10 Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan Paling Recommended untuk Siswa

Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan

10 Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan Paling Recommended untuk Siswa – Di zaman sekarang, belajar dapat dilakukan dimana saja tanpa batas waktu ataupun tempat. Hal ini jelas saja membantu siswa yang sulit fokus belajar di jam-jam tertentu. Aktivitas belajar dimanapun dan kapan saja dapat dilakukan dengan bantuan aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan. Para peserta didik bisa dengan mudah mengunduh aplikasi belajar secara gratis demi menunjang aktivitasnya menuntut ilmu.

Menariknya lagi, aplikasi belajar gratis dan tanpa harus berlangganan dapat diakses di seluruh perangkat mulai dari HP, tab, komputer ataupun laptop. Dijamin siswa akan lebih mudah menangkap semua materi yang diajarkan karena proses belajarnya berlangsung secara aman, nyaman, dan menyenangkan. Bagi Anda yang membutuhkan rekomendasi aplikasi belajar gratis dan tak harus berlangganan bisa simak informasinya di bawah ini.

Rekomendasi Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan untuk Semua Kalangan

Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan

Kemunculan aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan merupakan pertanda kemajuan pendidikan di Indonesia. Aplikasi tersebut menjadi jalan keluar bagi siswa yang membutuhkan teman nyaman untuk belajar sekaligus cara kreatif agar dapat menerapkannya. Tak hanya itu, aplikasi belajar gratis juga memuat media dengan konten menarik untuk menunjang aktivitas pembelajaran peserta didik baik di sekolah ataupun di rumah.

Untuk itulah, aplikasi belajar gratis tanpa harus berlangganan sering kali menjadi pilihan ketika orang tua merasa kebingungan ketika buah hatinya kesulitan menerima pelajaran karena caranya terlalu monoton. Kini Anda bisa dengan mudah menemukan aplikasi belajar gratis tanpa harus berlangganan dan dapat mendownloadnya langsung ke perangkat. Rekomendasi aplikasinya bisa Anda simak selengkapnya di bawah ini.

1.      Brainly

Aplikasi pertama yang menyediakan layanan belajar gratis dan tanpa harus berlangganan adalah Brainly. Anda bisa mendownload aplikasi tersebut di berbagai perangkat mulai dari iOS, android, maupun website. Di dalamnya tersedia banyak mata pelajaran yang dapat dipilih oleh siswa dan siswi sebagai pengguna. Brainly dapat digunakan oleh siswa dari sekolah dasar sampai sekolah menengah atas.

Setidaknya terdapat 25 jenis mata pelajaran berbeda yang bisa dimanfaatkan penggunanya. Selain itu, pengguna bisa saling membantu menjawab pertanyaan yang diajukan oleh pengguna atau siswa lain dengan menggunakan metode satu lawan satu. Memang Brainly dibuat untuk melihat seberapa baik pengguna atau siswa mengetahui jawabannya. Oleh sebab itu, ini juga merupakan aplikasi saling berbagi pengetahuan yang baik.

2.      Rumah Belajar

Nama aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan terbaik berikutnya adalah Rumah Belajar. Aplikasi belajar online satu ini hadir sebagai pendamping pembelajaran yang dikembangkan oleh Kemendikbud. Kehadiran aplikasi belajar secara online seperti ini ditujukan sebagai dukungan belajar selama di rumah. Aplikasi Rumah Belajar mempunyai sejumlah tool yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna.

Tool tersebut salah satunya ada laboratorium maya yang merupakan pengganti laboratorium di sekolah. Selain itu di dalamnya juga terdapat banyak fitur menarik seperti buku sekolah elektronik, kelas digital, bank soal, sumber belajar, sampai karya sastra dan bahasa. Menariknya lagi, siswa dan siswi bisa mengakses aplikasi Rumah Belajar secara gratis, mengingat tidak ada upaya marketing seperti aplikasi lainnya.

3.      ICANDO

Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan

Berikutnya ada ICANDO yaitu aplikasi belajar anak mitra Kemdikbud Indonesia. Aplikasi ICANDo diciptakan dengan maksud menjadikan anak sebagai aktor utama dalam sebuah proses pembelajaran. ICANDO sendiri terdiri dari beberapa aspek penting yaitu tenaga pengajar, ahli kurikulum, kreator kreatif, dan para pemikir. Semuanya berkolaborasi untuk menghasilkan pembelajaran yang berbasis digital terbaik.

Aplikasi ICANDO ternyata cocok untuk anak-anak berusia 0 hingga 6 tahun. Di dalamnya terdapat fitur ICANDO sekolah, anak, dan orang tua. Bukan itu saja, di dalamnya juga tersedia tema pembelajaran menarik yang mampu mendukung anak PAUD. Tak hanya materi belajar, di dalamnya juga tersedia game digital edukasi yang dapat mengasah kemampuan komunikasi anak, kreatif, dan berpikir secara kritis.

4.      Zenius

Zenius juga termasuk ke dalam rekomendasi aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan yang wajib Anda coba. Aplikasi Zenius sendiri sangat cocok digunakan untuk anak SD, SMP, SMA, sampai persiapan masuk ke sebuah perguruan tinggi sekalipun. Zenius juga menjadi aplikasi yang mempunyai banyak mata pelajaran dan sudah sesuai dengan standar pendidikan secara resmi di Indonesia.

Aplikasi Zenius menyelenggarakan sistem pendidikan dengan video dan audio untuk belajar yang membuat peserta didik tak akan merasa cepat bosan. Namun jika Anda ingin mengakses semua fitur dan media pembelajaran lebih lengkap di Zenius, maka perlu berlangganan sesuai paket yang tersedia. Tetapi semua itu sepadan, karena Zenius hadir dengan tampilan antarmuka yang bagus dan sistem pembelajaran menyenangkan.

5.      Meja Kita

Aplikasi lain yang recommended untuk belajar gratis tanpa biaya langganan adalah Meja Kita. Sebagai informasi, Meja Kita adalah organisasi nirlaba yang dibentuk oleh sekumpulan pelajar. Di dalam website resminya, terdapat informasi bahwa Meja Kita sudah digunakan di 316 kota berbeda di seluruh Indonesia. Aplikasi Meja Kita mempunyai sejumlah fitur belajar yang dapat dimanfaatkan oleh siswa dan siswi.

Fitur tersebut di antaranya Try Out, Diskusi PR, SBMPTN, Rumus, UTBK, dan Belajar Bersama. Tak hanya itu, ada pula beberapa materi belajar yang ditujukan kepada anak SD sampai SMA/SMK dengan tema berbeda-beda. Dengan adanya materi belajar tersebut, anak sebagai pengguna bisa mendapat penjelasan lengkap terkait tema tertentu. Apalagi di dalamnya juga tersedia latihan soal dan kunci jawaban yang mampu mengasah kemampuan anak-anak.

6.      Kelas Pintar

Masih ada lagi aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan yang wajib Anda coba lainnya. Nama aplikasi satu ini adalah Kelas Pintar yang tak kalah keren. Sekedar informasi, aplikasi Kelas Pintar adalah aplikasi yang bisa dijadikan sebagai teman belajar secara online. Oleh sebab itu, baik siswa maupun guru dapat mengakses seluruh materi pembelajaran yang tersedia di dalam aplikasi Kelas Pintar secara gratis.

Tak hanya itu, kelebihan lain yang ditawarkan oleh aplikasi Kelas Pintar adalah dapat memberikan ruang. Jadi selain bisa diakses dan digunakan oleh guru dan siswa, ternyata di dalamnya ada pula personalisasi dashboard untuk para orang tua. Materi kurikulum yang terdapat di dalam aplikasi Kelas Pintar mengacu kepada materi Kurikulum 2013. Oleh karenanya semua pengguna tak perlu khawatir tentang muatan kurikulum di dalamnya.

7.      Sekolahmu

Aplikasi Belajar Gratis Tanpa Berlangganan

Aplikasi Sekolahmu akan membantu semua pengguna di berbagai jenjang pendidikan mulai dari Taman Kanak-Kanak, PAUD, SD, SMP, SMA, sampai persiapan UTBK sekalipun. Menariknya aplikasi Sekolahmu juga mempunyai kelas untuk pengguna yang ingin belajar Al Qur’an dan Bahasa Inggris. Oleh sebab itulah, Sekolahmu kerap kali disebut sebagai aplikasi yang akan membantu penggunanya belajar secara sungguh-sungguh.

Sekolahmu menyediakan banyak layanan seperti materi kreatif, webinar, dan tugas yang wajib diserahkan untuk dinilai. Menariknya aplikasi Sekolahmu juga menyediakan kursus gratis ataupun berbayar untuk para orang tua di dalamnya. Namun untuk menggunakan semua fitur bagus yang ada di dalam Sekolahmu, pengguna harus membayar. Tetapi tak perlu risau, sebab ada konsultasi gratis sebelum Anda memutuskan level mana yang dibutuhkan.

8.      Kipin School 4.0

Kipin School menjadi aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan terbaik berikutnya yang dapat pengguna download di Google Play Store, Windows Store, ataupun App Store. Karena itulah, aplikasi Kipin School 4.0 dapat digunakan oleh pengguna di seluruh perangkat baik smartphone ataupun komputer. Kipin School 4.0 merupakan aplikasi yang dibuat untuk siswa di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, ataupun SMK.

Di dalamnya terdapat pustaka pembelajaran yang lengkap dan sistem ujian untuk semua sekolah di Indonesia. Anak sebagai pengguna bisa mendownload bermacam materi pelajaran yang tersedia, yakni ribuan buku pelajaran sekolah, video pendidikan, soal latihan tryout, komik literasi yang ditujukan untuk semua tingkat pendidikan. Selain itu, ada juga fasilitas fitur Download & Go supaya siswa tak perlu mengakses internet untuk mengaksesnya.

9.      Microsoft Office 365

Banyak orang yang menganggap aplikasi belajar online hanya tersedia di Google. Namun faktanya tak hanya Google yang membuka kelas aplikasi belajar secara online. Sebab Microsoft Office ternyata turut meluncurkan aplikasi belajar. Adapun aplikasinya bernama Microsoft Office 365 yang memiliki kualitas unggulan dan tak perlu diragukan lagi. Anda sebagai pengguna dapat mengakses semua fitur di dalamnya dengan mudah.

Microsoft Office 365 menyediakan layanan ruang kelas yang selalu diperbarui secara real time. Di dalamnya terdapat fitur menarik seperti Word, Onenote, Excel, Microsoft Teams, serta Powerpoint sekalipun. Aplikasi satu ini bisa dinikmati oleh semua kalangan mulai dari siswa dan guru dengan syarat mempunyai email terlebih dahulu. Anda bisa mengunduh Microsoft Office 365 di komputer untuk memudahkan aksesnya.

10.  Ruang Guru

Rekomendasi aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan terbaik untuk Anda gunakan selanjutnya adalah Ruang Guru. Aplikasi Ruang Guru menyasar para pemangku kepentingan pendidikan mulai dari siswa, orang tua, guru, organisasi, sampai pemerintah. Aplikasi Ruang Guru menghadirkan sistem manajemen pembelajaran yang bisa dipakai oleh siswa dan guru agar dapat mengelola aktivitas pembelajaran lewat kelas virtual.

Dengan begitu, pengguna bisa melakukan pembelajaran privat dimana saja dan kapan saja karena guru online di Ruang Guru tersedia selama 16 jam satu hari dan setiap hari. Para peserta didik bisa memakai ponsel mereka agar bisa mengambil gambar soal yang sulit, mempostingnya, lalu mengobrol ataupun melakukan panggilan suara bersama guru secara online. Namun semua fasilitas menarik di Ruang Guru membebankan biaya kepada pengguna.

Baca Juga: 5 Tutorial Download Google Meet untuk Laptop Gratis, Bisa Buat Semua Versi

Itulah rekomendasi aplikasi belajar gratis tanpa berlangganan yang bisa Anda download sekarang juga. Dengan deretan aplikasi tersebut, Anda sudah tak perlu khawatir jika ingin belajar secara online.