10 Universitas dengan Jurusan MBA di Indonesia Terfavorit

Jurusan MBA di Indonesia

10 Universitas dengan Jurusan MBA di Indonesia Terfavorit РApakah Anda termasuk mahasiswa yang sudah menyelesaikan jenjang pendidikan S1 bisnis dan administrasi? Jika iya, mungkin terpikirkan untuk melanjutkan pendidikan di jurusan bisnis dan administrasi ke jenjang lebih tinggi yakni S2. Kalau demikian, maka Anda bisa melanjutkan studi ke jurusan Master of Business AdministratioN di Indonesia yang tersedia di sejumlah kampus dengan kelebihan dan keunggulannya tersendiri.

Selain itu, melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi yakni S2 merupakan pilihan menarik untuk dilakukan banyak orang di zaman sekarang. Ini bukan tanpa alasan, melanjutkan pendidikan di program studi MBA merupakan nilai tambah sebagai kandidat ketika mengikuti tahap rekrutmen karyawan atau membuka bisnis sendiri. Bagi Anda yang tertarik dengan jurusan tersebut, bisa Anda simak informasinya di bawah ini.

Mengenal Jurusan MBA di Indonesia

Sebelum membahas lebih jauh tentang jurusan MBA di Indonesia, sudahkah Anda mengenal program MBA itu sendiri? Sebagai informasi, MBA adalah gelar pendidikan yang didapat seorang mahasiswa usai menempuh pendidikan di jenjang S2 untuk program studi bisnis dan administrasi. MBA sendiri berarti gelar yang mempunyai kepanjangan Magister Business Administration.

Karena itu, MBA menjadi gelar pendidikan tertinggi sesudah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan S2 di program administrasi dan manajemen bisnis. Perlu Anda ketahui, MBA sama seperti MM atau singkatan dari Magister Manajemen, yang membuat keduanya sama. Hanya saja, sejumlah kampus di Indonesia untuk jenjang pendidikan S2 bisnis dan manajemen ada yang memberikan gelar MM, ada juga memberi gelar MBA.

Banyak kampus yang menyediakan jurusan Master of Business AdministratioN di Indonesia untuk semua mahasiswa. Kabarnya, gelar MBA diberikan untuk membantu lulusan kampus tersebut dalam meniti karir di luar negeri. Sebab gelar MM kurang familiar di industri luar negeri, sedangkan galer MBA cukup familiar disana. Biasanya mahasiswa mengambil gelar MBA di Indonesia karena alasan beragam.

Setiap individu atau mahasiswa berhak menempuh jurusan MBA dengan berbagai alasan. Tidak jarang mahasiswa mengambil program studi jurusan MBA untuk karir atau memperdalam pemahaman yang berkaitan dengan bisnis dan administrasi. Durasi menempuh program MBA di Indonesia umumnya selama 1.5 tahun, tetapi bisa lebih lantaran dipengaruhi oleh sejumlah faktor tertentu.

PTN Jurusan MBA dan Biaya Kuliah di Indonesia

Bagi Anda yang berniat melanjutkan pendidikan di jenjang MBA, maka bisa memilih kampus dengan mudah. Bukan tanpa alasan, sudah tersedia beberapa PTN dengan jurusan MBA di Indonesia yang bisa dipilih oleh para peserta didik. Anda pun bisa mengenyam pendidikan di sana selama bisa lolos seleksi. Bagi Anda yang penasaran, berikut ini ada beberapa PTN di Indonesia yang menyediakan jurusan MBA.

1.      UGM

Jurusan MBA di Indonesia

UGM menjadi PTN yang menyediakan jurusan Master of Business AdministratioN di Indonesia dan dapat dipilih oleh semua mahasiswa. Sebagai informasi, Anda yang berkuliah program MBA di UGM hanya perlu membayar UKT di setiap semesternya. Sebab UGM tidak membebankan uang gedung atau uang pangkal. Untuk biaya kuliahnya sendiri tergolong cukup mahal mulai dari Rp 11 sampai Rp 60 juta per satu semesternya.

2.      UNAIR

UNAIR juga menjadi PTN yang menyediakan jurusan MBA untuk dipilih oleh para calon mahasiswa S2. Para mahasiswa S2 program MBA di Universitas Airlangga atau UNAI harus membayar Uang Kuliah Semester atau UKS setiap semesternya dan UKA sebagai uang pangkal dan harus lunas sejak awal perkuliahan. Untuk biaya UKA MBA di Unair berkisaran Rp 0 sampai Rp 75 juta, sedangkan biaya UKS berkisar Rp 8 s/d Rp 30 juta per semester.

3.      ITB

Jurusan MBA di Indonesia

Jurusan MBA di Indonesia yang tersedia di ITB terdapat di beberapa kampus, yaitu di jakarta dan Bandung. Agar dapat menempuh program Magister Administrasi Bisnis di ITB, Anda harus mengeluarkan uang mulai dari Rp 25 juta per satu semester. Sedangkan jika memilih program non executive MBA atau double degree, Anda perlu membayar Rp 30 juta per semester. Adapun biaya executive MBA atau double degree, sekitar Rp 40 juta per semester.

4.      IPB

Institut Pertanian Bogor juga menyelenggarakan program MBA untuk calon mahasiswanya. Terdapat tiga jalur yang dapat Anda pilih, yaitu Jalur Khusus, Jalur Reguler, serta Jalur Penelitian. Untuk biaya yang harus dikeluarkan dalam jalur reguler ditetapkan mulai dari Rp 9 juta per satu semester. Sedangkan Jalur Khusus mengharuskan siswa membayar Rp 10 sampai Rp 15 juta per semester.

5.      Universitas Indonesia

Bagi Anda yang ingin belajar di jurusan MBA di Indonesia yang tersedia di Universitas Indonesia, maka harus membayar UP atau Uang Pangkal dan BOP yakni Biaya Operasional Pendidikan. Besaran uang pangkal yang harus dibayar peserta didik berkisar Rp 7 juta sampai Rp 68 juta. Sementara itu, biaya operasional di UI berkisar antara Rp 1,5 juta sampai Rp 60 juta per satu semester.

PTS Jurusan MBA di Indonesia dan Biaya Kuliahnya

Tak hanya Perguruan Tinggi Negeri, jurusan MBA di Indonesia juga tersedia di sejumlah Perguruan Tinggi Swasta populer Indonesia. PTS dengan program studi MBA ini cocok untuk Anda yang gagal lolos seleksi masuk PTN. Berikut ini ada beberapa PTS Indonesia yang menyediakan program MBA.

1.      Telkom University

Telkom menjadi PTS yang menyediakan jurusan MBA di Indonesia terbaik. Universitas Telkom dengan program studi MBA termasuk baru karena baru berdiri di bulan Agustus tahun 2013 lalu. Walaupun begitu, Telkom tetap menyediakan program pelajaran yang mumpuni untuk semua siswa. Biaya kuliah MBA di Telkom University beragam mulai dari Rp 10 juta per semester.

2.      Prasetiya Mulya

Jurusan MBA di Indonesia

Prasetiya Mulya juga menjadi PTS yang menyediakan jurusan MBA terbaik di Indonesia. Diketahui, jurusan Manajemen Bisnis termasuk ke dalam salah satu program studi yang begitu populer di PTS tersebut. Tak hanya MBA, tersedia juga beberapa jurusan menarik seperti Bisnis Ekonomi, Bisnis Perhotelan, Bisnis Internasional, Pemasaran, sampai Akuntansi. Biaya mengenyam pendidikan MBA di PTS tersebut mulai dari Rp 12 juta per semester.

3.      Universitas Bina Nusantara

PTS yang menyediakan jurusan MBA di Indonesia berikutnya ada Universitas Bina Nusantara atau lebih dikenal dengan sebutan BINUS University. Sebagai informasi, BINUS University dikenal sebagai universitas swasta terbaik dan telah disorot untuk pendidikan jurusan Bisnis dan Manajemennya. Biaya kuliah jurusan MBA di BINUS University sendiri tergolong mahal, mulai dari Rp 22 juta per satu bulannya.

4.      Universitas Nusa Mandiri

UNM menjadi Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia berikutnya yang menyediakan jurusan MBA. Universitas ini mempunyai beberapa kampus di lokasi berbeda dengan kelebihannya tersendiri. Anda bisa mendaftarkan diri ke UNM secara online untuk menjadi salah satu siswa jurusan MBA di sana. Biaya kuliah yang harus dikeluarkan yakni Rp 4 juta per semester.

5.      Universitas Paramadina

Anda juga bisa belajar di jurusan MBA di Indonesia yang tersedia di Universitas Paramadina. PTS satu ini mempunyai jurusan Manajemen Bisnis yang sangat populer di jakarta dan terkenal dengan sebutan peradaban. Bukan hanya itu, di kampus tersebut juga terbuka dan mengedepankan nilai agama islam, modernisasi, dan kebhinekaan dalam pembelajarannya. Biaya kuliah MBA di Universitas Paramadina berkisar Rp 8 juta per semester.

Prospek Kerja Jurusan MBA di Indonesia

Berbicara tentang jurusan MBA di Indonesia, tidak sedikit mahasiswa yang merasa penasaran dengan prospek kerja setelah lulus dari program pendidikan tersebut. Anda tak perlu khawatir, sebab berkuliah di jurusan MBA menghadirkan kurikulum yang memungkinkan untuk meningkatkan keterampilan dan membuatnya sangat populer. Berikut ini ada beberapa prospek kerja bagi para lulusan MBA di Indonesia.

1.      Finance

Setelah lulus dari jurusan MBA di Indonesia, Anda bisa melamar pekerjaan dan berkarir di bidang finance. Agar bisa bekerja di bidang ini, Anda bisa melanjutkan studi pascasarjana MBA dan memilih spesialisasi finance. Dengan begitu, Anda dapat belajar seluk beluk dunia finance lebih rinci.

Apabila Anda mempunyai gelar sarjana di bidang finance, belajar di jurusan tersebut akan membantu menyempurnakan pengetahuan serta keterampilan yang dimiliki untuk mulai berkarir di bidang finance. Prospek karir yang bisa ditempuh cukup beragam mulai dari manajemen risiko, corporate finance, international finance, dan analisis investasi.

2.      Manajemen Umum

Manajemen umum menjadi spesialisasi yang paling populer dalam jurusan MBA di Indonesia lantaran mencakup topik yang lebih bervariasi. Lulusan MBA manajemen umum mengajarkan mahasiswa terkait persyaratan profesional serta personal dalam mengelola sebuah tim dalam bisnis maupun perusahaan kecil.

Program MBA tersebut bisa berfokus pada strategi perusahaan, manajemen personalia, hukum bisnis, manajemen UX, dan masih banyak lagi. Lulusan program MBA manajemen umum adalah kandidat paling tepat untuk menempati posisi tingkat lanjutan dalam perusahaan seperti Chief Financial Officer, Chief Executive Officer, dan manajer bidang atau departemen.

3.      Marketing

Belakangan ini, lulusan marketing atau pemasaran cukup banyak dicari. Menariknya, Anda bisa memilih jurusan MBA di Indonesia yang berfokus pada marketing. Dengan begitu, jenjang pendidikan tersebut akan mengarahkan Anda ke jalur karir di dunia industri yang belum tentu dapat dilakukan oleh jurusan lainnya.

Sistem pengajaran yang detail tentang marketing pada program MBA ini bisa membuat Anda menjadi aset berharga di semua lini bisnis. MBA dengan spesialisasi marketing mempunyai kurikulum perkuliahan yang fokus terhadap aspek manajerial.

Baca Juga: Jurusan Data Analyst di Indonesia: Jurusan Dengan Prospek Kerja Menjanjikan

Itulah pembahasan seputar jurusan MBA di Indonesia di beberapa kampus ternama yang dapat Anda jadikan tujuan pendidikan berikutnya. Dengan begitu, Anda tak perlu bingung melanjutkan pendidikan di jenjang apa.