Begini Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Dijamin Lolos Seleksi

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Begini Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri Dijamin Lolos Seleksi – Apakah Anda saat ini bermimpi bisa melanjutkan kuliah di luar negeri tapi terkendala karena biaya yang terlalu mahal? Tidak perlu khawatir, karena Anda bisa melanjutkan kuliah dengan bantuan beasiswa. Tapi sayanngnya,mendapatkan beasiswa bukanlah hal yang mudah. Apalagi jumlah peminat beasiswa juga terus bertambah di tiap tahunnya. Jadi untuk Anda yang ingin mengejar beasiswa luar negeri, berikut ini ada beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri yang dapat Anda lakukan:

Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah Luar Negeri

  1. Jangan Malu Bertanya

Tips pertama untuk Anda yang ingin mendapatkan beasiswa luar negeri adalah tidak boleh malu untuk bertanya. Anda bisa bertanya soal beasiswa ini ke orang yang tepat misalnya dosen, guru dan lain sebagainya. Jika di sekolah Anda saat ini menangani studi di luar negeri, tidak ada salahnya untuk bertanya langsung ke dosen atau guru yang mengajarkannya.

Kemudian, Anda bisa membuat daftar beasiswa yang Anda inginkan. Ini juga penting untuk siswa yang ingin mendapatkan beasiswa luar negeri. Anda harus cari tahu terlebih dahulu soal jenis beasiswa yang bisa Anda dapatkan kemudian program studinya dan deadline untuk beasiswa tersebut.

Kemudian, setelah mendapatkan banyak informasi, Anda bisa buat spreadsheet agar membantu memudahkan pencarian dan pengklasifikasian jenis beasiswa yang sudah Anda temukan. Ada beberapa poin yang harus Anda masukan nanti misalnya nama universitas yang dituju, bahasa yang dipakai dan masih banyak lagi.

  • Pilih Negara Yang Jumlah Pelamarnya Sedikit
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri yang ketiga adalah pilihlah negara yang jumlah pelamarnya sedikit. Jadi untuk Anda yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri, Anda tidak harus memilih negara dengan jumlah pelamar yang banyak saja. Tidak ada salahnya pilih negara yang kurang begitu diminati sehingga peluang Anda dalam mendapatkan beasiswa tersebut akan semakin besar.

  • Membuat Motivation Letter

Motivation letter juga harus dibuat karena ini menjadi salah satu syarat untuk Anda yang ingin mendapatkan beasiwa ke luar negeri. Anda harus hindari kata-kata yang mainstream misalnya ingin belajar budaya yang baru dan lain-lain. Jadi lebih baik ceritakan saja fakta yang Anda ketahui dengan negara yang Anda tuju. Dengan begitu, pihak kampus akan tertarik dan memberikan kesempatan untuk Anda mendapatkan beasiswa tersebut.

  • Masukkan Lamaran Lebih Awal
Cara Mendapatkan Beasiswa Kuliah

Jika Anda memiliki kebiasaan buruk seperti menunda-nunda pekerjaan, maka Anda tidak boleh melakukannya lagi sekarang. Karena salah satu cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri yang harus Anda lakukan saat ini adalah masukkan lamaran lebih awal. Karena jiak dipikirkan secara logika, memasukkan lamaran lebih awall akan membuat pihak penyedia beasiswa akan menerima dan memeriksa lamaran yang Anda kirimkan ke mereka.

Jadi biasanya orang-orang yang diberikan tugas dan tanggungjawab akan lebih jeli pada awal aplikasi beasiswa yang masuk. Dan ketika waktunya sudah mau habis, biasanya mereka tidak akan begitu melihat aplikasi secara menyeluruh melainkan poin-poinnya saja. Jadi jika Anda ingin aplikasi Anda dilihat oleh petugas yang melakukan penyeleksian, Anda bisa buat aplikasi semenarik mungkin dan lakukan submit dari awal.

Semoga beberapa cara mendapatkan beasiswa kuliah luar negeri di atas dapat membantu Anda dalam mendapatkan beasiswa yang Anda inginkan. Dengan begitu, Anda bisa wujudkan mimpi Anda untuk melanjutkan kuliah dengan program beasiswa yang tepat nanti. Dan perlu diingat, sebelum apply, pastikan Anda mengetahui semua informasi terkait beasiswa yang akan diikuti nanti.