3 Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis dengan Gampang

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Sebagai mahasiswa maupun yang sudah lulus, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan yang namanya publikasi jurnal. Untuk mengetahui cara publikasi jurnal nasional gratis adalah hal yang penting bagi mahasiswa. Publikasi jurnal ini memang sangat penting dilakukan untuk membuat jurnal kamu menjadi lebih sah dan kredibel. Tentunya manfaat dari melakukan publikasi ini tentunya akan sangat menguntungkan buat kamu maupun orang di luar sana.

Biasanya jurnal yang sudah dipublikasikan dan diakreditasi itu nantinya akan menjadi jurnal yang lebih dipercaya. Hal ini disebabkan karena jurnal yang sudah dipublikasikan itu biasanya berisi informasi yang sangat valid. Bukan hanya itu saja, namun juga bisa dimanfaatkan untuk referensi pada saaat orang lain melakukan penelitian atau membuat jurnal.

Cara Publikasi Jurnal Nasional Secara Gratis dengan Mudah

Membuat jurnal nasional, maka biasanya yang dilakukan oleh para akademisi seperti dosen, mahasiswa maupun peneliti. Jurnal ini adalah berasal dari penelitian atau karya ilmiah yang bisa di publikasi dengan cara gratis. Tentunya terdapat banyak ruang untuk jurnal itu bisa dipublikasikan dengan cara yang mudah.

Untuk jurnal biasanya kamu akan diharuskan untuk membayar biaya publikasi namun ada juga beberapa jurnal yang menawarkan publikasi gratis saja. Lalu adakah cara publikasi jurnal nasional gratis?

Tentu saja ada. Sebelum melakukan publikasi jurnal, maka disarankan untuk kamu sebaiknya mempersiapkan jurnalmu sebaik mungkin supaya nanti bisa dapat lolos publikasi jurnal nasional. Kamu pun bisa menggunakan beberapa cara berikut.

1.     Pastikan jurnal yang Ditulis tidak Plagiat

Cara publikasi jurnal nasional gratis pertama yaitu jika ingin menerbitkan sebuah jurnal, ingtalah bahwa keaslian karya atau orisinalitas adalah poin yang penting. Karya ilmiah yang berisi unsur plagiarisme tentu saja akan adda konsekuensi negatif. Sebelum melakukan publikasi jurnal, sangat disarankan untuk tidak ada unsur plagiarisme di dalam tulisanmu. Supaya nnati bisa terhindar dari plagiarisme maka kamu bisa lakukan dengan melakukan parafrasa.

2.     Perhatikan Aturan yang Berlaku

Cara publikasi jurnal nasional gratis selanjutnya yaitu disarankan, sebelum melakukan publikasi jurnal, pastikan jurnalmu itu sudah sesuai dengan aturan yang ada. Cobalah untuk membaca dahulu petunjuk yang harus dilakukan sebelum mengumpulkan jurnal. Pada umumnya aturan itu bisa seperti template yang sesuai, format yang akan dipakai nanti, bahasa yang memang sudah di ijinkan, aturan saat akan mengutip, juga tidak ada plagiarisme.

3. Sesuaikan dengan Topik Terkini

Tentunya dalam memilih tempat untuk mempublikasikan jurnal nasional maupun internasional, sanagat disarankan untuk memperhatikan bidang ilmu antara naskah kita yang sesusai dengan penerbit jurnal. Bukan hanya itu saja, namun pastikan juga jika naskah yang kita tulis itu memnag sudah sesuai dengan perkembangan ilmu saat ini supaya tulisannya tidak membosankan dan lama.

Portal Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Cara Publikasi Jurnal Nasional Gratis

Jika sudah yakin sudah siap untuk diterbitkan, waktunya untuk kamu mencari penerbit jurnal yang sesuai supaya jurnal itu dipublikasikan. Jika anda mencari cara publikasi jurnal nasional gratis, inilah beberapa portal atau website yang bisa digunakan.

1.     Perpusnas atau Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Merupakan salah satu portal yang menyediakan layanan publikasi jurnal nasional secara gratis. Ruang lingkup jurnal yang diterbitkan oleh Perpusnas RI ini sendiri sudah meliputi ilmu perpustakaan dan informasi, kepustakawanan, dan sebagainya. Selain iitu juga terdapat tiga jurnal yang diterbitkan secara berkala oleh Perpusnas RI, salah stauny adalah Visi Pustaka. 

2.     LIPI atau Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia

Nyatanya bukan hanya menyediakan layanan untuk mengakses jurnal secara gratis, namun juga Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini akan menyediakan layanan publikasi jurnal nasional gratis. Ada berbagai jenis jurnal yang bisa kamu pilih dan bisa disesuaikan dengan bidang ilmu yang kamu inginkan, seperti jurnal teknik, jurnal sosial humaniora, jurnal hayati, dan lainnya.

3.     Garuda

Garuda adalah sallah satu tempau untuk publikasi jurnal nasional yang sudah di jaminn dan bisa dibilang kredibel. Disini, kamu bisa mengakses berbagai karya ilmiah maupun jurnal yang telah dipublikasi secara gratis.