5 Cara Menjawab Soal TOEIC yang Wajib Ditiru Sekarang Juga

Cara Menjawab Soal TOEIC

5 Cara Menjawab Soal TOEIC yang Wajib Ditiru Sekarang Juga – Di zaman globalisasi dan modern seperti sekarang, kemampuan dalam bahasa Inggris termasuk salah satu yang harus dimiliki oleh setiap orang. Tak hanya itu, Bahasa Inggris juga merupakan syarat wajib yang harus dikuasai di banyak lowongan kerja ataupun penerimaan beasiswa untuk mengenyam pendidikan di luar negeri. Oleh sebab itulah, Anda perlu tahu bagaimana cara menjawab soal TOEIC dengan benar untuk mendapat skor yang besar.

Bukan tanpa alasan, tes TOEIC menjadi salah satu cara untuk mengukur kemampuan dalam bahasa Inggris. Karena itulah, Anda perlu ikut serta dalam tes TOEIC untuk mengetahui seberapa dalam kemampuan berbahasa Inggris. Kendati demikian, masih banyak orang yang gagal dalam meraih skor TOEIC yang sesuai persyaratan pendidikan atau lowongan kerja. Sejumlah tips berikut ini akan sangat berguna dan dapat Anda lakukan sekarang juga.

Memahami Bagaimana Cara Menjawab Soal TOEIC

Cara Menjawab Soal TOEIC

Sebelum memahami bagaimana cara menjawab soal TOEIC, ada baiknya Anda memahami tentang soal TOEIC itu sendiri. Mengingat, tes TOEIC sendiri masih cukup asing di telinga masyarakat awam. Pasalnya banyak orang yang lebih sering mendengar tes TOEFL untuk mengetahui kemampuan dalam bahasa Inggris. Adapun TOEFL dan TOEIC adalah tes yang digunakan untuk mengukur kemampuan dalam bahasa Inggris.

TOEFL dan TOEIC kerap diambil oleh para calon mahasiswa, pelamar kerja, ataupun pelamar beasiswa agar bisa lolos seleksi yang ada. Walaupun begitu, TOEFL dan TOEIC memiliki perbedaan tersendiri yang perlu dipahami oleh semua orang. TOEFL sendiri biasanya dipakai untuk mengukur kemampuan dalam bahasa Inggris di lingkungan akademis atau pendidikan seperti universitas.

Oleh sebab itu, Anda yang ingin kuliah di luar negeri, maka bisa mengambil TOEFL. Sedangkan cara menjawab soal TOEIC sendiri diperlukan untuk orang yang ingin melamar pekerjaan. Selain itu, jenis tes TOEFL disusun dengan format tes berbeda dengan format tes TOEIC.  Saat ini di Indonesia, tes TOEFL yang berlaku antara lain TOEFL iBT dan TOEFL ITP. Dalam TOEFL ITP, tesnya disusun dalam tiga bagian atau sections.

Mengenal Tes TOEIC

Sebagai informasi, TOEIC adalah singkatan dari istilah The Test of English International Communication. Awalnya tes TOEIC dipakai sebagai ujian untuk seleksi North American Business yang dikembangkan pada tahun 1970-an silam di negara Jepang. Tes tersebut dilaksanakan oleh ETS atau Educational Testing Service. Tes TOEIC ini didesain untuk menguji kemampuan dalam bahasa Inggris seseorang yang tak memakainya sebagai bahasa utamanya.

Adapun yang diujikan dalam penilaian TOEIC adalah kemampuan berkomunikasi setiap hari dalam ranah dunia pekerjaan yang berskala internasional. Oleh sebab itulah, cara menjawab soal TOEIC sangat penting dilakukan. Apalagi jika Anda ingin melamar pekerjaan di luar negeri maupun melamar perusahaan multinasional yang bertempat di Indonesia. Sebab Anda akan diminta sertifikat dari tes TOEIC untuk melakukan hal tersebut.

Sertifikat tes TOEIC akan memberikan data penunjang yang menunjukkan bahwa kemampuan Bahasa Inggris Anda akan memadai untuk komunikasi dalam perusahaan tersebut. Oleh sebab itu, TOEIC berperan penting dalam dunia bisnis. Bahkan pada saat ini, hasil tes dari TOEIC akan menjadi acuan dari 10 ribu lebih perusahaan, pemerintah, serta program pembelajaran Bahasa Inggris untuk mempertimbangkan kompetisi bahasa Inggris seseorang.

Jenis-Jenis Penilaian TOEIC

Untuk mengetahui cara menjawab soal TOEIC, ada baiknya Anda juga memahami jenis-jenis penilaian TOEIC. Saat akan mengambil ujian TOEIC, Anda nantinya melakukan dua bagian ujian yaitu TOEIC Speaking & Writing Test dan TOEIC Listening & Reading Test. Pertanyaan yang tersedia di dalamnya berdasarkan pada lingkungan kerja seperti pembuatan janji, marketing, sales, bersosialisasi, dan keperluan dinas bisnis. Untuk penilaiannya yakni:

1.      Listening dan Reading Test

Cara Menjawab Soal TOEIC

Penilaian pertama adalah listening dan reading test. Ini merupakan bentuk ujian yang memakai kertas dan durasinya memakan waktu 2 jam 30 menit. Dua jam dipakai untuk menjawab semua pertanyaan yang ada di ujian. Sedangkan waktu 30 menit digunakan untuk menjawab seluruh pertanyaan tentang diri Anda. Dalam sesi listening, selama 45 menit tersedia pilihan ganda yang terbagi menjadi empat bagian.

Bagian tersebut berisi pembahasan yang sederhana sampai kompleks. Pertanyaannya juga bervariasi sehingga perlu cara menjawab soal TOEIC yang baik dan benar. Kemudian ada sesi reading atau membaca selama 75 menit yang terdiri dari 100 pertanyaan pilihan ganda. Untuk penilaiannya, Anda akan mendapat nilai dari masing-masing ujian tersebut. Penilaiannya sendiri mulai dari 5 – 495 dan akan digabungkan dengan nilai lainnya.

2.      Speaking dan Writing Test

Jenis penilaian tes TOEIC lainnya yaitu speaking dan writing yang belum ada di seluruh negara. Dalam sesi speaking atau berbicara, tes akan berlangsung selama 20 menit yang terdiri dari 11 pertanyaan termasuk membaca dengan suara lantang, merespon pertanyaan, memberikan solusi, dan masih banyak lagi. Penilaian untuk ujian tersebut berbeda-beda, untuk pertanyaan 1 sampai 4 nilainya 0-3.

Sedangkan untuk pertanyaan 5 dan 6 nilainya 0 sampai 5. Jumlah nilai yang dapat diperoleh untuk ujian speaking mulai dari 0 hingga 200. Selain itu, ada juga sesi menulis atau writing selama 60 menit yang tersedia 8 pertanyaan. Untuk nilainya, dari pertanyaan 1 sampai 5 bernilai 0 hingga 3. Sementara itu pertanyaan 6 dan 7 nilainya 0 hingga 4. Pertanyaan 8 nilainya 0 sampai 5. Jumlah nilai yang bisa didapat yakni 0 hingga 200.

Tips Mendapatkan Skor Bagus di Test TOEIC

Mengerjakan tes TOEIC bisa dibilang susah-susah gampang bagi para peserta. Bahkan masih banyak orang yang masih gagal mendapat nilai TOEIC sesuai persyaratan. Untuk itulah, Anda perlu menemukan beberapa cara menjawab soal TOEIC dengan baik untuk mendapat skor bagus. Dengan begitu, Anda berpeluang besar memenuhi persyaratan yang sudah ditentukan di sekolah atau tempat kerja impian. Caranya yaitu:

1.      Mempersiapkan Diri Semaksimal Mungkin

Cara Menjawab Soal TOEIC

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, test TOEIC bukan ujian bahasa Inggris yang tergolong mudah. Oleh sebab itu, penting untuk menguasai terlebih dahulu materi bahasa Inggris dari dasar sebelum memutuskan ikut serta dalam tes TOEIC. Sekurang-kurangnya Anda sudah berada dalam level intermediate. Supaya bisa mengetahui level bahasa Inggris Anda, sebaiknya lakukan placement test.

Dari hasil tes tersebut, Anda bisa mengevaluasi kemampuan diri sendiri sehingga bisa lebih terarah untuk membenahi semua kekurangan dalam memahami Bahasa Inggris. Untuk menerapkan cara menjawab soal TOEIC yang baik dan benar, harap pastikan kondisi tubuh serta pikiran Anda sudah siap. Untuk itu, pastikan selalu menjaga kesehatan fisik dan mental semaksimal mungkin sebelum melaksanakan tes TOEIC.

2.      Rutin Praktek Listening

Cara menjawab soal TOEIC untuk mendapat skor tinggi berikutnya adalah dengan rutin melakukan praktek listening secara mandiri. Ada beberapa tips yang bisa Anda ikuti, seperti memperbanyak mendengarkan audio dalam bahasa Inggris seperti podcast, lagu, ataupun film supaya Anda terbiasa dengan bermacam aksen maupun intonasi. Selain itu, Anda juga bisa mempraktekkan kemampuan memahami kata-kata dalam konteks bahasa Inggris.

Bukan itu saja, Anda bisa pula menggunakan strategi prediksi dengan cara membaca soal sebelum mendengarkan audio. Hal ini akan membantu Anda lebih fokus terhadap informasi yang relevan. Ada baiknya Anda bertanya ulang instruksi kepada pihak pengawas apabila ada yang tidak dipahami sebelum tes TOEIC dimulai. Harap biasakan membaca dan mendengarkan bermacam jenis teks untuk memperluas kosakata serta konteks.

3.      Rajin Membaca dalam Bahasa Inggris

Cara menjawab soal TOEIC untuk mendapat nilai yang mumpuni berikutnya yaitu dengan rajin membaca berbagai bacaan dalam Bahasa Inggris. Anda bisa meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris dengan membaca artikel, buku, ataupun blog yang berbahasa Inggris secara rutin. Kemudian praktikkan kemampuan mencari informasi dengan cara membaca sub judul, judul, ataupun gambar dalam teks.

Harap perhatikan format soal yang sering muncul seperti fill in the blanks, multiple choice, ataupun maching, lalu pelajari strategi menjawab yang paling tepat. Selain itu, Anda juga perlu menggunakan waktu yang tersedia dengan efektif. Harap hindari terlalu lama mengerjakan sebuah soal dan sebaiknya segera pindah ke soal lain jika Anda merasa kesulitan. Gunakan kamus untuk memperbanyak kosa kata dan makna yang belum paham.

4.      Belajar Mengasah Memori

Berikutnya dalam cara menjawab soal TOEIC yang paling efektif adalah dengan belajar mengasah memori Anda sendiri. Sebagai informasi, dalam TOEIC listening di bagian question response, Anda hanya mendapat satu kesempatan untuk mendengarkan rekaman. Bukan itu saja, jawaban yang berupa pernyataan atau tanggapan tidak tertulis juga tersedia di dalam test book yang tersedia.

Oleh sebab itu, ada baiknya Anda mencoba mengasah memori diri sendiri dengan cara berlatih memakai soal-soal yang kemungkinan besar akan ditemui pada bagian tersebut. Mengerjakan semua latihan soal itu akan membuat Anda terbiasa dalam mengingat apapun yang didengar sebelumnya. Dengan begitu, Anda bisa mengasah memori mengingat sesuatu, sekaligus belajar respon tepat untuk menanggapi sebuah pernyataan ataupun pertanyaan.

5.      Terus Fokus

Cara menjawab soal TOEIC yang tepat untuk mendapat nilai bagus berikutnya yaitu terus memfokuskan diri. Banyak orang yang mengalami kegagalan mendapat nilai bagus saat TOEIC karena terjebak dalam beberapa pertanyaan. Harap diingat bahwa banyak sekali pertanyaan menjebak dalam tes TOEIC. Untuk itulah, Anda harus benar-benar berkonsentrasi agar bisa fokus menjawab pertanyaan sebaik mungkin.

Baca Juga: Informasi Tentang Beasiswa Hanlim Multi Art School dan 2 Cara Masuknya

Itulah beberapa cara menjawab soal TOEIC yang baik dan benar untuk mendapatkan nilai atau hasil memuaskan saat melakukan tes tersebut. Dengan mengikuti semua cara di atas, besar kemungkinan Anda mendapat nilai bagus di tes TOEIC.