3 Biaya Magang ke Jepang, Wajib Tahu Sebelum Berangkat

Biaya Magang ke Jepang

3 Biaya Magang ke Jepang, Wajib Tahu Sebelum Berangkat – Jepang termasuk salah satu negara industri yang banyak diimpikan warga Indonesia untuk berkarir di sana. Oleh sebab itu, banyak orang yang mencari program kerja di negara tersebut, salah satunya ikut dalam program magang ke Jepang. Bagi Anda yang tertarik untuk magang ke Jepang, perlu tahu bahwa ada biaya magang ke Jepang yang harus dipenuhi sebelum berangkat dan bekerja di sana langsung.

Sebagai informasi, sebelum berangkat magang ke Jepang, Anda perlu melengkapi serangkaian dokumen serta memenuhi sejumlah persyaratan sebelum pada akhirnya ikut serta pelatihan. Baru setelah itu, Anda diperbolehkan mengikuti magang di perusahaan-perusahaan Jepang. lantas sebesar apa biaya magang ke Jepang yang harus dipersiapkan? Berikut informasi selengkapnya untuk Anda simak sekarang juga.

Berapa Perkiraan Biaya Magang ke Jepang?

Walaupun Anda akan mengeluarkan biaya magang ke Jepang terlebih dahulu, maka tak perlu khawatir. Sebab, para pekerja magang di negara Jepang akan mendapat tunjangan bulanan sekaligus tunjangan yang jumlahnya besar. Pendapatan pekerja magang di Jepang biasanya menyesuaikan keperluan sehari-hari serta biaya hidup sebagian masyarakat lokal di negara Sakura satu ini.

Untuk memahami biaya magang ke Jepang, ternyata ada beberapa biaya yang perlu Anda keluarkan sebelumnya. Informasi rincian biaya selengkapnya bisa Anda simak sebagai berikut.

1.      Biaya untuk Belajar Bahasa Jepang

Biaya Magang ke Jepang

Supaya bisa magang di Jepang, Anda tentu harus mahir berbahasa Jepang serta mempunyai keahlian di bidang tertentu. Biaya magang ke Jepang pertama yang harus Anda keluarkan ketika memiliki keinginan merantau dan magang di sana yaitu biaya untuk mempelajari bahasa Jepang. Sekedar informasi, level minimal yang diperlukan seseorang untuk bisa magang atau bekerja di Jepang adalah N4.

Dengan level ini, setidaknya Anda bisa berkomunikasi secara sederhana dengan orang Jepang asli. Level tersebut didapat setelah calon pekerja menjalani Japanese Language Proficiency Test, yakni ujian kemampuan bahasa Jepang yang dikhususkan untuk kalangan penutur asing bahasa Jepang. Lamanya belajar bahasa Jepang biasanya bervariasi, mulai dari 6 bulan sampai 4 tahun dengan mengikuti perkuliahan Sastra Jepang.

Pada umumnya, orang akan memilih mengambil les bahasa Jepang sambil mengkombinasikan pembelajarannya dengan menonton anime ataupun media pembelajaran lainnya. Biaya magang ke Jepang yang harus Anda keluarkan untuk les bahasa Jepang berkisar Rp 50.000 sampai Rp 100.000 per satu kali pertemuan. Untuk bisa sampai ke level N4, setidaknya Anda perlu waktu 100 sampai 200 jam belajar bahasa Jepang.

2.      Biaya untuk Wawancara Kerja

Biaya Magang ke Jepang

Sesudah mempunyai sertifikat kemampuan berbahasa Jepang, Anda baru bisa melakukan wawancara dengan beberapa perusahaan Jepang. Tenang saja, sebab kali ini Anda tak perlu mengeluarkan biaya magang ke Jepang apapun karena wawancara kerja atau magang di Jepang gratis. Namun untuk akomodasi seperti makan, transportasi, dan menginap ditanggung sendiri.

Selain itu, jangan lupakan biaya lainnya yang perlu dikeluarkan untuk membuat CV, cetak foto, dan tes kesehatan yang perlu dilakukan dengan biaya sendiri. Untuk memudahkan mendapat lowongan magang di Jepang, Anda silahkan mendaftarkan diri di LPK SO yang biasa mengirimkan peserta magang dari Indonesia ke Jepang secara langsung. Dengan begitu, peluang untuk magang di sana bisa lebih besar.

3.      Biaya Sesudah Diterima Kerja

Biaya Magang ke Jepang

Sesudah mendapat pekerjaan, calon pekerja biasanya diwajibkan belajar bahasa Jepang lanjutan di sebuah LPK SO. Sambil menunggu kelengkapan dokumen, calon pekerja magang akan dididik sekaligus dilatih secara intensif. Ada biaya magang ke Jepang berupa biaya pelatihan lanjutan serta persiapan keberangkatan di LPK SO swasta sekitar Rp 20 juta hingga Rp 35 juta per orang.

Sebagai informasi, biaya magang ke Jepang tersebut mencakup biaya asrama serta pelatihan bahasa budaya Jepang selama dua sampai tiga bulan, pengurusan dokumen, tiket pesawat ke Jepang, koper, seragam, dan masih banyak lagi. Ada pula LPK SO yang menawarkan opsi dana talangan. Dengan begitu, Anda bisa mencicil dengan potong gaji per bulan sesudah diterima magang di Jepang.

Baca Juga: 3+ Daftar LPK Magang Jepang Terpercaya untuk Referensi

Itulah informasi seputar estimasi biaya magang ke Jepang yang bisa Anda persiapkan sekarang juga. Dengan informasi tersebut, Anda sudah lebih siap magang di Jepang dan biayanya sudah mencukupi.