Jangan Ketinggalan! Inilah 4 Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis

Inilah Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah – Di zaman yang sudah serba canggih ini pastinya kebutuhan terhadap sebuah tulisan menjadi sangat penting keberadaannya untuk kemajuan di dunia pendidikan sendiri bukan?

Selain itu, pastinya kita juga sudah tidak kaget lagi terhadap karya tulis ilmiah bukan? Mengingat hal yang ini sudah diperkenalkan sejak lama dari tingkat SMP sampai dengan SMA bahkan hingga ditingkat perguruan tinggi.

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis Ilmiah

Namun sebelum masuk lebih jauh ke pembahasan selanjutnya alangkah baiknya jika terlebih dahulu kita membahas tentang karya tulis ilmiah itu sendiri. Di mana pada dasarnya karya tulis ilmiah ini merupakan sebuah tulisan yang dibuat secara perorangan maupun kelompok dan membahas tentang tema tertentu.

Tentunya tulisan tersebut harus melalui identifikasi, analisis, dan juga deskripsi terlebih dahulu terhadap berbagai permasalahan yang ditemui. Selain itu juga diikuti dengan kaidah penulisan yang sudah ditetapkan. Lantas, bagaimana tips dan trik memenangkan lomba karya tulis ilmiah nantinya? Simak artikel di bawah ini ya!

Memilih Ide Yang Sedang Tren

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis

Tips dan trik memenangkan lomba karya tulis ilmiah pertama yang perlu anda lakukan terlebih dahulu yaitu dengan cara memilih ide topik yang sedang trend. Dengan kata lain anda bisa memilih topik yang saat ini sedang menjadi trending topic.

Sebagai contoh apabila saat ini sedang banyak informasi yang membahas tentang virus corona maupun pengadaan vaksin corona maka anda bisa memilih topik yang masih berkaitan dengan tema tersebut. Nah dengan ide tersebut maka anda bisa membuat karya tulis ilmiah yang lebih menjual dan juga menarik banyak perhatian pastinya bukan?

Menentukan Judul Yang Menarik

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis

Setelah menentukan ide yang sedang banyak diperbincangkan maka langkah selanjutnya yang perlu anda lakukan yaitu dengan cara membuat judul yang mampu menarik perhatikan dengan skema yang singkat dan juga jelas.

Sebisa mungkin di dalam suatu judul karya tulis ilmiah tersebut setidaknya ada satu sampai dengan dua kata yang mampu membuat orang penasaran apabila pertama kali membacanya.

Sebagai contoh, anda bisa menggunakan branding maupun singkatan tertentu sehingga bisa menarik seseorang untuk membaca karya tulis ilmiah yang telah anda buat tersebut.

Mempunyai Dampak Yang Luas

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis

Sebisa mungkin tips dan trik memenangkan lomba karya tulis ilmiah yaitu dengan cara melibatkannya pada dampak yang lebih luas lagi atau dengan kata lain lebih aplikatif dalam penggunaannya.

Sebagai contoh meskipun inovasi dari karya tulis ilmiah anda tersebut hanya terlihat cukup sederhana namun yang paling penting yaitu utamakan bahwa nantinya karya tersebut bisa diaplikasi pada lini kehidupan manusia.

Pada dasarnya inti ataupun nilai dari sebuah karya tulis  tersebut nantinya akan mempunyai tingkatan yang lebih tinggi apabila bisa diimplementasikan maupun diapikasikan.

Menyusun Abstrak Secara Tepat

Tips dan Trik Memenangkan Lomba Karya Tulis

Nah, setelah melewati ke tiga tahap di atas maka langkah selanjutnya yaitu membuat abstrak. Di mana abstrak ini merupakan poin yang sangat penting ketika ingin memenangkan lomba karya tulis ilmiah.

Hal ini tak lain karena abstrak sendiri memuat berbagai macam hal penting yang ada di dalamnya. Beberapa di antaranya yaitu judul karya tulis ilmiah, latar belakang pembuatan, tujuan, metode penelitian, sumber data, masalah yang hendak dibahas, hingga hasil yang akan dicapai nantinya.

Nah itu dia tips dan trik memenangkan lomba karya tulis ilmiah yang baik. Namun satu hal yang perlu anda ingat yaitu pastinya kaidah kepenulisan di setiap tempat akan berbeda satu sama lain. Maka dari itu anda harus mengikuti panduan penulisan yang telah ditetapkan oleh mereka agar nantinya bisa lolos ya! Selamat mencoba!