5 Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN Agar Tidak Salah Jurusan

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN – SNMPTN menjadi jalur seleksi pertama dan utama yang nantinya akan diikuti dengan adanyan pembukaan SBMPTN dan jalur Mandiri. Selaku pihak penyelenggara SNMPTN, yakni LTMPT akan melakukan seleksi dengan menggunakan nilai mata pelajaran. Oleh sebab itu, SNMPTN ini sepenuhnya menggunakan nilai mata pelajaran atau nilai akademik dan prestasi sebagai bahan seleksi. Tips memilih PTN untuk SNMPTN akan sangat membantu para calon mahasiswa dalam menentukan PTN yang sesuai dengan kemampuan.

Tidak sedikit mahasiswa yang salah mengambil jurusan karena satu dan lain hal. Tidak hanya itu, masih banyak juga calon mahasiswa yang bingung dalam menentukan jurusan atau PTN agar lolos seleksi. Setiap jurusan yang ada memang dilakukan seleksi dengan memperhatikan nilai rapor siswa tersebut. Agar tidak salah mengambil PTN, kamu wajib mengetahui apa saja tips pemilihan PTN. Berikut ini ada beberapa strategi dalam memilih PTN yang perlu diperhatikan.

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Menghindari Lintas Jurusan

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Hal pertama yang paling penting kamu tahu adalah kamu harus menghindari yang Namanya lintas jurusan. Sebaiknya kamu memilih jurusan yang sesuai dengan latar belakang jurusan kamu saat di bangku SMA. Ada baiknya untuk menghindari lintas jurusan, seperti kamu SMA jurusan IPS namun kamu malah mengambil jurusan kuliah IPA. Tentu saja hal tersebut akan mejadi factor penyebab kegagalan kamu dalam SNMPTN. Meskipun dengan lintas jurusan ini masih ada saja yang lolos dengan jumlah yang sangat sedikit.

Mengetahui Passing Grade Jurusan

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Selanjutnya kamu wajib melihat standar nilai di jurusan yang akan kamu ambil. Setelah itu kamu juga harus melihat tingkat popularitas jurusan tersebut untuk dipilih oleh ribuan peserta yang lain. Sehingga bisa disimpulkan apakah jurusan PTN tersebut merupakan jurusan dengan passing grade tinggi dan memiliki banyak peminat atau tidak. Memang tidak ada masalah jika kamu memilih jurusan tersebut, akan tetapi pastikan terlebih dahulu apakah kamu telah memenuhi kriteria atau belum. Jangan lupa mendiskusikan dengan orang rumah dan guru di sekolah yah.

Mempertimbangkan PTN yang Sepi Peminat

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Sebelum memilih, sebaiknya kamu mencari tahu informasi mengenai jurusan PTN tersebut. Carilah informasi apakah jurusan tersebut memiliki banyak peminat atau tidak. Ada saja jurusan PTN yang jarang diminati dan tidak banyak dipilih oleh calon mahasiwa. Kamu bisa menjadikan ini sebagai pertimbangan atau cadangan jika memang jurusan utama kamu terlalu sulit untuk digapai. Jurusan PTN yang sepi peminat itu bisa jadi adalah jurusan yang kamu minati.

Mempertimbangkan Jurusan dari Nilai Rapor Tertinggi

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Sebelum memilih, sebaiknya kamu segera memeriksa nilai rapor yang paling tinggi. Contohnya nilai Bahasa Inggris dari awal sekolah sampai Ujian Nasional yang paling tinggi dan bisa mengalahkan nilai lain. Setelah mengecek nilai kamu bisa lamgsung memilih jurusan yang berkaitan dengan Bahasa Inggris. Apabila kamu memilih jurusan PTN yang sesuai dengan kemampuan diri sendiri tentu saja akan meningkatkan peluang kamu untuk lolos SNMPTN. Jadi kamu wajib sekali mempertimbangkan jurusan PTN dengan nilai tertinggi di rapor kamu yah.

Mempertimbangkan Rekam Jejak Sekolah

Tips Memilih PTN Untuk SNMPTN

Tips memilih PTN untuk SNMPTN yang terakhir adalah dengan mempertimbangkan rekam jejak sekolah kamu. Karena pada dasarnya salah satu kriteria dalam pemilihan SNMPTN adalah rekam jejak sekolah. Maksudnya disini adalah rekam jejak sekolah atau riwayat siswa-siswa yang sudah pernah diterima di PTN dari sekolah tertentu. Biasanya, sekolah-sekolah akan mengirimkan para siswanya ke PTN dan siswa tersebur berprestasi. Maka siswa tersebut akan mendapatkan perhatian yang lebih besar dibandingkan dengan sekolah yang siswanya tidak diterima di PTN tertentu.