Memahami 5 Jenis-Jenis Soal Tes Masuk Pesantren SMP, Pasti Lolos 100%

soal tes masuk pesantren smp

Memahami 5 Jenis-Jenis Soal Tes Masuk Pesantren SMP, Pasti Lolos 100% – Dalam beberapa waktu terakhir, para orangtua tertarik untuk mendaftarkan anaknya dalam pesantren yang setingkat SMP. Hal itu karena mereka menganggap pendidikan agama sangat penting untuk kehidupan buah hatinya. Itulah mengapa para orangtua yang beragama islam memasukkan anaknya ke pondok pesantren dan menjadi usaha dalam menjaga ilmunya. Jika Anda juga tertarik dengan hal tersebut, maka ketahui juga soal tes masuk pesantren SMP.

Sebagai informasi, Indonesia terkenal lantaran mempunyai banyak pesantren kelas atas. Pesantren tersebut antara lain Pesantren Modern Gontor, Pesantren Tebu Ireng, dan masih banyak lagi. Kendati demikian, agar bisa masuk dan menjadi siswa di pesantren tersebut bukan hal yang mudah. Pasalnya calon peserta didik juga diharuskan ikut serta dalam berbagai soal tes masuk pesantren SMP sehingga terdaftar sebagai siswa secara resmi.

Apa Saja Jenis Soal Tes Masuk Pesantren SMP?

soal tes masuk pesantren smp

Jika Anda mempunyai tekad untuk menjadi seorang santri, ada baiknya persiapkan terlebih dahulu dengan latihan mengerjakan soal tes masuk pesantren SMP sebelum ikut serta dalam tes seleksi sesungguhnya. Sekedar informasi, sistem dalam pesantren terbagi menjadi dua, yaitu pesantren yang mewajibkan santri tinggal atau kerap disebut sebagai pondok, namun ada juga pesantren yang merupakan sekolah modern dan hanya memberikan pelajaran.

Walaupun begitu, masing-masing pesantren menetapkan sejumlah persyaratan yang wajib dipenuhi oleh semua calon santri. Persyaratan tersebut berupa pengurusan administrasi, mempunyai dasar agama yang cukup baik, ikut serta dalam tes masuk dan soal tes masuk pesantren SMP tertentu sesuai kebijakan pesantrennya masing-masing. Selain itu, calon peserta juga harus membayar biaya masuk yang telah ditentukan oleh pesantren.

Jenis dan Materi Soal Tes Masuk Pesantren Tingkat SMP

soal tes masuk pesantren smp

Perlu Anda ketahui, berbagai soal tes masuk pesantren SMP adalah serangkaian tahap seleksi yang diselenggarakan agar dapat mengetahui kemampuan calon santri lewat ujian dari pihak pesantren. Hasil soal tes masuk pesantren SMP tersebut pun bisa digunakan untuk menilai tingkat kemampuan akademik dan kesiapan calon peserta didik untuk masuk ke dalam pondok pesantren. Karena itu, penting bagi siswa mempersiapkan tes masuk pesantren dengan baik.

Sekedar informasi, soal tes masuk pesantren SMP dibagi menjadi sejumlah jenis. Jenis tes tersebut dibedakan lantaran tak hanya bertujuan untuk menguji kemampuan calon santri. Sebab tes tersebut dilakukan untuk mengetahui kepribadian sekaligus kecenderungan anak yang akan masuk pesantren. Berikut ini ada beberapa jenis soal tes masuk pesantren yang perlu dipersiapkan sedini mungkin.

1.      Tes Potensi di Bidang Akademik

Jenis soal tes masuk pesantren SMP pertama yang harus calon santri ikuti adalah tes potensi di bidang akademik. Perlu diketahui, tes potensi akademik adalah salah satu bagian yang penting dalam tes masuk sebuah pesantren. Materi dalam tes potensi akademik tersebut biasanya membahas tentang mata pelajaran di sekolah. Tak hanya itu, tes potensi akademik juga masuk dalam kategori soal tes masuk pesantren SMP secara tertulis.

Materi yang ada dalam soal tes masuk pesantren SMP kategori akademik biasanya berupa PAI (Pendidikan Agama Islam), meliputi akhlak, sejarah, serta pengalaman di kehidupan nyata. Selain itu, ada juga materi matematika seperti sistem persamaan, aljabar, trigonometri, dan masih banyak lagi. Dalam soal tes masuk pesantren SMP potensi akademik juga terdapat materi Ilmu Pengetahuan Umum seperti IPS dan IPA.

2.      Tes Membaca Al Quran

Tak hanya jenis soal tes masuk pesantren SMP akademik, ada juga tes membaca Al Quran yang menjadi seleksi masuk pesantren dan harus dilakukan oleh calon santri. Biasanya para calon santri akan diuji dengan membaca Al Quran. Tak hanya itu, para calon santri juga nantinya diuji tentang hukum tajwid dari semua bacaan Al Quran yang dibaca. Seleksi selain soal tes masuk pesantren SMP satu ini sangat penting mengingat siswa akan memperdalami ilmu agama.

3.      Tes Bahasa Arab

Lantaran belajar di pesantren memakai dasar sistem pembelajaran agama islam, otomatis soal tes masuk pesantren SMP juga tak lepas dari ujian di bidang kemampuan bahasa Arab. Ada beberapa materi yang diajukan dalam seleksi kemampuan bahasa Arab antara lain imla, percakapan atau dialog, membaca serta menerjemahkan Al Quran. Ada juga tes membaca sekaligus menerjemahkan kitab-kitab para ulama terdahulu.

4.      Psikotes

soal tes masuk pesantren smp

Selain seleksi tertulis berupa soal tes masuk pesantren SMP, para calon santri juga akan melalui proses psikotes. Sebagai informasi, psikotes yang diajukan untuk calon santri di sebuah pesantren biasanya tak jauh berbeda dengan soal-soal psikotes pada umumnya. Biasanya materi psikotes yang diujikan antara lain materi spasial atau gambar, deret dan baris bilangan, analogi kata, antonim, dan sinonim.

5.      Tes Wawancara

Setelah melalui soal tes masuk pesantren SMP dan seleksi lainnya, tahap terakhir yang wajib dilalui dalam seleksi masuk pesantren yaitu mengikuti tes berupa wawancara. Adapun tes wawancara adalah tes yang dilakukan agar mengetahui kesiapan para calon santri dalam berkomitmen serta bersungguh-sungguh sehingga mampu mengikuti semua aturan sekaligus ketentuan yang sudah diberikan oleh pondok pesantren.

Biasanya seleksi selain soal tes masuk pesantren SMP satu ini dilakukan dengan dua bahasa yaitu bahasa Arab dan bahasa Indonesia. Pada umumnya, materi tes wawancara yang dilakukan berupa kesiapan orang tua dan calon santri, kemampuan berbahasa Arab lisan, serta penelusuran minat masuk ke pesantren.

Dari penjelasan di atas, bisa Anda ketahui cukup banyak seleksi sebelum masuk pesantren selain soal tes masuk pesantren SMP. Karena itu, para orang tua terutama calon santri harus memahami semua tes tersebut agar lebih siap dalam mengenyam pendidikan.