Tidak Perlu Insecure, Begini Caranya Mencegah Insecure

Begini Caranya Mencegah Insecure

Tidak Perlu Insecure, Begini Caranya Mencegah Insecure Seringkali kita mendengar “Jadi merasa insecure ngeliat orang itu”. Apa sih “Insecure” yang sebenarnya itu?

Insecure bisa dikatakan perasaan yang tidak aman yang pasti semua orang alami. Insecure bisa terjadi karena waktu kita ngerasa bersalah, malu, kekurangan suatu hal atau bahkan tidak mampu yang mengkibatkan timbulnya rasa takut berinteraksi dengan orang luar. Padahal interaksi sama orang luar itu penting buat kehidupan sehari hari.

Tidak Perlu Insecure, Begini Caranya Mencegah Insecure

Alasan lain yang lebih kuat merasa tidak aman & nyaman karena selalu menilai dirinya tidak percaya diri bahkan rendah. Contoh tidak percaya diri biasanya karena warna kulit, tinggi dan berat badan, bentuk wajah tak sesuai dengan keinginan yang nantinya mancarin aura canggung.

Insecure Berdampak Buruk Secara Longterm

Sebenarnya Insecure itu hal yang wajar dirasakan tiap orang. Tapi perasaan ini kalau berlarut-larut bakal ada dampak buruknya buat kehidupan kita dikemudian hari dan menjadi suatu masalah yang besar. Insecure dengan jangka yang sangat panjang akan membuat diri kita menjadi pasif, selain itu insecure dalam jangka panjang juga bisa mengganggu kesehatan mental.

Akibatnya kita selalu berpikir berlebih atau “overthinking” tentang diri kita. Ketika kita sudah overthinking, kita bakal ngerasa sedih dan bisa juga sampai di titik kita menyakiti diri sendiri. Maka dari itu Insecure dalam jangka panjang bisa mengganggu kesehatan mental kita.

Merasa insecure juga sangat sangat tidak baik buat kebahagiaan diri sendiri dan keseharian kita pun bakal terganggu. Tapi jangan langsung memandang bahwa insecure itu adalah mental ilness ya. Tetapi jika memang sudah terjebak insecure terus menerus bahkan sampai overthinking kita tetap butuh seorang psikolog.

Tanda Kamu Sedang Insecure

Inilah tanda-tanda yang dirasakan ketika seseorang sedang terjebak dalam perasaan insecure:

  1. Merasa Rendah Diri

2. Mengalami ketakutan yang berlebihan

3. Tidak mau keluar dari Zona Nyaman

4. Sering membandingkan diri dengan orang lain.

Orang orang yang selalu insecure selalu merasa takut akan adanya kegagalan dan suatu penolakan, sifat yang terlalu perfeksionis, kurang percaya diri karena kecemasan sosial, pola asuh yang kurang tepat, dan korban bullying.

Begini Caranya Mencegah Insecure

Tapi jangan takut, insecure bisa diatasi kok. Simak yuk, Inilah caranya mencegah insecure yang berlebihan:

STOP MEMBANDINGAN DIRI SENDIRI DENGAN ORANG LAIN 

“You’re not created to be compared”, Tuhan menciptakan umatnya pasti punya kelebihan dan kekurangan masing masing. Jangan berpikir tidak berharga dan ingat semua punya takaran masing masing.

KURANGILAH PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL

Karena sosial media kita bisa melihat atau bahkan diri sendiri bebas mengekspresikan sesuatu. Maka dari itu kurangi penggunaan media sosial agar kita tidak lagi membandingkan diri kita dengan orang lain yang ada di media sosial.

CARI LINGKUNGAN YANG POSITIF

Ketika kita sedang down karena insecure. Carilah suatu lingkup yang bisa menyebarkan aura positif. Seperti teman dan keluarga. Bahkan disinilah kita bisa mencari support system agar kita kembali percaya diri dan jauhi orang yang tidak bisa memberikan “POSITIVE VIBES”.

SELF LOVE

Ini kunci kedua setelah kita bersyukur adalah Self Love. Self Love bisa dilakukan apa saja. Contoh kalian bisa bicara didepan kaca “Aku cantik hari ini” atau “Aku tampan hari ini” atau menulis di kertas tentang poin plus, apa yang disukai dari dirimu, tentang pujian-pujian positif yang orang lain pernah sampaikan ke dirimu.

Dan selalu ingatlah Setiap orang punya suatu kelebihan dan kekurangan masing masing “Each of us are special and unique in our own”, bahwa tidak ada produksi lain seperti dirimu di dunia ini. Buat kalian yang masih suka insecure PLIS STOP IT!!! Sayangilah dirimu.

Jangan menghabiskan waktumu untuk membandingkan dirimu dengan orang lain. Tuhan menciptakan umatnya tidak semua sama rata. Pasti ada kelebihan dan kekurangan tiap manusia. Kalau kalian masih berfikir untuk menjadi yang terbaik dari yang terbaik, kalian gak bersyukur sama apa yang udah Tuhan kasih ke kalian. Kalau kalian yang suka insecure bilang gak punya kelebihan, kalian salah. Belum tentu orangg lain punya kelebihan yang kalian miliki.