3 Cara Membuat Background di Google Form Lebih Berwarna dan Membuatnya Terlihat Lebih Cantik

Cara Membuat Background di Google Form

3 Cara Membuat Background di Google Form Lebih Berwarna dan Membuatnya Terlihat Lebih Cantik – Apakah Anda bosan dengan tampilan Google Form yang begitu-gitu saja? Jika iya, percantik layanan tersebut dengan cara membuat background di Google Form yang bisa disimak di bawah ini. Biasanya Google Form dibuat untuk ujian online yang bisa diisi oleh pemilik link. Kendati demikian tampilan pada Google Form kerap kali monoton dan hanya berisi tampilan klasik yang terasa sangat kaku.

Karena itulah tak heran banyak orang yang mengusahakan agar tampilan pada ujian online tersebut lebih menarik dan tak membosankan. Agar membuat ujian online di Google Form menjadi lebih menarik bisa dengan menerapkan cara membuat background di Google Form . Dengan demikian, mengerjakan ujian online ataupun kuesioner di dalam Google Form terasa lebih berwarna dan begitu menyenangkan. Sayangnya cara ini belum banyak diketahui oleh orang-orang sehingga Google Form lebih sering tampil dengan tampilan itu-itu saja.

Bagaimana Cara Membuat Background di Google Form yang Mudah?

Cara Membuat Background di Google Form

Ternyata cara membuat background di Google Form bisa diterapkan siapa saja supaya tampilannya lebih bagus dan menarik. Untuk membuat background yang menarik, Anda bisa dengan mengganti tema ataupun menambahkan gambar di bagian header. Dengan begitu, Anda dapat merubah tampilan di Google Form sesuai dengan yang diinginkan ataupun menyesuaikan materi yang sedang dipertanyakan. Sebab secara default, Google Form mempunyai tampilan yang polos dan halaman berwarna putih dengan text hitam.

Tentu saja bagi para user misalnya siswa ataupun mahasiswa yang mengerjakan tugas di Google Form dari para guru atau dosen maka akan bosan jika melihat tampilannya seperti itu-itu saja. Untuk mengantisipasi supaya siswa tak bosan dalam mengerjakan tugas berupa quiz atau ujian secara online, maka harus mencari solusi yaitu dengan cara membuat background di Google Form dan membuatnya lebih menarik.

Dengan cara membuat background di Google Form menjadi berwarna maka bisa membuat tampilan dalam Google Form di soal ujian atau quiz itu memiliki daya tarik tersendiri bagi para siswa dan siswi yang tengah mengerjakan soal quiz maupun ujian. Sebenarnya merubah tampilan Google Form supaya tampak unik dan menarik tak begitu sulit. Hanya perlu ide kreatif para guru ataupun dosen dalam memilih gambar dan warna di dalam Google Form.

Untuk informasi tentang membuat tampilan berbeda dalam background Google Form, Anda bisa simak cara membuat background di Google Form di bawah ini:

Merubah Tema Google Form Supaya Tampak Menarik

Cara Membuat Background di Google Form

Ada beberapa cara membuat background di Google Form lebih berwarna dan tidak membosankan. Pilihan caranya yaitu dengan merubah warna, merubah huruf, serta merubah header Google Form yang sudah dibuat sebelumnya. Dalam tampilan Google Form yang masih umum dan default, tak ada latar belakang dan garis header biasanya masih berwarna ungu. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan kalau ingin merubah tampilan Google Form yaitu:

1.     Mengganti Header di dalam Google Form

Untuk cara membuat background di Google Form , maka hal pertama yang harus dilakukan adalah dengan mengganti tampilan header. Dalam cara mengganti tampilan header di Google Form yaitu:

  • Hal pertama yang harus dilakukan dalam cara membuat background di Google Form yaitu tekan menu Thema di Google Form.
  • Setelah itu, muncul tampilan Window di sebelah kanan.
  • Kemudian di menu header pilih opsi Gambar yang disediakan di dalamnya.
  • Nantinya muncul bermacam tema yang bisa Anda pilih sesuai selera.
  • Hanya perlu pilih salah satu dari tampilan header yang ada, tekan Sisipkan
  • Selain dengan langkah di atas, ada juga cara membuat background di Google Form dengan gambar sendiri untuk dijadikan header. Caranya yakni:
  • Pertama-tama dalam cara membuat background di Google Form tekan Menu Unggah yang berada di atas laman Google Form.
  • Setelah itu, cari gambar di dalam komputer
  • Kemudian atur gambar dengan memilih salah satu area gambar yang diinginkan
  • Selesai.

2.      Mengganti Warna Tema dalam Google Form

Dalam cara membuat background di Google Form agar lebih berwarna berikutnya, Anda juga bisa mengganti warna temanya. Biasanya warna tema yang disediakan banyak dan biasanya menyesuaikan kombinasi warna dari header yang sudah dipilih. Misalnya saja di gambar header kombinasi warna kuning, merah, dan biru, maka Anda tak bisa mengubah warna tema menjadi hitam gelap.

Karena itu, tema warna background Google Form tak bisa ditentukan sesuka hati. Pasalnya warna tema tersendiri telah disediakan oleh Google Form itu sendiri. Untuk mengganti warna tema background di Google Form dalam cara membuat background di Google Form, maka hanya tinggal pilih salah satu dari warna tema yang sudah tersedia di dalamnya.

Dalam cara membuat background di Google Form supaya tidak membosankan, pengguna juga perlu mengganti warna latar belakang tema dalam Google Form. Sama seperti tema warna, penggantian latar belakang tema pun ditentukan secara otomatis oleh sistem di dalam Google Form. Ini kemungkinan bertujuan supaya pengguna tak sembarangan dalam memilih warna untuk latar belakang Google Form.

Oleh sebab itu, Google Form sudah menyediakan warna yang cocok dan sesuai dengan tema background header pilihan pengguna. Caranya yaitu pengguna hanya perlu memilih latar belakang yang sudah disediakan oleh layanan Google Form.

Cara Membuat Background di Google Form

3.      Mengubah Gaya Font di dalam Google Form

Dalam cara membuat background di Google Form dan membuatnya berwarna, maka Anda juga bisa merubah gaya font di Google Form itu sendiri. Hal ini bertujuan jika para pengguna bosan dengan gaya Font bawaan dari Google Form. Jika seperti itu, maka Anda bisa menggantinya menjadi gaya Font yang lain. Di dalam Google Form, hanya tersedia 4 gaya font yang dapat Anda pilih serta gunakan.

Dengan mengubah tampilan font dalam Google Form dalam cara membuat background di Google Form , otomatis tampilannya menjadi lebih bagus, unik, dan sangat menarik. Hal ini membuat orang yang menerima Google Form tersebut lebih semangat dalam mengisi sialnya. Untuk mengubah gaya font dalam Google Form, Anda hanya bisa simak informasi selengkapnya di bawah ini:

  • Di Google Font, Anda hanya perlu memilih salah satu dari empat pilihan yang tersedia dalam cara membuat background di Google Form
  • Kalau Anda memilih font lucu misalnya, maka font Google Font otomatis berubah menjadi lucu dalam Google Form.
  • Untuk melihat hasilnya, tekan pratinjau atau ketuk gambar icon mata yang berada di menu bagian atas.
  • Adapun cara membuat background di Google Form dengan tambahan penggantian font berikutnya yaitu tekan OK.
  • Lihat hasilnya, maka font langsung berubah sesuai pilihan Anda tadi.
  • Kalau semuanya sudah dipilih dengan benar, maka Anda bisa membagikan ujian atau quiz tadi ke semua siswa.

Baca Juga: Inilah 8 Cara Membuat Soal dengan Google Form untuk Kuis

Itulah informasi tentang cara membuat background di Google Form yang bisa disesuaikan berdasarkan kebutuhan dan keinginan Anda sekarang juga. Dengan informasi di atas, Anda bisa lebih mudah menyesuaikan background Google Form dan membuatnya lebih menarik sekarang juga.