Mudah Banget Kok, Inilah 8 Cara Membuat Soal Google Form dengan Cepat

Cara Membuat Soal Google Form

Selamat membaca sahabat gitablog..

Pada era yang serba mudah seperti sekarang, Google Form menjadi salah satu pilihan alternatif di dalam mengadakan penilaian siswa. Bahkan, hampir semua kalangan guru sudah memanfaatkan atau menggunakan Google Form.

Pembelajaran jarak jauh dengan cara daring memang tidak memungkinkan untuk siswa datang ke sekolah dan mengerjakan ujian dengan cara paper based test. Artinya, bisa saja guru mengirimkan soal melalui file word.

Sayangnya, sampai dengan saat ini masih ada beberapa guru yang kurang paham dengan cara membuat soal Google Form. Sedangkan, untuk kalangan guru dan Sahabat gitablog yang penasaran dengan Google Form bisa langsung saja simak penjelasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Google Form?

Google Form atau yang sering disebut dengan Google Formulir adalah salah satu layanan yang dikeluarkan oleh pihak Google. Dengan adanya Google Form bisa memberikan kemungkinan kepada bapak atau ibu guru untuk membuat tanya jawab dengan fitur secara online.

Selain itu, untuk guru juga bisa membuat survey secara online sesuai dengan kebutuhan. Dengan menggunakan program atau sistem tersebut, maka jawaban bisa langsung diisi oleh audiens.

Banyak dari beberapa guru yang menggunakan Google Form untuk membuat kuesioner, formulir secara online, quick count dan masih banyak lainnya lagi. Lebih menariknya lagi, untuk penggunaan Google Form ini bisa dipergunakan secara gratis atau tidak berbayar.

Manfaat Google Form untuk Dunia Pendidikan

Sebagai program administrasi, Google Form juga memberikan manfaat yaitu untuk mempermudah pelaksanaan survei. Dengan menggunakan Google Form ini bisa membuat para pengguna untuk membuat survei secara online. Hanya dengan mengirimkan link kepada para audiens, maka beberapa audiens atau responden sudah bisa langsung mengirimkan jawaban tersebut.

Tidak hanya itu saja, untuk para pengguna juga dipermudah di dalam mengoleksi dan sekaligus mengumpulkan data dengan rapi. Penggunaan Google Form ini juga bisa menghemat kertas.

Cukup dengan menyebarkan link kepada beberapa responden, maka sudah bisa langsung mendapatkan beberapa jawaban. Dengan adanya teknologi tersebut, maka bisa mempermudah para penggunanya untuk menghemat medis seperti tinta, kertas, waktu dan tenaga.

8 Cara Membuat Soal Google Form

Cara Membuat Soal Google Form

Google Form atau yang sering disebut dengan formulir ini sangat mudah sekali untuk dipergunakan dan dibuat. Syarat utama untuk membuat Google Form, yaitu mempunyai akun Google. Untuk beberapa cara membuat soal Google Form yang harus Sahabat gitablog lakukan adalah:

1. Cara membuat soal Google Form yang pertama adalah membuka browser dan mengetikkan kata kunci “Google Form atau Formulir”. Selanjutnya, Sahabat gitablog bisa langsung saja memberikan klik pada bagian 9 titik yang berada di pojok kanan atas layar. Lakukan scroll sampai dengan bawah dan menemukan menu “formulir atau form”.

2. Cara membuat soal Google Form yang kedua bisa langsung membuka formulir dengan memberikan klik pada kolom “+”. Pilih juga kolom dengan tulisan “blank” atau “kosong”.

3. Cara membuat soal Google Form yang ketiga, yaitu memberikan nama soal pada bagian pojok kiri atas. Berikan klik pada kolom dengan tulisan “untitled form”.

4. Cara membuat soal Google Form keempat, langsung buat saja beberapa pertanyaan seputar identitas siswa. Contoh mudahnya, Sahabat gitablog bisa menyebutkan nama, kelas dan masih banyak lainnya lagi.

5. Cara membuat soal Google Form kelima, yaitu berikan tsahabat gitablog menu “+” yang berada di sebelah kanan atas untuk menambahkan beberapa soal.

6. Cara membuat soal Google Form keenam, lakukan penulisan soal sesuai dengan apa yang diinginkan. Sebelum menuliskan pertanyaan, Sahabat gitablog bisa memilih menu atau kolom bertuliskan “question”.

7. Cara membuat soal Google Form ketujuh, pilih mode soal apakah ingin membuat model pilihan gsahabat gitablog, singkat atau masih banyak lainnya lagi. Untuk cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan memilih ikon atau menu panah yang menghadap ke bawah. Selanjutnya, berikan klik lagi pada mode pertanyaan sesuai dengan keinginan.

8. Cara membuat soal Google Form kedelapan, jangan lupa memberikan klik pada menu “setting” dan mengubah menjadi mode quiz. Untuk langkah atau cara yang satu ini bisa mempermudah guru dalam memberikan skor dan kunci jawaban.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Google Form

Seperti yang diketahui, untuk setiap program yang ada saat ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Beberapa kelebihan dan kekurangan pada saat menggunakan Google Form, adalah:

Kelebihan Menggunakan Google Form

1. Sangat Mudah Dipergunakan

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, untuk sistem atau program Google Form ini sangat mudah sekali dipergunakan. Apalagi, di era yang serba mudah seperti sekarang ini ada banyak di halaman internet yang memberikan tutorial mengenai cara membuat soal Google Form. Bagi Sahabat gitablog yang baru saja pertama kali menggunakan Google Form, maka tidak ada salahnya untuk menonton video tutorialnya terlebih dahulu.

2. Dapat Dibagikan Secara Mudah

Tidak hanya sekedar mudah dipergunakan saja. akan tetapi Google Form juga mudah dibagikan kepada para pengguna lainnya. Hanya dengan memberikan klik pada tombol kirim atau send, maka pengguna lain sudah bisa mengakses Google Form tersebut.

3. Bisa Diberikan Sajian Data yang Sangat Bervariasi

Untuk penyajian data yang diberikan oleh Google Form ini bisa diberikan tampilan dalam berbagai bentuk. Penghimpunan data yang telah dilakukan ini bisa disajikan dalam bentuk diagram. Bahkan, bisa juga sajian data yang diberikan dalam bentuk spreadsheet.

4. Mempunyai Sifat Open Source

Kelebihan pada saat menggunakan Google Form yang paling akhir adalah bersifat open source. Artinya, untuk para penggunanya tidak akan dikenakan biaya sama sekali atau dipungut bayaran. Pastinya, dengan hal tersebut bisa membuat kalangan guru merasa dimudahkan.

Cara Membuat Soal Google Form

Kekurangan Menggunakan Google Form

Tidak hanya kelebihan saja yang didapatkan pada saat menggunakan Google Form. Ada juga beberapa kekurangan ketika menggunakan Google Form, sebagai berikut:

1. Tidak Menggunakan Equation

Salah satu kekurangan pada saat menggunakan Google Form adalah tidak bisa menggunakan equation secara langsung. Seperti yang diketahui, untuk Google Form ini belum bisa menggunakan lambing matematika  pada setiap membuat formulir pertanyaanya.

2. Belum Menyediakan Survei dengan Skala Thurstone

Google Form hanya menyediakan 10 batas rasio linear saja. Artinya, pada saat menggunakan Google Form belum menyediakan rasio dengan skala thurstone. Sehingga, untuk masalah perhitungan matematika para pengguna bisa membantu sistem yang excel atau lainnya.

Memang, disaat membicarakan perihal cara membuat soal Google Form ini memang tidak akan ada habisnya. Ketika masih bingung dengan cara yang sudah disebutkan diatas, Sahabat gitablog juga bisa memilih dengan menggunakan tutorial berbasis video.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap mengenai perihal cara membuat soal Google Form. Semoga dengan adanya penjelasan diatas bisa membantu Sahabat gitablog yang ingin membuat soal menggunakan Google Form.