Pengertian Corn Starch Adalah, Panduan Memanfaatkannya dengan Tepat Terbaru 2023

Corn Starch Adalah

Pengertian Corn Starch Adalah, Panduan Memanfaatkannya dengan Tepat Terbaru 2023 – Corn Starch adalah karbohidrat yang diekstraksi dari endosperma jagung. Tepung putih ini juga dikenal sebagai tepung jagung atau maizena dan dapat digunakan dalam berbagai aplikasi pada dunia kuliner, kebutuhan rumah tangga, dan industri.

Bahan ini pertama kali ditemukan pada tahun 1844 di New Jersey, dan saat ini banyak diproduksi oleh negara-negara penghasil jagung seperti Amerika Serikat, Cina, Brasil, dan India.

Di dunia kuliner, penggunaan umum corn starch adalah sebabagi bahan pengental pada berbagai saus, gravy, sup, casserole, pai, dan hidangan penutup. Kehadirannya lazim ditemukan dalam beragam masakan di seluruh dunia, dimana masakan khas Amerika Utara dan Asia menjadi yang terbanyak dalam produksi dan penggunaannya.

Pengertian Corn Starch

Corn Starch Adalah

Seperti disinggung sebelumnya, corn starch adalah pati yang didapat dari hasil endosperma biji jagung. Ini berbeda dengan tepung terigu yang biasanya terbuat dari gandum. Corn starch terbuat dari jagung dan hanya mengandung karbohidrat (tanpa protein), sehingga merupakan produk bebas gluten.

Untuk alasan ini, corn starch adalah alternatif bebas gluten yang sangat baik untuk pengental tepung dalam resep kuah dan saus. Ini sering lebih disukai daripada tepung sebagai pengental karena gel yang dihasilkan transparan, bukan buram. Tepung ini juga relatif tidak berasa dan memberikan tingkat kekentalan hingga dua kali lipat.

Meski begitu, tepung terigu dan corn starch adalah bahan yang sama-sama bisa digunakan untuk adonan gorengan. Keduanya dapat digunakan bersama dalam makanan yang dipanggang seperti kue karena corn starch  akan melunakkan tepung terigu untuk menciptakan tekstur dan remah yang sempurna. Dalam resep bebas gluten, corn starch  sering dipasangkan dengan tepung non-gandum.

Kandungan Dalam Corn Starch

Beberapa zat yang terkandung dalam corn starch adalah karbohidrat, protein, serat, dan mineral. Hal ini menjadikannya salah satu komponen jagung padat nutrisi. Corn Starch menyerap kelembapan, yang membuatnya berguna sebagai bahan pengental dan anticaking dalam produk makanan.

Ini digunakan dalam beberapa obat-obatan oral, di mana ia memfasilitasi disintegrasi kapsul dan tablet. Ini dapat digunakan sebagai pengganti tepung terigu dalam makanan bebas gluten dan sebagai pengganti bedak bayi. Aplikasi lain corn starch adaalah dalam produksi kertas, produk cat akrilik, dan perekat.

Cara Memasak Dengan Corn Starch

Corn Starch Adalah

Satu hal penting yang perlu Anda pahami dalam pengolahan corn starch adalah jangan ditambahkan langsung ke dalam cairan panas karena dapat menyebabkannya menggumpal. Sebagai gantinya, campurkan corn starch pada cairan yang agak dingin untuk membentuk bubur, lalu aduk ke dalam cairan panas.

Ini memungkinkan pemerataan molekul corn starch sebelum bahan ini memiliki mengembang dan menjadi gelatin. Adonan yang mengandung corn starch harus dididihkan sebelum didinginkan. Adonan mungkin akan tampak mengental setelah sedikit dipanaskan, namun jika kandungan pati tidak sepenuhnya tergelatinisasi, mereka akan melepaskan kelembapan dan menjadi encer setelah didinginkan.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam mengolah corn starch adalah jangan membekukan saus dan adonan yang dikentalkan dengan corn starch. Pembekuan akan memecah matriks pati yang tergelatinisasi, sehingga adonan akan menjadi encer setelah dicairkan.

Manfaat dan Kegunaan Corn Starch dalam Rumah Tangga

Selain sebagai bahan makanan, corn starch adalah bahan yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kebutuhan rumah tangga. Di Bawah ini adalah beberapa kegunaan corn starch lenggkap dengan cara memanfaatkannya.

Membersihkan bak mandi

Corn starch adalah bahaan yang sangat efektif untuk membersihkan bak mandi akrilik atau wastafel kamar mandi. Campurkan satu sendok makan corn starch dengan satu gelas cuka putih dalam wadah. Aduk rata, lalu panaskan dalam microwave selama beberapa menit. Tuangkan ke dalam botol semprot dan ditambahkan dua sendok makan deterjen cair.

Membersihkan Kaca

Corn starch adalah bahan yang juga bisa dipakai untuk membersihkan kaca jendela. Tambahkan satu sendok makan cuka putih dan satu sendok makan corn starch ke dalam dua gelas air. Tuangkan ke dalam botol semprot dan gunakan pada jendela atau kaca pintu. Jendela dan kaca Anda akan terbebas dari noda!

Menghilangkan Noda

Manfaat lain dari corn starch adalah sebagai penghilang berbagai jenis noda pada karpet, furnitur, pakaian, dan barang-barang berbahan kain lainnya. Baik berupa tepung kering mapun pasta setelah dicampur dengan air. Biarkan pasta tersebut mengering, lalu sikat atau sedot dengan vakum. Pasta corn starch bahkan dapat menghilangkan noda darah serta noda minyak.

Corn Starch Adalah

Mengkilapkan Perak

Apakah Anda memiliki pernak-pernik dari bahan perak yang kilaunya mulai pudar? Campurkan corn starch dengan sedikit air lalu gosok perlahan pada pernak-pernik Anda untuk membuatnya berkilau kembali.

Menyegarkan Boneka Berbulu

Tuangkan satu cangkir corn starch ke dalam kantong kertas besar, masukkan boneka berbulu atau barang lain yang kotor, kemudian kocok dengan merata. Biarkan beberapa jam, lalu keluarkan barang dari kantong dan sikat dan kocok kembali untuk menghilangkan corn starch berlebih. Corn starch adalah tepung yang mampu membuat boneka kesayangan Anda menjadi segar kembali.

Menghilangkan Percikan Minyak dari Dinding

Setelah sekian lama noda-noda minyak akan menempel di dinding dapur Anda. Corn starch adalah sesuatu yang Anda butuhkan untuk menghilangkan noda minyak yang tak sedap dipandang tersebut. Taburkan corn starch ke kain lembut, lalu gosokkan pada noda minyak sampai hilang.

Melonggarkan Simpul

Jika Anda memiliki tali, rambut, atau bulu kucing yang kusut, corn starch adalah tepung yang bisa mengatasi kekusutan tersebut. Taburkan corn starch secara berlimpah pada simpul yang kusust, lalu tarik dan goyangkan simpul hingga tali terlepas. Taburkan secara berlimpah pada rambut atau bulu yang kusut, kemudian ratakan hingga meresap hingga ke kulit untuk membantu mengurai bulu yang kusut sehingga lebih mudah disisir.

Menghilangkan Bau Tidak Sedap

Cara menghilangkan bau tak sedap dengan corn starch adalah dengan menaburkannya di dalam sepatu atau barang lain yang berbau tidak sedap. Taburkan dalam jumlah banyak, dan biarkan beberapa menit sebelum disikat.

Meredakan Gigitan atau Sengatan Serangga

Cara meredakan gigitan serangga dengan corn starch adalah dengaan meneteskan beberapa air ke dalam satu sendok cornstarch untuk membuat pasta. Kemudian oleskan pasta pada kulit yang terkena gigitan serangga.

Memisah Marshmallow

Anda mungkin pernah membeli sekantong marshmallow dan menemukannya saling menempel setelah beberapa waktu. Inilah salah satu manfaatlain dari corn starch. Cara memisahkannya dengan corn starch adalah dengan menaburkan satu sendok teh ke dalam kantong dan kocok bersama marshmallow.

Corn starch adalah bahan yang mampu menyerap kelembapan ekstra dan membuat marshmallow saling terpisah. Kemas ulang marshmallow yang tersisa dalam wadah dan bekukan agar tidak lengket di kemudian hari.

Kesimpulannya corn starch adalah bahan yang memiliki beragam manfaat. Jika Anda memiliki tepung ini penting untuk menyimpannya dalam wadah kedap udara agar tidak lembab. Jauhkan pula dari suhu yang panas. Apabila disimpan dengan benar, corn starch mampu berttahan selama berbulan-bulan.