Berapa Biaya Ganti Keyboard Laptop? Inilah Harga Terbarunya 2023

Biaya Ganti Keyboard Laptop

Berapa Biaya Ganti Keyboard Laptop? Inilah Harga Terbarunya 2023 – Sebagaimana yang diketahui, bahwa perangkat laptop ini memang sangat bermanfaat di dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, untuk perangkat elektronik ini dapat digunakan untuk membantu Anda di dalam melakukan berbagai aktivitas. Misalnya belajar, bekerja dan masih banyak lainnya.

Namun, seiring berjalanya waktu pemakaiannya tentu laptop bisa saja mengalami permasalahan atau gangguan. Salah satu permasalahan yang sering dialami oleh para pemilik laptop adalah komponen keyboard.

Tentu saja, untuk permasalahan tersebut sangat menjengkelkan bagi para pemilik laptop. Apalagi, ketika hendak akan digunakan dan sedang berada di dalam keadaan darurat. Secara garis besar, sebenarnya banyak faktor menjadi penyebab kenapa keyboard laptop tidak berfungsi atau rusak.

Untungnya, saat ini sudah banyak jasa service elektronik khusus laptop dengan biaya ganti keyboard laptop yang bervariasi. Pada kesempatan kali ini akan membahas lengkap mengenai besaran biaya ganti keyboard . Sedangkan, untuk Anda yang ingin tahu perihal biaya ganti keyboard laptop bisa simak dibawah ini.

Ciri-Ciri Kerusakan Laptop

Biaya Ganti Keyboard Laptop

Sebelum ke pembahasan pertama mengenai biaya ganti keyboard laptop, ada baiknya untuk paham terlebih dahulu beberapa ciri-ciri kerusakannya. Sebagai berikut beberapa ciri-ciri kerusakan keyboard laptop :

  • Ada beberapa tombol yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
  • Ada beberapa tombol yang mengetik sendiri.
  • Keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali.
  • Sistem operasi tidak dapat login dan mentok di boot screen saja.
  • Laptop sama sekali tidak mau menyala atau mati total.

Penyebab Keyboard Cepat Rusak

Seperti yang diketahui, bahwa untuk masalah biaya ganti keyboard laptop ini bergantung dengan tingkat kerusakan. Maka dari itu, sebelum menentukan biaya ganti keyboard lebih baik mengerti penyebabnya terlebih dahulu. Sebagai berikut beberapa penyebab keyboard laptop cepat rusak :

  • Menekan keyboard laptop secara sembarangan atau acak.
  • Menekan tombol kombinasi secara asal-asalan.
  • Ada faktor luas, misalnya kesalahan atau kelalaian para pengguna.
  • Macet karena virus.
  • Laptop berada di dalam kondisi panas.
  • Ada debu di dalam keyboard laptop.
  • Karet tombol keyboard rusak.
  • Menekan tombol keyboard laptop terlalu kuat.
  • Penggunaan keyboard laptop yang berlebihan.
  • Konektor keyboard tidak terhubung dengan benar.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Laptop Dibawah 20JT yang Bisa Dijadikan Sebagai Pilihan

Berapa Biaya Ganti Keyboard Laptop?

Biaya Ganti Keyboard Laptop

Memang benar ketika masalah keyboard laptop ini bisa diatasi dengan berbagai macam solusi, asalkan masih berada di dalam tingkat kerusakan ringan. Akan tetapi, disaat keyboard laptop sudah tingkat parah maka harus mengganti dengan yang baru.

Perlu diketahui, bahwa di setiap tempat service mempunyai biaya ganti keyboard laptop berbeda-beda. Bahkan, hal untuk masalah biaya ganti keyboard laptop ini hanya selisih sedikit.

Pada umumnya, untuk kisaran biaya ganti keyboard laptop adalah Rp300.000,00 – Rp400.000,00. Harus diingat lagi, bahwa untuk masalah biaya ganti keyboard laptop ini bergantung dengan tingkat kerusakan. Biasanya, untuk penggantian keyboard laptop pada tukang service ini membutuhkan waktu kurang lebih 2 hari saja.

Anda bisa menemukan service center resmi dari website masing-masing merk laptop. Apabila lokasinya jauh, maka Anda bisa menghubungi kontak call center terlebih dahulu dan melakukan pengiriman barang agar bisa dilakukan perbaikan.

Banyak dari para pengguna yang mungkin menyebutkan, bahwa harga biaya ganti keyboard laptop ini mahal. Sehingga, dengan biaya ganti keyboard laptop ini banyak dari kalangan masyarakat melakukan perbaikan sendiri.

Perihal tersebut justru membuat kerusakan di keyboard semakin parah. Maka dari itu, alangkah baiknya untuk menggantinya di service center resmi. Tidak ada salahnya, untuk Anda melakukan pengecekan biaya ganti keyboard laptop melalui online terlebih dahulu.

Contohnya, Anda sedang mencari keyboard merk Lenovo dengan merek tertentu. Maka dari itu, Anda bisa mencari dibeberapa toko online mengenai biaya ganti keyboard laptop tersebut.

Nah, disana juga akan tercantum biaya ganti keyboard laptop sesuai dengan merek yang dibutuhkan. Sangat disarankan, Anda mempunyai anggaran biaya ganti keyboard laptop lebih dari Rp200.000,00.

Artinya, ketika di online shop untuk biaya ganti keyboard laptop adalah Rp300.000,00. Maka, untuk di offline penggantian biaya ganti keyboard laptop ini berkisar Rp500.000,00. Pasalnya, untuk biaya ganti keyboard laptop secara offline ini cenderung lebih mahal daripada online.

Jangan lupa, di saat Anda melakukan pergantian keyboard dan sudah mengeluarkan anggaran biaya ganti keyboard laptop ini meminta masa garansi. Dengan masa garansi, Anda bisa lebih aman di saat sudah mengeluarkan anggaran tersebut.

Cara Merawat Keyboard Laptop

Biaya Ganti Keyboard Laptop

Di atas sudah dijelaskan secara lengkap dan jelas mengenai besaran biaya ganti keyboard laptop. Selain itu, jenis dan merek di setiap keyboard ini mempunyai ciri-ciri yang tidak terlalu jauh. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk merawat keyboard laptop, yaitu :

  • Menggunakan on screen keyboard.

Bagaimana, ketika keyboard laptop masih tidak berfungsi dengan baik? Sementara waktu, Anda bisa memanfaatkan fitur keyboard on-screen yang pada umumnya tersedia di semua tipe laptop.

Untuk menggunakannya, Anda bisa langsung pergi ke menu start dan memilih program dan klik on screen keyboard. Dengan menggunakan fitur tersebut, maka di dalam layar akan muncul layout yang bisa digunakan untuk mengetik.

Caranya, yaitu dengan klik menggunakan mouse atau touchpad. Dengan hal tersebut, maka terkesan ribet dan tidak fleksibel. Akan tetapi, cara kali ini dapat selalu digunakan pada saat sedang darurat.

  • Lepas Pasang Baterai

Melakukan reset laptop ini dianggap sebagai salah satu cara yang paling ampuh di dalam mengatasi permasalahan pada keyboard. Untuk melakukan cara satu ini, maka Anda harus melepaskan baterai dan tunggu sebentar.

Di dalam keadaan baterai terlepas, maka Anda bisa menekan tombol power selama 1 menit. Setelah itu, masukkan kembali baterai dan menyalakan kembali laptop tersebut. Pada saat menggunakan cara ini, maka mengatasi masalah keyboard laptop tidak berfungsi dan membuatnya normal kembali.

  • Membersihkan Laptop dari Debu dan Remah Makanan

Salah satu kendala yang umum terjadi, yaitu beberapa tombol saja tidak berfungsi. Penyebabnya juga bisa saja terjadi, karena debu atau rempahan makanan yang masuk di dalam bagian-bagian keyboard.

Alhasil, untuk tombol keyboard tidak dapat ditekan sempurna dan responsif. Satu cara untuk melakukan perbaikan adalah Anda membongkar keyboard laptop dan membersihkan dari debu.

Proses pembongkaran bisa dilakukan dengan cepat. Akan tetapi, Anda harus memastikan laptop tidak menyala dan memiringkan laptop dengan posisi sekitar 90 derajat dan goyangkan sedikit supaya kotoran bisa lebih mudah keluar.

Dari penjelasan diatas, maka bisa disimpulkan bahwa biaya ganti keyboard laptop ini berbeda-beda disetiap tukang service. Dimana, untuk perbedaan biaya ganti keyboard laptop ini akan dipengaruhi oleh tingkat kerumitan dan kerusakan.

Nah, itulah dia penjelasan secara lengkap dan jelas mengenai biaya ganti keyboard laptop dan beberapa hal penting lainnya. Besar harapan dengan adanya penjelasan mengenai biaya ganti keyboard laptop bisa membantu Anda yang sedang mengalami kerusakan pada komponen tersebut.