Informasi Pengumuman dan Pendaftaran SNMPTN 2022, Simak Ini

Pendaftaran SNMPTN 2022

Informasi Pengumuman dan Pendaftaran SNMPTN 2022, Simak Ini – Informasi tentang kapan pengumuman dan pendaftaran SNMPTN 2022 mungkin dibutuhkan Oleh anda yang ingin mencoba mendaftar. Melanjutkan jenjang pendidikan sampai ke tingkat perkuliahan tentu menjadi impian setiap Siswa yang baru lulus SMA Atau sederajat. Terlebih lagi masuk ke perguruan tinggi negeri.  salah satu jalur yang bisa ditempuh yaitu lewat SNMPTN.

SNMPTN merupakan seleksi yang harus dilewati Oleh setiap calon mahasiswa agar bisa berkuliah di berbagai perguruan tinggi negeri Indonesia. Setiap tahunnya, seleksi ini selalu diselenggarakan di berbagai kota di Indonesia. SNMPTN sendiri merupakan program penerimaan mahasiswa baru lewat tes tulis mulai diterapkan tahun 2008 silam. Akan tetapi, kita banyak yang belum mengetahui apa sebenarnya seleksi ini.

Bagi Anda yang sedang mencari informasi seputar SNMPTN 2022, ulasan kali ini kami akan memberikan sejumlah pembahasannya. Diharapkan setelah membaca artikel ini pemahaman Anda seputar tes seleksi tertulis ini semakin meningkat. Selanjutnya, jika suatu saat ingin mengikuti tes SNMPTN di tahun-tahun selanjutnya maka bisa dilakukan dengan mudah.

Pengertian SNMPTN

SNMPTN adalah kepanjangan seleksi penerimaan mahasiswa baru. Secara singkat, kegiatan ini merupakan seleksi bagi para  SMA atau SMK sederajat dan menjadi persyaratan penting untuk masuk ke perguruan tinggi prestasi akademik atau dengan sistem portofolio.

Menjadi penilaian penting dari seleksi ini yaitu berdasarkan nilai raport maupun prestasi lainnya yang dimiliki oleh siswa tersebut. Ini memiliki perbedaan dengan SBMPTN yang punya sistem seleksi yang berpijak pada ujian tertulis berbasis komputer atau UTBK.

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN yang lain adalah dari segi waktu pelaksanaan. Pada umumnya, pelaksanaan SNMPTN lebih duluan dibandingkan dengan SBMPTN. Disamping itu, jumlah kuota mahasiswa bisa diterima juga memiliki perbedaan.

Syarat SNMPTN 2022

Berdasarkan dari peraturan SNMPTN 2022, Mereka yang berhak ikut serta mendaftar jadi peserta SNMPTN antara lain sebagai berikut:

  • Siswa-siswi yang berasal dari SMA/MA/SMK Kelas 12 di tahun 2022 yang punya prestasi.
  • Mempunyai NISN yang sudah didaftarkan pada PDSS . Untuk mengecek NISN ini, bisa melalui situs NISN. Apabila nomor yang dimiliki pada situs berbeda, Harus segera berkonsultasi ke guru BK pada tiap-tiap sekolah.
  • Mempunyai nilai raport dari semester 1 hingga 5 bagi siswa SMA/MA, SMK/MAK tiga tahun Atau nilai mulai dari semester 1 hingga semester 7 untuk siswa SMK/MAK 4 tahun dan telah diisi di PDSS.
  • Sejumlah prestasi akademik
  • Persyaratan lainnya ditentukan oleh masing-masing perguruan tinggi negeri.

Akan tetapi tidak semua siswa dapat mendaftar SNMPTN.  Pada umumnya, siswa yang bisa mendaftar pada setiap sekolah hanya dibaca dan dilihat dari akreditasinya. Jika melihat dari aturan tahun 2020, maka porsi siswa yang dapat mengikuti SNMPTN   proporsinya berdasarkan prosentase.

Sekolah yang punya akreditasi A dapat mendaftarkan maksimal 40% siswanya. Berikutnya, sekolah dengan akreditasi B dapat mendaftarkan maksimal 25% siswa.  sementara bagi sekolah yang punya akreditasi C dan yang lain pendaftarannya maksimal 5% dari siswa.

Jadwal SNMPTN 2022

Perbedaan SNMPTN dan SBMPTN

Berikutnya, tentang jadwal pendaftaran SNMPTN 2022,  adalah sebagai berikut:

  • Pendaftaran akun ltmpt dilakukan pada 4 januari-1 Februari 2022
  • Siswa yang eligible ditentukan pihak sekolah mulai dari tanggal 4 Januari -8 Februari 2022
  • Pengisian PDSS dilakukan dimulai dari 11 Januari- 8 Februari 2022
  • Pendaftaran SNMPTN dilakukan mulai dari tanggal 15-24 Februari 2022
  • Informasi hasil pengumuman SNMPTN dilakukan pada 22 Maret 2022
  • Berikutnya, pendaftaran ulang peserta yang sudah lulus, akan mengikuti kebijakan dari tiap-tiap perguruan tinggi negeri yang menyelenggarakannya.

Cara Daftar SNMPTN 2022

Selanjutnya, cara daftar SNMPTN 2022 yaitu siswa yang telah punya akun LTMPT, pihak sekolah menyatakan eligible, dan data-data yang sudah dah tercantum pada PDSS telah dilengkapi baik. Sebelum mulai registrasi, siswa yang punya kesempatan masuk PTN lewat jalur ini akan disarankan menyiapkan sejumlah, hal yaitu sebagai berikut:

  • Mencari dan memilih perguruan tinggi negeri serta jurusan yang paling diminati .
  • Menyiapkan sejumlah sertifikat yang dapat menunjukkan capaian prestasi apa saja yang sudah di miliki saat sekolah.
  • Melengkapi berkas berkas portofolio dalam syarat di beberapa jurusan tertentu.

Di dalam surat edaran yang diterbitkan tim pelaksana LTMPT pada 14 Februari 2022, Disebutkan bahwa prosedur pendaftaran SNMPTN 2022 yaitu berikut ini :

  • Siswa melakukan login di situs ltmpt dengan memakai akun yang sudah diregistrasikan.
  • Berikutnya, siswa juga harus mengisikan apa saja kelengkapan data orang tua yang terdapat di profil.
  • Selanjutnya, siswa mendaftar SNMPTN dengan cara mengisi apa pilihan Prodi yang hendak diambil.  Ini dapat dilihat pada halaman pilihan.
  • Mengisi portofolio jika dibutuhkan, jurusan yang dipilih, dan jika tidak memerlukannya maka tidak perlu diisi.
  • Mengisi apa saja prestasi yang sudah diperoleh pada halaman prestasi.
  • Melakukan penyelesaian akhir di halaman finalisasi.
  • Kalau semua datanya sudah diisi dan yakin benar, maka isian tersebut tidak bisa dibatalkan lagi atau dirubah.  Oleh karena itu, cek dan Ricek harus dilakukan dengan baik.
  • Selanjutnya, siswa tinggal mengunduh serta mencetak kartu pendaftaran.

Hal yang harus diingat bahwa ketika mengisi halaman prestasi dan portofolio, harus sesuai ketentuan LTMP.  Pada halaman portofolio, format file yang diupload adalah ppt dan MP4. Sementara itu pada halaman prestasi, harus menyertakan apa apa bukti prestasinya dalam bentuk foto dengan ukuran maksimum 2 MB.

Cara Menghitung Nilai Rapor Untuk SNMPTN

Informasi tentang bagaimana cara menghitung nilai rapor untuk SNMPTN bagi siswa SMA dan  SMK akan kami berikan sebagai berikut.

  • Hitunglah setiap mata pelajaran wajib dan jurusan dimulai dari semester 1 sampai 5 . Mata pelajaran wajib SMA maupun SMK program antara lain matematika, bahasa Indonesia, dan bahasa Inggris. 
  • Mata pelajaran jurusan IPA antara lain fisika, biologi, dan kimia.
  • Pada jurusan IPS mata pelajaran jurusan antara lain sosiologi, geografi, dan ekonomi .
  • Pada program bahasa,  mata pelajaran jurusannya yaitu sastra Indonesia, antropologi, dan bahasa asing.
  • Untuk SMK Jurusan keahliannya yaitu keahlian teori maupun praktek.
  • Berikutnya, untuk menghitung nilai rata-rata yaitu menjumlahkan semua nilai di mata pelajaran A dibagi 5 (Semester 1 sampai 5 ).

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN  Lebih terlihat dari biaya tambahannya.  Keduanya merupakan jalur resmi untuk masuk ke perguruan tinggi di Indonesia. SNMPTN bisa dilakukan tanpa tes dan mengandalkan nilai rapor, nilai akademik serta non akademik.

Sementara itu pada SBMPTN merupakan jalur masuk yang mewajibkan pesertanya tes dahulu.  meskipun secara sekilas hampir punya kesamaan, akan tetapi SBMPTN mewajibkan mengikuti ujian tulis berbasis komputer atau UTBK.  Skornya akan menjadi syarat penting dan utama supaya dapat mendaftar SBMPTN.

Mengenai biaya kuliah perguruan tinggi negeri biasanya lebih murah daripada di universitas swasta. Jika telah lolos PTN, selanjutnya perlu membayar uang kuliah Tunggal atau UKT . Selain itu, perlu juga membayar BOP atau biaya operasional pendidikan.  Semua itu tergantung dari perguruan tinggi negeri pilihan, apakah menerapkan BOP atau UKT. Masing-masing punya besaran yang berbeda tergantung dari kebijakan kampus.

Disamping biaya UKT dan BOP, terdapat juga perguruan tinggi yang mewajibkan mahasiswanya membayar iuran lain. Contohnya, untuk biaya perlengkapan kuliah misalnya buku, alat tulis, tas, dan sebagainya. Perbedaan biaya kuliah lainnya juga ada di pendaftaran awal.  Ketika mendaftar SNMPTN, tidak perlu membayar biaya apapun. Sementara pada SBMPTN, wajib membayar besaran sesuai ketentuan LTMPT.

Saat membayar SBMPTN, biayanya di kisaran Rp200.000 untuk ujian soshum dan saintek. Sementara pada kelompok campuran biayanya Rp300.000. Pembayaran tersebut juga harus melalui bank sesuai ketentuan pelaksanaan, agar memperoleh kartu ujian.

Jadi, anda sudah mengetahui bahwa tidak terdapat perbedaan mencolok antara biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN. Apabila lolos salah satunya, tentu tetap harus membayar biaya UKT. Pada mahasiswa jalur mandiri, tentunya punya perbedaan biaya kuliah yang cukup signifikan.

Contoh Nilai Rapor yang Diterima SNMPTN

Nilai Rapor yang Diterima SNMPTN

Dilihat dari berbagai survei ada keseluruhan mata pelajaran siswa, bisa menjadi contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN. Contoh nilai rapor yang diterima SNMPTN akan diberikan berupa ilustrasi.

Misalnya, rata-rata peningkatan nilainya seorang siswa tidak kelihatan signifikan. Paling tinggi, kenaikan rata-rata Ada pada semester 1 dan 2. Meskipun demikian, kenaikannya juga tidak terlalu besar hanya di kisaran 4,67 saja. Selain itu, rata-rata nilai siswa di semester lima juga ada di angka 87, tidak mendekati angka sempurna yaitu 100. Dengan ilustrasi tersebut siswa bisa ikut SNMPTN.

Dapat disimpulkan bahwa contoh nilai raport yang dapat diterima SNMPTN adalah yang punya kecenderungan mengalami peningkatan jumlahnya kecil. Ini berarti anda dapat membuktikan kok bisa masuk ke Universitas yang diinginkan. Oleh karena itu, selama di bangku Sekolah Menengah Atas harus belajar sungguh-sungguh.

Hal berikutnya yang perlu diperhatikan bahwa nilai rata-rata per mata pelajaran makin meningkat. Dalam ilustrasi, nilai setiap mata pelajaran  misalnya tidak selalu meningkat. Contohnya, pada ekonomi, siswa di semester 2 dan 3 punya nilai stagnan yaitu 89. Pada semester 2 dan 3 nilainya cenderung menurun yaitu 82 ke 79.

Jadi, tidak usah mengawatirkan penurunan atau stabilan tersebut, karena masih bisa dipertimbangkan pihak kampus. Berikutnya, apa jurusan yang dipilih juga wajib diperhatikan nilainya, karena menunjukkan potensi kemampuan siswa. Contohnya, jika ingin masuk ke jurusan ekonomi tentu nilai ekonomi selama di SMA atau SMK menjadi pertimbangan pentingnya.

Logikanya seperti ini, saat memilih jurusan ekonomi tapi ternyata selama di sekolah nilainya jeblok maka tidak dianggap kompeten untuk masuk ke jurusan tersebut. Universitas nantinya akan ragu mengenai kemampuan yang dimiliki Anda.Di Saat kuliah nanti, tentunya pelajaran Ekonomi jauh lebih susah dibandingkan masa SMA.

Informasi tentang link pendaftaran SNMPTN 2022 memang sudah resmi dibuka oleh panitia pendaftaran. Waktu pendaftaran yang sendiri akan dilangsungkan mulai dari 15 Februari hingga 24 Februari 2022. Proses pendaftaran dapat dilakukan melalui situs LTMPT yaitu https://portal.ltmpt.ac.id/. Selanjutnya, setiap siswa yang sudah menjalani tes dan ingin memantau apakah lulus atau tidak ya itu di situs  https://pengumuman-snmptn.ltmpt.ac.id/.

Tips Lolos SNMPTN

Tips dan Trik Jitu Lolos SNMPTN

Semua siswa yang mengikuti proses seleksi ini tentu ingin lulus dan masuk ke perguruan tinggi impian mereka. Untuk mewujudkannya, Ada beberapa tips lolos SNMPTN yang bisa dilakukan yaitu sebagai berikut:

  • Mengecek perkembangan nilai raport

Dari banyak faktor, nilai raport semester kesatu sampai kelima harus diperhatikan dengan baik. Alasannya, nilai tinggi tidak selalu akan menjadi jaminan bisa lolos SNMPTN. Yang harus diperhatikan adalah bagaimana stabilnya nilai dari waktu ke waktu atau lebih baik semakin meningkat. Jika nilainya stabil cenderung semakin besar, maka peluang lolos SNMPTN jadi lebih baik.

  • Semakin memperbanyak prestasi

Berikutnya, giatlah belajar ketika SMA sehingga nilai akademik bisa semakin tinggi. Selain itu, lengkapi juga dengan prestasi non akademik misalnya dari berbagai sertifikat maupun piagam yang merupakan hasil dari perlombaan atau event. Jika memiliki kelebihan di bidang tertentu, ambil peluang untuk mengikuti kompetisi. Semakin banyak sertifikat atau piagam yang dimiliki, maka akan semakin besar peluang untuk lolos SNMPTN.

  • Membawa Portofolio Prestasi

Ketika mendaftar, cobalah untuk selalu membawa piagam penghargaan. Atau, dengan selalu memastikan sertifikat kompetensi, perlombaan atau kejuaraan yang diikuti tersedia. Panitia seleksi umumnya tidak hanya berfokus kepada nilai rapor saja, namun dilihat bagaimana Anda aktif mengikuti kegiatan sekolah juga. Jika tersedia portofolio prestasi akan menjadikan nilai lebih dibandingkan para pendaftar yang lainnya.

  • Mempelajari Jurusan Yang Hendak Dipilih

Menggali lebih dalam tentang jurusan yang Anda pilih akan membuat lebih siap untuk masuk ke perkuliahan. Terlebih lagi, jika paham juga tentang prospek karir di masa depan. Dengan paham lebih lanjut, jurusan tersebut juga akan lebih mudah untuk bisa dilalui. Misalnya, mencari kuota jurusan berapa jumlah pendaftar di sana dan nantinya Anda bisa lebih bijak memilih jurusan pada sebuah perguruan tinggi.

  • Memilih Jurusan Arternatif

Jika merasa grafik nilai raport belum cukup membantu, berarti kuota jurusan tersebut terbatas dan peminatnya tinggi. Solusinya, cobalah untuk mencari jurusan alternatif yang lain. Carilah informasi tentang jurusan yang peminatnya lebih sedikit terutama pada universitas yang sama. Ini bisa dicoba, asalkan jurusan alternatif tersebut memang sesuai dengan minat dan kapasitas anda.

  • Mencoba Mencari Universitas Lain

Hal ini cukup penting karena jika mengutamakan jurusan, tentu tidak masalah jika harus memilih Universitas yang lain. Ini menjadi strategi jika anda tetap ingin memilih jurusan tersebut Namun peminatnya dengan jumlah lebih sedikit. Tentunya, tidak akan menjadi masalah jika kuliah di universitas lain, asalkan jurusannya masih sama dengan yang ingin Anda ambil sebelumnya.

  • Jangan Hanya Ikut-ikutan Teman

Jika bisa lolos SNMPTN, tentu menjadi hal yang sangat menyenangkan. Akhirnya, bisa kuliah pada Universitas Negeri juga merupakan impian para lulusan SMA sederajat. Kadang, teman-teman SMA Memilih kampus yang sengaja dengan pilihan anda. Semua dilakukan dengan kesengajaan supaya menjaga kekompakan dan ingin selalu bersama-sama. Padahal, ini akan membuat peluang lolos SNMPTN Justru lebih kecil. Jadi, kalau ingin lolos lebih mudah maka sebaiknya memilih kampus PTN yang calon pendaftar nya cenderung lebih sedikit.

Itulah pembahasan tentang seluk beluk pengumuman dan pendaftaran SNMPTN tahun 2022. Berhasil Jangan berputus asa karena masih ada kesempatan lewat jalur lain. Hal yang penting juga adalah senantiasa belajar dan berusaha meningkatkan kapasitas dan kemampuan selama masa sekolah ini. Semoga kedepannya, bisa segera diterima di perguruan tinggi negeri favorit.