4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya

4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya

4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya – Memutuskan mengundurkan diri alias resign dari tempat magang tentu bukan hal yang mudah. Apalagi, Anda juga perlu menulis surat pengunduran diri magang sendiri agar tidak dicap sebagai pekerja yang tak profesional. Biasanya banyak sekali alasan yang membuat pekerja magang akhirnya memutuskan mengundurkan diri dari tempat magangnya. Hal seperti itu biasanya umum terjadi di sekitar kita.

Walaupun Anda baru bekerja sebagai pemagang, tetap harus menulis sekaligus memberikan surat pengunduran diri magang kepada atasan terkait. Dengan menulis surat tersebut, maka Anda dapat menunjukkan bentuk penghargaan terhadap tempat magang yang memberikan ilmu sekaligus pengalaman kerja berharga. Untuk itulah, Anda bisa simak tips dan contoh surat pengunduran diri dari magang berikut ini.

Bagaimana Isi Surat Pengunduran Diri Magang yang Benar?

4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya

Sebagai informasi, surat pengunduran diri magang sama seperti surat pengunduran diri pada umumnya. Sebab keduanya merupakan dokumen yang biasa diberikan untuk menyampaikan keinginan seorang pekerja mundur dari jabatan, seleksi pekerjaan, atau pekerjaan itu sendiri. Sebelum mengambil pekerjaan ataupun bergabung dengan pekerjaan baru, Anda harus membuat surat pengunduran diri sebagai itikad yang baik.

Biasanya surat pengunduran diri magang diibaratkan sebagai sarana perpisahan atau berpamitan dengan HRD serta pemilik perusahaan. Berikut ini ada isi surat pengunduran diri dari magang yang terstruktur dan benar untuk Anda ajukan ke bagian HRD:

1.      Tanggal Berhenti Bekerja yang Resmi

Dalam surat pengunduran diri magang atau surat pengunduran diri pada umumnya, Anda harus menuliskan informasi berupa tanggal efektif berhenti bekerja. Tujuan menuliskan tanggal resmi akhir bekerja ini supaya perusahaan bisa mengetahui kapan tepatnya Anda resmi pindah sekaligus dapat mencari pengganti untuk mengisi posisi atau jabatan yang kosong. Ini juga akan membantu menyelesaikan administrasi dengan perusahaan terkait.

Biasanya, setiap perusahaan menetapkan batas waktu minimal pemberian surat pengunduran diri magang atau bekerja sebelum karyawan keluar secara resmi. Misalnya saja, ada peraturan pekerja harus memberitahu satu bulan atau dua minggu sebelum mereka berhenti kerja dengan berbagai pertimbangan.

2.      Alasan Mengundurkan Diri

4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya

Isi di dalam surat pengunduran diri magang yaitu alasan resign. Anda sebaiknya mengisi paragraf satu ini dengan hati-hati lantaran dapat mengundang kesan yang negatif. Harap usahakan menulis alasan resign secara objektif. Selain itu, hindari juga mencaci rekan kerja ataupun perusahaan. Anda bisa mengisi bagian tersebut dengan alasan ingin melanjutkan pendidikan atau berkarir di dunia yang lain.

3.      Memberikan Penawaran untuk Membantu Perusahaan Selama Masa Transisi

Dalam mengisi surat pengunduran diri magang, tidak ada salahnya Anda memberikan penawaran membantu perusahaan selama masa transisi jabatan. Saat karyawan memutuskan berhenti bekerja, tentu perusahaan perlu mencari pegawai baru yang dapat mengisi posisi itu. Proses tersebut perlu memakan waktu yang cukup lama. Anda pun bisa menawarkan bantuan selama masa itu berlangsung.

4.      Mengucapkan Terima Kasih

Saat menulis surat pengunduran diri magang, jangan sampai lupa untuk mengucapkan terima kasih atas semua kesempatan serta pengalaman yang telah diberikan perusahaan. Meskipun Anda mendapat tawaran pekerjaan yang lebih baik, tetap saja perusahaan lama ikut membantu dalam perkembangan karir diri sendiri. Setelah itu, tuliskan kalimat penutup dan tanda tangan Anda di bagian bawah surat.

Tak hanya isi dan cara penulisan, waktu untuk mengirim surat pengunduran diri magang juga perlu diperhatikan. Harap hindari memberikan surat pengunduran diri satu hari sebelum tanggal resmi berhenti bekerja.

Contoh Surat Pengunduran Diri Karyawan Magang

4 Isi Surat Pengunduran Diri Magang dan Contohnya

Setelah mengetahui apa saja isi surat pengunduran diri magang, Anda bisa membuat surat resign magang langsung melalui contoh di bawah ini.

Jumat, … /…. /…

Kepada

Yth. (HRD)

(Perusahaan)

(Lokasi Perusahaan)

Yang bertanda tangan di bawah ini:

Nama:

Alamat:

Jurusan

Bersamaan dengan surat ini, saya mengajukan pengunduran diri magang di (Nama Perusahaan) terhitung mulai (tanggal berhenti bekerja). Alasan pengunduran diri saya karena periode magang bertepatan dengan waktu masuk kuliah semester ganjil (nama Universitas).

Demikian surat pengunduran diri ini yang saya buat dengan penuh kesadaran dan tanpa ada tekanan atau paksaan dari pihak manapun.

Atas pengertian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.

Hormat saya,

(Nama Anda)

Baca Juga: Cara Menemukan Tempat Magang Di Bandung Untuk Mahasiswa 2023

Itulah informasi tentang isi surat pengunduran diri magang dan contohnya yang bisa Anda jadikan referensi. Tulis surat pengunduran diri tersebut dengan santun dan jelas dengan harapan Anda dipandang baik oleh perusahaan.