyam pendidikan di jurusan yang berkaitan dengan analisis data seperti ini bisa memberikan Anda pemahaman yang dalam tentang metode statistik dan dipakai dalam analisis data. Ada sejumlah kampus dengan jurusan statistika yang bisa Anda pilih.

2.      Teknik Informatika

Rekomendasi jurusan untuk profesi data analyst di Indonesia berikutnya adalah Teknik Informatika. Perlu diketahui, banyak pekerjaan di bidang analis data yang memerlukan bahasa pemrograman seperti SQL, Python, atau R yang bisa Anda pelajari saat berkuliah di jurusan Teknik Informatika. Bukan hanya itu, Anda juga akan mendapat informasi tentang basis data, pengolahan data, algoritma, dan lainnya yang diperlukan dalam data analis.

3.      Ilmu Komputer

Ilmu komputer juga relevan dengan jurusan data analyst di Indonesia dan bisa Anda pilih untuk jenjang pendidikan selanjutnya. Bukan tanpa alasan, jurusan Ilmu Komputer bisa memperkuat pemahaman Anda tentang berbagai hal mulai dari pengolahan data, pemrograman, serta teknologi informasi. Tak heran jika Ilmu Komputer sering disebut sebagai jurusan data analyst.

4.      Data Science / Sains Data

Jika berbicara tentang jurusan yang relevan dengan data analyst, tentu jurusan Sains Data atau Data Science wajib menjadi rekomendasi berikutnya. Saat ini, jurusan Sains Data sudah dibuka sebagai salah satu program sarjana dan tersedia di sejumlah kampus, seperti IPB. Pada umumnya, perkuliahan Sains Data dirancang secara khusus untuk persiapan karir di dunia analisis data yang tentunya berkaitan dengan profesi tersebut.

5.      Matematika

Walaupun tampaknya tidak secara langsung termasuk jurusan data analyst di Indonesia, namun jurusan Matematika bisa membekali Anda dengan dasar ilmu di bidang matematika yang cukup kuat. Sebagai informasi, matematika sendiri termasuk dasar dari berbagai teknik analisis data, terutama di bidang statistik dan pemodelan. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda memilih jurusan Matematika.

Prospek Pekerjaan di Bidang Data Analyst

Jurusan Data Analyst di Indonesia

Berbicara tentang jurusan data analyst di Indonesia, tentu erat kaitannya dengan prospek pekerjaan di dunia data analyst. Perlu dipahami bahwa prospek pekerjaan di bidang data analyst di era digital seperti sekarang begitu menjanjikan. Bukan hanya itu, lingkup pekerjaannya juga beragam, bisa di lembaga keuangan, perusahaan, lembaga survei, lembaga pemerintahan, sampai lembaga sosial. Bahkan Anda juga bisa membuka usaha sendiri.

Bukan hanya itu, sebagai seorang data analyst Anda berpeluang untuk mengembangkan diri dengan berbagai pekerjaan lain yang sejalan. Misalnya saja menjadi data architect, data scientist, database administrator, database manager, dan lainnya. Oleh sebab itu, Anda tak perlu merasa bingung ketika mencari pekerjaan yang masih berkaitan dengan minat data analyst tersebut.

Menariknya lagi, Anda pun tetap bisa menjadi seorang data analyst walaupun baru lulus dari jurusan data analyst di Indonesia. Pasalnya tak semua perusahaan atau lembaga mencari seorang data analyst senior. Terdapat jenjang karir yang pasti dalam profesi sebagai data analyst, yaitu:

1.      Data Analyst Entry Level

Sebagai pemula dan baru lulus dari jurusan data analyst di Indonesia, Anda akan memulai karir dengan bekerja di posisi entry level terlebih dulu atau yang sering disebut sebagai junior data analyst. Di posisi ini, Anda bertanggung jawab untuk data cleaning, ekstrak data, analisis data, serta membagikan hasil temuan data itu kepada pihak yang memerlukan seperti sales, ataupun tim marketing.

Walaupun begitu, Anda tetap dituntut mempunyai kemampuan analisis yang mumpuni serta berpikir kritis meskipun tergolong masih baru. Selain itu, di posisi entry level Anda akan masuk ke dalam sebuah tim dan bekerjasama untuk membantu supervisor dalam menganalisa data. Pada masa entry level, Anda dapat menyerap banyak ilmu yang berasal dari sesama tim ataupun supervisor yang bertugas.

2.      Mid Level

Sesudah lulus jurusan data analyst di Indonesia dan mempunyai cukup pengalaman di jenjang entry level, maka Anda akan melanjutkan karir ke mid level. Adapun seberapa cepat karir ke jenjang mid level data analyst bervariasi, dan biasanya tergantung ukuran perusahaan. Selain itu, kecepatan naik ke jenjang mid level juga ditentukan dengan kemampuan Anda berkembang dalam organisasi atau perusahaan tersebut.

Biasanya jenjang mid level data analyst setidaknya mempunyai dua sampai lima tahun pengalaman yang berkaitan dengan data. Selain itu, Anda juga perlu memahami pemrograman dengan baik dan mempunyai pengetahuan dalam tentang bahasa pemrograman lebih lanjut seperti R atau Python. Mid level data analyst juga mengharuskan Anda memahami tantangan bisnis serta dapat menghadirkan solusi berbasis data.

3.      Senior Level

Usai berada di posisi mid level minimal 5 tahun, seorang data analyst bisa naik ke jabatan yang lebih tinggi yakni senior level. Di posisi tersebut, Anda juga akan mendapat tugas manajerial. Karena itu,  tak ada salahnya untuk memperdalam di tingkat jurusan data analyst di Indonesia jenjang S2. Mengingat jenjang karir data analyst juga berkaitan erat dengan skill yang dimiliki oleh pekerjanya.

Skill yang dimaksud bukan berupa kemampuan teknis dan berkaitan dengan data semata. Sebab Anda juga dituntut memiliki skill lain seperti komunikasi, kolaborasi, soft skill, sampai adaptasi. Di jenjang senior level, Anda juga harus mengembangkan skill leadership karena akan mengarahkan, memimpin, serta mengatur seluruh proyek analisis data. Tanggung jawab Anda juga akan bertambah dan mengembangkan keahlian tim.

4.      Spesialisasi

Jenjang karir bagi yang mengenyam pendidikan di jurusan data analyst di Indonesia berikutnya adalah data analyst spesialisasi. Di jenjang spesialis, Anda nantinya mulai memilih serta mengasah keahlian di bidang tertentu dan sesuai keinginan. Misalnya Anda berkeinginan fokus mengelola data di bidang keuangan, kesehatan, machine learning atau bidang lainnya.

Mengingat banyaknya keperluan data analyst di hampir semua sektor industri, Anda pun juga bisa lebih mudah memilih salah satunya yang sesuai dengan bidang minat, seperti insurance underwriting analyst, financial analyst, operations analyst, social data analyst, healthcare analyst, digital marketing analyst, machine learning analyst, serta system analyst. Semua bidangnya dapat Anda pilih sesuai bidang yang dikuasai.

5.      Konsultan

Apabila Anda lulusan jurusan data analyst di Indonesia dan telah berkarir selama 6 sampai 7 tahun di dunia data analytics, maka bisa melebarkan karir sebagai seorang konsultan data analytics. Sebab pada dasarnya konsultan melakukan pekerjaan yang hampir sama seperti data analytics. Tetapi mereka mempunyai bermacam klien berbeda antara sebuah perusahaan dengan perusahaan lain.

Sebagai seorang konsultan data analytics, Anda akan bertanggung jawab memberikan saran dan masukkan yang berkaitan dengan rencana klien atau perusahaan. Oleh karenanya, Anda perlu mempunyai pemahaman yang kuat terkait data management system serta kemampuan strategic analytics. Dengan begitu, Anda akan dicap sebagai konsultan data analis profesional dan dipercaya oleh banyak klien.

Keahlian Penting untuk Menjadi Seorang Data Analyst

Jurusan Data Analyst di Indonesia

Tak hanya latar belakang jurusan data analyst di Indonesia yang relevan, tentu ada sejumlah skill yang Anda butuhkan untuk menjadi seorang data analyst. Oleh karenanya, Anda perlu persiapkan diri supaya menjadi seorang ahli sekaligus pembeda ketika mencari pekerjaan. Di bawah ini ada beberapa skill dasar yang bisa membawa Anda melesat jauh dalam karir sebagai seorang data analyst:

1.      Pengetahuan dan Ketajaman di Dunia Bisnis

Seorang data analyst harus memahami konteks bisnis di balik data yang sedang dianalisa. Kemampuan untuk menghubungkan antara temuan analitis dan strategi bisnis nantinya membuat Anda menjadi aset berharga bagi sebuah perusahaan.

2.      Analisis Statistik

Dengan belajar di jurusan data analyst di Indonesia, Anda juga harus mempunyai keahlian analisis statistik seperti pengujian hipotesis, regresi, serta metode analisis lainnya. Semua hal itu penting untuk mengelola data dengan benar.

3.      Visualisasi Data

Keahlian yang diperlukan berikutnya yaitu kemampuan mengkomunikasikan temuan analitis lewat visualisasi yang menarik serta mudah dipahami. Sejumlah tools seperti PowerBI dan Tableau bisa menunjang visualisasi data tersebut.

Baca Juga: Nilai Rata-Rata Masuk UIN Jakarta 2024, Cek Agar Bisa Diterima

Itulah pembahasan seputar jurusan data analyst di Indonesia yang menjadi incaran di kalangan peserta didik. Dalami semua keahlian yang diperlukan agar Anda bisa menjadi seorang data analyst profesional.