Inilah 6 Cara Baca Hasil Tes Mata dengan Mudah dari Optik atau Dokter

Cara Baca Hasil Tes Mata

Inilah 6 Cara Baca Hasil Tes Mata dengan Mudah dari Optik atau Dokter – Mata merupakan salah satu organ paling penting dalam tubuh dan harus selalu dijaga kesehatannya. Karena itulah, banyak orang yang melakukan pemeriksaan pada mata di dokter ataupun optik untuk mendapatkan kacamata paling tepat. Sesudah melakukan pemeriksaan pada mata, biasanya Anda akan menerima hasilnya dan resep untuk kacamata tersebut. Oleh sebab itu, penting untuk mengetahui bagaimana cara baca hasil tes mata.

Dari hasil tes mata tersebut, terdapat resep kacamata yang merupakan resep dari dokter mata untuk membuat lensa kacamata yang sesuai berdasarkan kebutuhan mata pasien. Resep kacamata berbeda dengan resep obat pada umumnya karena terdapat tabel, angka, singkatan, atau istilah medis yang tentu saja asing bagi pasien. Jika Anda ingin tahu bagaimana cara baca hasil tes mata bisa simak informasi berikut ini.

Bagaimana Cara Baca Hasil Tes Mata yang Mudah?

Cara Baca Hasil Tes Mata

Untuk mengetahui bagaimana cara baca hasil tes mata, maka Anda perlu memahami istilah-istilah asing yang berada dalam hasil tes mata atau resep kacamata tersebut. Sebab selain singkatan, ada juga gambar berupa setengah lingkaran yang tertulis OS dan OD. Oleh sebab itulah, penting untuk Anda mengetahui bagaimana cara membacanya sehingga sedikit mengerti tentang kacamata yang digunakan.

Agar bisa membantu Anda memahami cara baca hasil tes mata dan resep kacamata tersebut, silahkan simak panduan sekaligus tata cara membacanya sebagai berikut.

1.      OS dan OD

Pertama dalam cara baca hasil tes mata, Anda perlu memahami istilah OS dan OD. Sebagai informasi, OS dan OD adalah singkatan yang sering ditemukan dalam hasil tes mata serta resep kacamata. Kedua arti kata tersebut antara lain:

·         OS adalah Oculus Sinistra adalah istilah latin untuk menyebut mata kiri

·         OD adalah Oculus Dextra adalah istilah latin untuk penyebutan mata kanan

Kedua istilah tersebut memiliki makna sama seperti L untuk left yang artinya kiri dalam bahasa Inggris. Pahami kedua istilah tersebut dalam langkah awal cara baca hasil tes mata yang benar.

Cara Baca Hasil Tes Mata

2.      OU

Tidak jarang Anda mungkin juga menemukan istilah OU dalam hasil tes mata dan resep kacamata. Karena itulah, cara baca hasil tes mata juga penting memahami istilah OU tersebut. sebagai informasi, OU adalah singkatan dari Oculus Uterque yang berarti kedua mata.

3.      AXIS

Berikutnya dalam cara baca hasil tes mata yang bisa Anda pahami berikutnya yaitu mengenal istilah AXIS. Sebagai informasi, AXIS merupakan orientasi dari silinder yang akan ditunjukkan mulai dari angka 0 hingga 180 derajat. Kalau mata Anda silinder, maka nilai AXIS juga perlu dituliskan dengan mengikuti tingkat kekuatan silinder yang diderita. Umumnya penulisan nilai AXIS didahului oleh X sebelumnya.

Sebagai contoh dalam cara baca hasil tes mata satu ini, yaitu x120. Jika tertulis keterangan seperti itu, maka artinya sudut kemiringan untuk lensa silinder yaitu 120 derajat agar dapat mengoreksi mata silinder.

4.      SPH

Pahami juga istilah SPH dalam cara baca hasil tes mata yang merupakan singkatan dari sphere. Istilah tersebut memperlihatkan tingkatan kekuatan lensa yang diperlukan oleh mata Anda, bisa berupa lensa kacamata minus ataupun lensa plus. Kalau angka yang tertera dalam kolom itu mempunyai tanda minus atau -, maka artinya mata Anda menderita masalah rabun jauh.

Sebaliknya, kalau angka yang tertulis dalam kolom disertai dengan tanda plus atau +, maka berarti mata Anda mengalami masalah rabun dekat. Apabila angka yang dituliskan semakin besar baik tanda plus atau minus, otomatis semakin tebal pula lensa yang diperlukan oleh mata Anda. Karena itulah, penting untuk memahami cara baca hasil tes mata dengan istilah tersebut sehingga Anda mempunyai gambaran lensa yang akan digunakan.

Cara Baca Hasil Tes Mata

5.      ADD

Dalam cara baca hasil tes mata berikutnya, Anda perlu memahami istilah ADD. Dalam resep kacamata dan hasil tes mata, ADD berarti kekuatan pembesar yang akan ditambahkan di bawah lensa multifokal agar dapat mengoreksi rabun tua atau presbiopi untuk kebutuhan membaca pengguna.

Angka yang tertulis di kolom tersebut selalu berupa kekuatan plus. Namun mungkin beberapa resep dan hasil tes mata kemungkinan tidak dituliskan tanda plus. Biasanya angka tersebut berada di kisaran antara +0.75 hingga +3. Selain itu, biasanya kekuatannya sama di masing-masing mata yang perlu Anda pahami dalam cara baca hasil tes mata.

6.      CYL

Dalam tata cara baca hasil tes mata berikutnya, Anda juga perlu memahami istilah CYL. Sebagai informasi, CYL adalah singkatan dari istilah cylinder. Dalam resep kacamata dan hasil tes mata dari dokter, CYL memperlihatkan apakah Anda memiliki mata silinder atau tidak. Selain itu, ada juga jumlah kekuatan lensa kacamata untuk masalah silinder. Kalau tak ada angka yang tertulis dalam kolom itu, artinya Anda tidak memiliki masa silinder.

Selain itu, bisa saja silinder yang Anda miliki begitu sedikit sehingga tak perlu memakai kacamata dengan lensa jenis silinder. Jika di kolom tersebut tertulis angka yang kemudian diikuti tanda minus atau -, mengartikan kekuatan lensa untuk jenis lensa silinder rabun jauh. Sedangkan kalau angka itu diikuti dengan tanda plus atau +, maka artinya lensa diperuntukkan untuk silinder rabun dekat. Anda perlu memahami cara baca hasil tes mata tersebut.

Itulah bagaimana cara baca hasil tes mata yang bisa Anda pahami sekarang juga. Untuk mendapatkan kacamata terbaik, ada baiknya Anda menyerahkan hasil atau resep pemeriksaan kepada ahlinya.