5 Fakta Mengenai Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

5 Fakta Mengenai Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN – Secara pengertian dari singkatannya, kedua istilah ini terlihat sama padahal berbeda. SNMPTN adalah seleksi Nasional masuk perguruan tinggi Negeri, sedangkan SBMPTN adalah seleksi bersama masuk perguruan tinggi Negeri.

5 Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Padahal hanya terdapat perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN. Memang keduanya memiliki perbedaan dalam hal biaya kuliah saja, tapi fakta mengenai perbedaan tersebut seperti :

1. Membayar Biaya UKT dan BOP

Meskipun sedikit berbeda, tapi antara kedua system penyeleksian mahasiswa baru ini memiliki sedikit kesamaan dalam jenis pembayaran yang harus dilakukan. Yaitu, membayar biaya UKT dan BOP.

Dimana UKT adalah uang kuliah tunggal dan BOP adalah biaya operasional pendidikan. Dan kedua jenis pembayaran tersebut memang harus dibayar oleh siswa yang mengikuti SNMPTN ataupun SBMPTN. Besar biaya UKT dan BOP tiap perguruan tinggi sudah pasti berbeda-beda berdasarkan kebijakan masing-masing kampusnya.

2. UKT Terdapat 8 Kelompok

Perbedaan dari keduanya ini adalah yang paling umum dan standar adalah besarannya.  Tapi hanya saja jika memang PTN tersebut menentukan dan membuat kelompok UKT menjadi 8 kelompok, maka siswa yang lulus tadi darimanapun asal kelulusannya pasti terdapat pada kelompok UKT 1 dan 2.

3. Perbedaan Biaya Pendaftaran

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Yang memang terlihat sangat mencolok antara keduanya adalah pembayaran biaya lainnya, yaitu pembayaran biaya pendaftaran. Selain itu, diikuti juga dengan biaya-biaya kebutuhan selama proses pembelajaran. yaitu biaya perlengkapan kuliah dan itupun bergantung pada jurusan yang Anda ambil di perguruan tinggi Negeri tersebut.

Untuk siswa dari jalur SNMPTN tidak membutuhkan biaya pendaftaran, karena biaya tersebut dibebaskan untuk siswa dari jalur tersebut. Tapi tidak bagi jalur SBMPTN, dimana jalur ini diharuskan membayar biaya pendaftaran sebesar 200 ribu rupiah beserta biaya campuran dikenakan 300 ribu rupiah. Dimana cara pembayaran hanya disetorkan pada pihak Bank untuk mendapatkan kartu ujian.

Perbedaan dari biaya lainnya selain biaya utama hanya terdapat pada kebutuhan masing-masing siswa dalam jurusannya.

Meskipun pembiayaan pembayaran antara siswa dari jalur SNMPTN dan SBMPTN tidak berbeda, tapi tetap saja ada perbedan pada masing-masing calon mahasiswanya. Dimana biya yang harus dibayarkan adalah UKT, dan besaran UKT tiap siswa bisa berbeda tergantung dari atau ditentukan melalui penghasilan dari orang tua.

4. Perbedaan Biaya Terlihat Dengan Jalur Mandiri

Perbedaan Biaya Kuliah SNMPTN dan SBMPTN

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa mahasiswa yang belajar di PTN melalui penyeleksian hanya berfokus pada biaya UKT. Meskipun ada beberapa biaya pendukung yang tidak wajib pada setiap siswanya. Tapi justru yang paling mencolok perbedaannya adalah biaya pada siswa dengan jalur mandiri, dimana biayanya agak lebih besar dari yang lain.

5. Perbedaan Jenis Siswa

Kalau mengikuti jenis biaya, terdapat juga perbedaan jenis siswa yang berhubungan dengan biaya kuliah. Persaingan siswa pada jalur SBMPTN memang cenderung lebih ketat, karena jalur ini bisa diikuti oleh dua kelompok yaitu kelas 12 yang sudah lulus dan alumni yang baru menjalani masa kelulusan maksimal 3 tahun. Berbeda dengan SNMPTN yang hanya boleh diikuti oleh kelas 12 saja.

Hal ini akan membuat perbedaan yang terlihat dari segi biaya dan pembayaran uang kuliahnya. Ternyata ada juga fakta perbedaan biaya kuliah SNMPTN dan SBMPTN, selain perbedaan sebenarnya antara keduanya.  Perbedaan yang tidak terlalu membedakan pembiayaan dari kedua sistem seleksi masuk PTN ini. Hanya saja bisa dijadikan informasi penting jika Anda ingin masuk kuliah tahun ini.