Bacaan Doa Sesudah Belajar Anak PAUD, Ajarkan Anak untuk Keberkahan Ilmu

Doa Sesudah Belajar Anak PAUD

Bacaan Doa Sesudah Belajar Anak PAUD, Ajarkan Anak untuk Keberkahan Ilmu – Bagi anak yang beragama islam penting untuk diajarkan bacaan doa-doa pendek sebagai pelajaran dunia dan akhiratnya. Apalagi banyak doa yang dianjurkan untuk dibaca oleh anak usia dini seperti PAUD, salah satunya adalah doa sesudah belajar anak PAUD. Sesuai dengan namanya, ini merupakan doa yang perlu dibaca oleh anak di jenjang pendidikan PAUD ataupun yang lebih tinggi untuk keberkahan setelah menuntut ilmu.

Sebenarnya dalam doa tidak ada batas usia atau ketentuan umur pembacanya. Tetapi memanjatkan doa setelah belajar untuk anak PAUD dimaksudkan agar anak-anak yang belum banyak belajar tentang hafalan bisa dengan mudah membaca doa tersebut. Selain itu, orang tua juga akan lebih mudah mengajarkan buah hatinya bacaan doa setelah belajar untuk anak PAUD tanpa khawatir salah bacaan maupun artinya.

Pentingnya Mengajarkan Bacaan Doa Sesudah Belajar Anak PAUD

Doa Sesudah Belajar Anak PAUD

Sejak dini, memang orang tua sebaiknya mulai mengajarkan bermacam doa pendek kepada anak, seperti doa sesudah belajar anak PAUD ataupun doa sebelum belajar. Dengan mengajarkan doa kepada anak ketika mereka masih kecil, besar harapan ketiak dewasa nanti buah hati Anda akan terbiasa dan terus melakukannya. Mengajarkan bacaan doa kepada buah hati juga perlu dilakukan secara rutin.

Selain itu, anak-anak juga memerlukan figur yang bisa dijadikan contoh. Oleh sebab itulah, kedua orang tua sepatutnya selalu mendampingi buah hati dalam belajar berdoa dan menjadi contoh secara terus menerus. Jika Anda tak bisa terus mendampingi si kecil dalam membaca doa, solusinya adalah dengan memberikan rekaman doa yang perlu dibaca saat buah hati selesai menimba ilmu atau belajar.

Tak hanya itu, orang tua juga bisa menempel lafadz doa setelah belajar untuk anak PAUD di tempat tertentu yang berhubungan dengan belajar seperti meja, dinding, ataupun rak buku. Jangan lupa untuk membekali anak dengan buku yang didalamnya berisi kumpulan doa ataupun amalan yang bisa dilakukan setelah belajar. Hal tersebut akan membuat si kecil lebih lancar dalam menghafal doa setelah belajar untuk anak PAUD tersebut.

Sebagai orang tua, Anda juga jangan merasa ragu untuk memuji ataupun sekedar memberikan apresiasi kecil kepada anak setiap kali mereka memanjatkan doa sesudah belajar anak PAUD. Dengan begitu, anak-anak pastinya lebih merasa bersemangat dan tak harus menunggu perintah untuk membaca doanya. Untuk itulah, peranan kedua orang tua sangatlah penting supaya anak mampu membaca doa setelah belajar.

Kumpulan Doa Setelah Belajar untuk Anak PAUD

Doa Sesudah Belajar Anak PAUD

Sekedar informasi, doa setelah belajar untuk anak PAUD maupun jenjang pendidikan lain termasuk dalam pembiasaan yang wajib diajarkan oleh guru dan orangtua murid. Tujuan siswa diajarkan berdoa kapanpun termasuk setelah belajar adalah supaya siswa PAUD diajarkan untuk mengenal Allah SWT lewat kegiatan kebiasaan mereka setiap hari. Mengajarkan doa juga hal yang tepat lantaran usia dini adalah masa absorbent mind buah hati.

Mengajarkan anak memanjatkan doa sesudah belajar anak PAUD ditujukan untuk permohonan ridha Allah SWT dan berharap ilmu yang telah diterima sebelumnya bisa bermanfaat bagi banyak orang. Apalagi Nabi Muhammad SAW juga menyebut keistimewaan menuntut ilmu adalah memudahkan jalan menuju surga. Banyak pilihan bacaan doa setelah belajar yang bisa Anda ajarkan untuk anak PAUD. Doa tersebut di antaranya:

اَللّٰهُمَّ اِنِّى اِسْتَوْدِعُكَ مَاعَلَّمْتَنِيْهِ فَارْدُدْهُ اِلَىَّ عِنْدَ حَاجَتِىْ وَلاَ تَنْسَنِيْهِ يَارَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Allaahumma innii istaudi’uka maa ‘allamtaniihi fardud-hu ilayya ‘inda haajatii wa laa tansaniihi yaa robbal ‘alamiin

Artinya:  “Ya Allah, sesungguhnya ku titipkan kepada-Mu apa yang telah Engkau ajarkan kepadaku, maka kembalikanlah dia kepadaku disaat aku membutuhkan-nya. Janganlah Engkau buat aku lupa kepadanya. wahai Tuhan pemelihara alam.”

Adab Membaca Doa Setelah Belajar untuk Anak PAUD

Tidak hanya mengajarkan bacaan doa setelah belajar untuk anak PAUD, tak ada salahnya orang tua turut mengajarkan buah hati bagaimana adab yang baik ketika memanjatkan doa setelah belajar untuk buah hati. Dengan mengajarkan hal tersebut, diharapkan anak bisa lebih disiplin dalam memanjatkan doa. Selain itu, besar harapan agar Allah SWT mengabulkan doa setelah belajar yang dipanjatkan oleh buah hati Anda.

Sebagai referensi, berikut ini ada beberapa adab membaca doa setelah belajar yang bisa orang tua ajarkan kepada buah hatinya yang tengah belajar di tingkat dasar alias PAUD:

1.      Memantapkan Hati dengan Niat yang Ikhlas

Ketika membaca doa setelah belajar untuk anak PAUD, hendaknya orang tua mengajarkan buah hati untuk memantapkan hati dengan niat yang ikhlas dalam berdoa. Adab seperti ini sangat penting supaya anak diajarkan untuk berdoa karena kebutuhan dan bukan karena paksaan kedua orang tuanya. Dengan hati yang ikhlas, niscaya Allah SWT akan memberikan kemudahan dan keberkahan dalam menuntut ilmu.

Selain itu, hati dengan niat yang ikhlas akan lebih mudah mendatangkan kelancaran dalam belajar. Memantapkan hati dengan niat membaca doa juga memudahkan buah hati Anda dalam menghafalkan doanya. Dengan begitu, orang tua tidak perlu berulang kali mengajarkan anak-anaknya tentang bacaan doa setelah belajar. Ini tentu harapan kedua orang tua bagi semua anaknya yang tengah duduk di bangku PAUD.

2.      Bersungguh-Sungguh

Adab berikutnya dalam membaca bacaan doa sesudah belajar anak PAUD adalah bersungguh-sungguh. Ajarkan buah hati Anda untuk berdoa dengan sungguh-sungguh kepada Allah SWT meskipun sudah menerima pendidikan. Sungguh-sungguh sangatlah penting supaya Allah SWT mengabulkan doa dan harapan buah hati Anda dalam hal menuntut ilmu demi masa depannya.

Sikap bersungguh-sungguh juga sangat penting ketika mencari ilmu supaya mendapat kebermanfaatan dan keberhasilan. Untuk itu, Anda bisa mengajarkan buah hati mewujudkan kesungguhan itu dengan rajin hadir, berperilaku dengan baik, memperdalam ilmu, rajin mengerjakan tugas, sering membaca buku, dan tentunya membaca doa. Besar harapan semua itu bisa mendatangkan kelancaran dalam menuntut ilmu.

3.      Membaca Doa Dengan Baik dan Benar

Ketika mengajarkan doa setelah belajar, harap perhatikan bacaan yang buah hati Anda ucapkan. Pasalnya tidak jarang anak PAUD belum lancar dalam berbicara, apalagi bahasa Arab yang ada dalam doa setelah belajar. Jangan sampai buah hati Anda membaca bacaan doa setelah belajar secara asal-asalan dan tidak memperhatikan setiap bacaannya apakah sudah sesuai dengan doa yang benar atau justru belum.

Hal ini penting supaya anak Anda terbiasa disiplin dalam memanjatkan doa kepada Allah SWT. Mengingat bacaan doa kepada Allah SWT tidak bisa dipermainkan ataupun diucap secara sembarangan. Memperhatikan setiap bacaan si kecil juga sekaligus melatih kelancaran berbicara anak Anda yang masih berada di usia PAUD. Dengan demikian, anak Anda bisa melafalkan bacaan sebaik mungkin walaupun masih belia.

Manfaat Memanjatkan Doa Setelah Belajar untuk Anak PAUD

Doa Sesudah Belajar Anak PAUD

Perlu Anda ketahui, membaca doa sesudah belajar anak PAUD bukanlah sekedar bacaan dalam bahasa Arab. Pasalnya banyak sekali manfaat dan keutamaan bagi siapa saja yang membaca doa setelah belajar. Anda sepatutnya memberitahukan hal ini kepada si kecil supaya mereka lebih bersungguh-sungguh dalam membaca doa setelah belajar. Beberapa manfaat bagi orang yang rajin dan ikhlas membaca doa setelah belajar di antaranya:

1.      Dihilangkan Rasa Ragunya

Dalam proses belajar tidak jarang anak menghadapi keraguan, baik sebelum maupun sesudah pembelajarannya. Hal ini tentu menghambat si kecil menerima pengetahuan atau ilmu baru karena masih memikirkan hal yang membuatnya ragu. Sebagai orang tua, Anda bisa mengatasinya dengan memberikan pengertian sebaik mungkin untuk menghilangkan keraguan sekaligus meyakinkannya dengan ajaran yang benar.

Disinilah peranan doa setelah belajar untuk anak PAUD cukup besar. Pasalnya dengan membaca doa, niscaya keraguan yang tengah dirasakan si kecil hilang atas izin Allah SWT. Sebab Allah SWT akan membantu si kecil menghilangkan rasa ragunya dan memberikan petunjuk tentang ilmu yang benar. Jelas saja hal ini akan membantu proses belajar buah hati menjadi lebih baik dan tidak ada keraguan sama sekali.

2.      Diberi Kemudahan

Ketika belajar atau mencari ilmu, anak PAUD Anda akan sering kali mengalami gangguan dan rintangan berbeda-beda. Tentu saja gangguan dan rintangan tersebut akan membuat anak cenderung lama menerima ajaran yang seharusnya sudah ia kuasi. Bentuk gangguan atau rintangannya sendiri bermacam-macam mulai dari rasa malas, rasa kantuk, dan sulitnya si kecil menerima ilmu padahal sudah berulang kali dijelaskan.

Untuk itulah, penting bagi orang tua mengajarkan doa sesudah belajar anak PAUD kepada si kecil sekarang juga. Sebab doa tersebut akan menghilangkan semua rintangan dan gangguan selama proses belajar maupun setelah pembelajaran. Insya Allah anak akan terhindar dari semua gangguan di sesi pembelajaran berikutnya sesudah ia membaca doa. Selain itu, anak juga menjadi lebih mudah mencerna dan memahami ilmu yang didapatkan.

3.      Merupakan Amalan Baik

Semua doa yang Anda ajarkan kepada buah hati sekalipun berupa doa setelah belajar untuk anak PAUD merupakan sebuah amalan baik. Bahkan ganjaran dari bacaan doa tersebut adalah pahala dan mendatangkan keberkahan di mata Allah SWT. Apalagi jika doa itu diiringi dengan kerja keras dan kesungguhan dalam belajar. Niscaya anak Anda belajar meraih keberkahan di dunia dan di akhirat kelak.

Dengan mulai belajar membaca doa setelah belajar untuk anak PAUD, si kecil juga bisa lebih mudah mempelajari ibadah lain yang sesuai dengan ajaran agama seperti shalat, puasa, mengaji, dan masih banyak lagi. Untuk itu, mulailah mengajarkan buah hati bacaan doa setelah belajar secara sungguh-sungguh agar si kecil bisa paham betapa pentingnya beribadah dan berdoa kepada Allah SWT.

Baca Juga: Berapa Gaji Guru di British School Jakarta? Simak Jawabannya Disini

Itulah pembahasan seputar bacaan doa sesudah belajar anak PAUD yang perlu Anda ajarkan kepada buah hati sejak dini. Begitu banyaknya keutamaan dari bacaan doa tersebut yang seharusnya menjadi tambahan semangat untuk mengajarkannya kepada si kecil. Sebaiknya Anda mengajarkan anak membaca doa setelah belajar dengan adab yang benar agar si kecil tidak sembarangan dalam berdoa.