Tunjang Kehidupan Kuliah Dengan Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Tunjang Kehidupan Kuliah Dengan Sukses Berbisnis Di Sosial Media – Banyak teknik sukses berbisnis di social media bisa dimanfaatkan sebagai media untuk memupuk bisnis. Berbisnis lewat social media, menurut penelitian, sangat baik untuk para pekerja maupun mahasiswa yang ingin menambah usaha sampingan.

Logikanya, karena mereka mempunyai keterbatasan waktu untuk melakukan promosi, maka sosial media menjadi sarana yang tepat. Jadi dengan menggunakan blog, facebook, twitter, instagram dan sosial media lainnya akan membuat mereka lebih mudah untuk memantau perkembangan bisnis mereka.

Perlu kita ingat bahwa social network merupakan ajang bersosialisasi. Jadi, kita tidak mungkin mengharapkan masyarakat langsung tertarik dan membeli produk anda.

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Sebaiknya, anda harus melakukan pendekatan dan secara perlahan membuat mereka dekat dengan anda dan kemudian tertarik untuk membeli. Jadi, intinya adalah kita harus bersosialisasi panjang lebar untuk mendapatkan pelanggan. 9 teknik sukses berbisnis di social media agar penjualan anda meningkat adalah sebagai berikut.

Punya Website 

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Teknik pertama adalah pilih hanya satu website. Di luar sana memang banyak sekali jenis website yang tersedia. Namun, anda sebaiknya hanya memilih satu saja. Website seperti halnya toko yang harus anda kelola dengan baik dan focus. Jika anda mempunyai banyak website sama dengan mempunyai toko yang banyak yang akan membuat anda menjadi keteteran.

Percantik Tampilan Web

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Teknik kedua adalah membuat tampilan website yang bagus. Anda tidak perlu membuat website yang aneh atau complicated. Ciptakan website yang kreatif dan juga mudah dipahami. Jadi, masyarakat akan lebih cepat mengerti pesan dan kesan yang ingin anda tunjukkan.

Marketing yang Dilarang

Teknik ketiga adalah hindari melakukan promosi dengan mengirimkan pesan atau gambar ke wall seseorang, melakukan tag gambar (facebook), maupun mention (twitter). Dunia mayapun mempunyai peraturan dan etika yang sama dengan dunia nyata.

Jika anda sering mengirim wall atau melakukan tag dan mention ke wall seseorang, itu sama seperti anda mengotori halaman rumah mereka. Kecuali jika memang ada yang minta di-tag, baru anda tag. Prinsip etika ini harus anda perhatikan baik-baik.

Atur Dengan Jadwal Teratur

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Teknik sukses berbisnis di social media yang keempat adalah berpromosi diwaktu yang sudah ditentukan. Tujuannya sama dengan teknik ketiga, yaitu untuk menjaga etika di dunia maya. Anda harus menentukan waktu yang tepat agar calon konsumen tidak merasa terganggu.

Promosi di Twitter

Teknik kelima adalah latih kemampuan anda menggunakan twitter. Penggunaan kata di twitter hanya dibatasi sampai 140 kata saja. Untuk itu anda harus mensiasati cara agar pesan yang ingin anda sampaikan tetap sampai dengan batasan huruf tersebut. Selain itu, pelajari juga cara agar jika anda orang yang ingin me-retweet anda juga tidak terpotong. Hal ini bisa dilakukan dengan banyak berlatih.

Fast Response

Teknik keenam adalah cepat tanggap. Social network adalah adalah kehidupan yang terus berjalan dan berubah bahkan dalam hitungan detik. Untuk mengikutinya, anda juga harus siap mengikuti perkembangannya setiap detik atau menjadi responsive.

Misalnya ada yang menulis komentar atau me-retweet akun anda, maka secepatnya anda juga harus merespon. Teknik ketujuh adalah cari follower sebanyak-banyaknya. Di sini secara otomatis akan terjadi pula pola pemasaran lain, yaitu jika salah satu follower puas dengan produk kita, maka dia akan me-mention produk kita.

Cari Mentor

Sukses Berbisnis Di Sosial Media

Teknik kedelapan adalah belajar dari pebisnis lain yang sudah berhasil. Coba anda cari dan perhatikan social network yang mereka miliki dan cari letak perbedaannya. Ketika anda melakukan promosi pada satu produk, jangan menawarkan produk tersebut secara fisik.

Mintalah Saran dan Kritik

Coba tawarkan kelebihan dan manfaat yang dimilikinya, pasti masyarakat lebih tertarik. Teknik terakhir adalah selalu minta pendapat dari pelanggan. Jangan bosan untuk meminta saran dan kritik dari para pelanggan sehingga andapun bisa memperbaiki produk anda. Jika pelanggan anda puas dengan produk dan pelayanan anda, maka mereka akan melakukan promosi tanpa harus kita minta.