5 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar dan Wajib Dicoba

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

5 Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar dan Wajib Dicoba – Menempuh pendidikan di perguruan tinggi merupakan idaman semua siswa. Kendati demikian, tidak sedikit peserta didik yang merasa kurang dalam hal kepintaran. Mereka kerap kali merasa tidak percaya diri dan bingung memilih jurusan yang tepat untuk ditempuh. Jika Anda termasuk salah satunya maka tak perlu risau. Pasalnya ada beberapa jurusan kuliah untuk orang yang biasa saja di Indonesia.

Dengan begitu, Anda bisa menempuh pendidikan lebih mudah tanpa mengalami kesulitan untuk memahami sekaligus belajar materinya. Kendati demikian, Anda jangan sampai merasa kurang percaya diri hanya karena tidak terlalu pintar dalam pelajaran. Untuk mengatasi masalah tersebut, sebaiknya temukan salah satu bidang yang sesuai dengan diri sendiri dan belajar bidang itu di tempat kuliah impian.

Bagi orang tua atau Anda sendiri yang merasa mempunyai tingkat kecerdasan biasa saja alias tidak terlalu pintar, perlu bersikap tenang dan bijak. Adapun salah satu langkah tepat dan harus diambil adalah mendaftar segera ke beberapa jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar. Dengan begitu, Anda bisa tetap menempuh pendidikan di bangku kuliah dan lulus tepat waktu karena menguasai materinya.

Di Indonesia sendiri banyak jurusan kuliah untuk mereka yang merasa tidak terlalu pintar dan bisa ditempuh sekarang juga. Apa saja jurusan tersebut? Anda bisa simak rekomendasi selengkapnya di bawah ini.

1.      Ilmu komunikasi

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Pertama dalam jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar yaitu Ilmu Komunikasi. Sebagai informasi, Ilmu Komunikasi menjadi salah satu jurusan perguruan tinggi yang memiliki banyak peminat siswa SMA sederajat dengan tingkat kepintaran biasa saja atau standar. Menariknya, beberapa kampus ternama di Indonesia sudah menyediakan jurusan Ilmu Komunikasi yang bisa dipilih oleh calon mahasiswa.

Perlu Anda ketahui, jurusan kuliah Ilmu Komunikasi menuntut siswanya untuk memiliki kemampuan serta keterampilan yang baik, dalam bidang komunikasi secara lisan maupun tulisan. Bagi Anda yang tertarik melanjutkan pendidikan di Ilmu Komunikasi, ada beberapa jurusan yang bisa dipilih yaitu Jurnalistik, Periklanan, Public Relation, serta Analis Media. Pilih salah satu jurusan yang dirasa sesuai dan cocok dengan diri Anda sendiri.

2.      Jurusan Tata Boga

Tata Boga menjadi rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang biasa saja berikutnya dan bisa Anda pilih. Sebagai informasi, jurusan Tata Boga tidak mengharuskan peserta didik membutuhkan otak yang cerdas ataupun kemampuan bagus dalam menghafal. Selain itu, jurusan Tata Boga juga tidak menuntut peserta didik memiliki kemampuan dalam menghitung yang baik.

Sebab yang dibutuhkan jika belajar di jurusan Tata Boga adalah keterampilan memasak serta membuat hidangan yang terasa lezat sekaligus menarik. Adapun keterampilan memasak dapat ditingkatkan dengan melatih diri lewat bermacam kursus memasak selain kuliah di jurusan tata boga. Menariknya lagi, prospek kerja bagi para lulusan dari jurusan tata boga tergolong bagus dan ditemukan di berbagai tempat menarik.

3.      Desain

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar dan cocok didaftarkan adalah Desain. Sebagai informasi, jurusan perguruan tinggi desain tidak membutuhkan otak yang sangat cerdas. Sebab yang dibutuhkan bagi para mahasiswa desain adalah keterampilan terutama dalam hal mendesain. Desain yang dimaksud antara lain desain interior, desain busana, desain produk, desain grafis, dan masih banyak lagi.

Jurusan desain begitu cocok bagi Anda yang sadar dirinya tidak memiliki kepintaran standar alias tak terlalu pintar, namun mempunyai kemampuan di bidang mendesain. Oleh sebab itu, langkah yang perlu dilakukan oleh orang-orang seperti ini adalah memilih jurusan ketika hendak melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Hal itu juga dapat didasarkan dengan minat, kesesuaian bakat, serta kemampuan yang ia miliki.

4.      Jurusan Bahasa dan Sastra

Bagi Anda yang merasa kurang pintar, maka Bahasa dan Sastra termasuk ke dalam salah satu jurusan kuliah untuk orang yang biasa saja untuk dipilih berikutnya. Ada beberapa jenis Bahasa dan Sastra yang dipilih seperti Belanda, Arab, Spanyol, Prancis, Jerman, dan masih banyak lagi. Mahasiswa jurusan dan sastra hanya mementingkan kekuatan untuk menghafal kosa kata dan keterampilan berbicara dalam bermacam bahasa.

Kuliah di jurusan Bahasa dan Sastra sejatinya tak jauh berbeda dengan jurusan musik. Sementara itu, orientasi kerja bagi mereka yang lulus dari Bahasa dan Sastra yaitu menjadi penerjemah bahasa. Selain itu, prospek pekerjaan yang bisa dipilih adalah pembuat maupun penulis karya seni jurnalistik dalam bermacam bahasa. Anda bisa menemukan jurusan Bahasa dan Sastra di Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta di Indonesia.

5.      Hubungan Internasional

Jurusan Kuliah untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang biasa saja berikutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Jurusan Hubungan Internasional memang tidak menuntut peserta didik memiliki otak yang cerdas. Tetapi yang dibutuhkan bagi peserta didik di jurusan Hubungan Internasional adalah kemampuan bergaul serta berkomunikasi secara internasional demi menunjang pendidikan.

Oleh karenanya, jurusan Hubungan Internasional begitu cocok untuk mahasiswa yang tak terlalu pintar namun mempunyai kemampuan dalam berbahasa asing yang bagus, seperti bahasa Mandarin, Inggris, dan lain-lain. Sementara itu, prospek kerja dari lulusan jurusan Hubungan Internasional begitu luas, yakni bekerja di perusahaan multinasional, PBB, dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Jurusan Akuntansi Belajar Apa Saja, Ternyata Ini Jawabannya

Itulah beberapa jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar dan bisa Anda pilih sekarang juga. Ada baiknya Anda memilih salah satu jurusan yang sesuai dengan minat dan kemampuan diri sendiri.