Wajib Dicoba, 4 Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional Yang Bisa Kamu Ikuti

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional – Sebagai seorang mahasiswa apakah anda tertarik untuk mengikuti kompetisi mahasiswa tingkat nasional? Jika iya maka anda bisa mulai mempertimbangkan   kesempatan tersebut tentunya.

Hal ini tak lain karena nantinya akan ada banyak sekali manfaat yang dapat anda peroleh. Baik itu untuk meningkatkan keterampilan anda sendiri, menjadi lebih percaya diri di depan banyak orang, memperluas relasi, hingga bisa bepergian ke luar kota bahkan kesempatan lain pun bisa anda dapatkan dengan mengikuti lomba ini.

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional

Tentunya kesempatan tersebut akan sangat disayangkan apabila anda tidak mencoba untuk mengikutinya bukan? Nah apabila anda tertarik untuk mengikuti lomba tersebut maka simak artikel mengenai rekomendasi kompetisi mahasiswa tingkat nasional ini ya!

PKM

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional

Salah satu rekomendasi kompetisi mahasiswa tingkat nasional pertama yang bisa anda ikuti yaitu PKM atau yang biasa kita kenal dengan Program Kreativitas Mahasiswa.

Di mana PKM ini merupakan salah satu ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia.

Pada dasarnya PKM ini kerap diselenggarakan di setiap tahunnya dan sudah dimulai sejak tahun 1997 silam lho!  Namun waktu itu Program Kreativitas Mahasiswa ini dikenal dengan nama Program Karya Alternatif. Setelah itu di tahun 2001 kemudian program tersebut berubah nama menjadi Program Kreativitas Mahasiswa.

ON MIPA PT

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional

Selain PKM, rekomendasi kompetisi mahasiswa tingkat nasional bergengsi lainnya yaitu ON MIPA PT yang mana berasal dari kepanjangan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Perguruan Tinggi.

Untuk sistem penyelenggarannya sendiri dilakukan secara bertahap yang mana terdiri dari 3 tahapan. Tahapan yang pertama yaitu diseleksi dari tingkat universitas mahasiswa yang bersangkutan. Jika sudah, nantinya hasil dari seleksi tahap pertama tersebut akan dilanjutkan pada tahap kedua yaitu tingkat regional.

Sedangkan tahap ketiga alias tahap yang terakhir para mahasiswa yang lolos di tingkat regional tersebut akan melakukan kompetisi di tingkat nasional. Apakah anda tertarik untuk mencobanya?

Mawapres

Rekomendasi Kompetisi Mahasiswa Tingkat Nasional

Bagi anda mahasiswa diploma maka tidak perlu khawatir karena bisa mengikuti ajang kompetisi mahasiswa yang ada di tingkat nasional, yang tak lain yaitu mawapres. Di mana program ini tidak hanya bisa diikuti oleh mahasiswa yang berada di tingkat sarjana saja. Melainkan juga mahasiswa yang ada di tingkat diploma.

Tentunya program yang satu ini sangat direkomendasikan bagi mahasiswa berprestasi untuk menjadi ajang pembuktian diri mulai dari tingkat jurusan, fakultas, perguruan tinggi, dan tentunya juga di tingkat nasional.

Nantinya akan ada banyak sekali hal yang menjadi bahan pertimbangan dari program kompetisi mahasiswa mawapres ini. Beberapa di antaranya yaitu mencakup capaian ipk, penulisan karya tulis ilmiah, ide dan juga inovasi, tingkatan bahasa inggris, presentasi, hingga capaian prestasi maupun kepribadian dari mahasiswa itu sendiri pastinya.

KDMI

Terakhir, bagi anda yang suka berpikir kritis dan juga beragumentasi maka anda bisa mengikuti kompetisi debat mahasiswa indonesia alias KDMI ini. Tentunya anda bisa mengasah kemampuan berpikir anda lebih jauh lagi dengan cara ikut berpartisipasi ke program kompetisi mahasiswa tingkat nasional ini.

Di mana nantinya kompetisi ini akan mewajibkan dua tim yang mau tak mau harus terlibat di dalamnya. Tim yang dimaksud tersebut yaitu tim pemerintah dan juga tim oposisi. Nantinya masing-masing tim tersebut akan terdiri dari 3 pembicara.