4 Rekomendasi PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

4 Rekomendasi PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal – Uang pangkal atau sering disebut dengan sumbangan untuk pengembangan institusi merupakan biaya yang dikenakan ketika masuk perguruan tinggi negeri dengan jalur seleksi mandiri. Sampai dengan saat ini, masih banyak dari kalangan calon mahasiswa baru yang takut dan khawatir dengan jumlah uang pangkal ini.

Hal tersebut biasanya terjadi, karena perguruan tinggi negeri ini mematok uang pangkal yang tinggi. Bahkan untuk jumlah biaya uang pangkal bisa mencapai dengan ratusan juta rupiah.

Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal yang bisa dipilih oleh para calon mahasiswa. Untuk lebih jelasnya, anda bisa menyimak penjelasan beberapa rekomendasi PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal di bawah ini.

Rekomendas 4 PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

Seperti yang sudah disebutkan diatas, bahwa kali ini akan diberikan beberapa tempat rekomendasi PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal. Untuk beberapa rekomendasi PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal adalah:

1. Universitas Indonesia

PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

Semua kalangan masyarakat, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan Universitas Indonesia. Pada saat anda ingin masuk di Universitas Indonesia dengan tanpa uang pangkal bisa mengikuti Simak UI.

Simak UI singkatan dari Seleksi Masuk UI. Sedangkan untuk pengertian Simak UI merupakan salah satu kegiatan ujian secara terpadu ketika ingin masuk di Universitas Indonesia. Kegiatan tersebut diselenggarakan untuk menyaring calon mahasiswa yang ingin kuliah di Universitas Indonesia.

Pada saat anda mengikuti Simak UI ada beberapa program yang bisa dipilih mulai dari vokasi D3, Sarjana Reguler, Magister, Doktor dan masih banyak lainnya. Selain itu, juga anda harus garis bawahi, untuk Simak UI ini biaya pendidikan juga kan ditetapkan berdasarkan jalur masuk.

Perbedaan yang paling menonjol ketika memilih S1 Reguler, anda akn dibebaskan biaya uang pangkal. Sedangkan untuk pendidikan Vokasi (D3) dan Paralel dan S1 Internasional, akan dikenakan uang pangkal pada saat pertama kali diterima.

Sedangkan untuk biaya kuliah dari PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal Universitas Indonesia juga berbeda-beda. Untuk biaya pendaftaran ketika ingin mengikuti Simak UI adalah:

Beberapa Pilihan Program PendidikanKelompok Pada Saat UjianBiaya yang Harus Dikeluarkan
Simak UI pada S1 reguler atau S1 paralel dan vokasi.Hanya program pendidikan IPA atau hanya IPS saja.Rp.400.000,00 di setiap memilih dua program pendidikan.
Simak UI pada S1 reguler, S1 paralel dan juga vokasi.Campuran (IPA dan IPS)Rp.500.000,00 di setiap memilih tiga program pendidikan.
Setiap menambah program studi atau jurusan selanjutnya, akan dikenakan biaya tambahan sebesar Rp.60.000,00.  

2. Universitas Gadjah Mada

PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal kedua ada di Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta. Berdasarkan laman resminya, Universitas Gadjah Mada (UGM) menyampaikan bahwa untuk proses masuk di jalur mandiri di setiap tahunnya mempunyai mengalami perubahan.

Seleksi yang dilakukan oleh Universitas Gadjah Mada adalah jalur yang menggunakan kombinasi dari hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), nilai rapor dan masih ada beberapa kriteria lainnya. Ketika berada di jalur ini, semua calon mahasiswa akan diberikan kesempatan pada lulusan SMA, SMK dan MA.

Ada tiga program studi yang bisa dipilih ketika masuk di dalam jalur tersebut seperti, Program Diploma IV, Sarjana Terapan dan Program Sarjana. Selain itu, untuk biaya pertama kali yang dikenakan oleh para calon mahasiswa adalah:

Beberapa kelompok pilihan program studi.Biaya Pendaftaran
Program studi soshum, saintek dan juga campuran.Rp.250.000,00.

Pada saat anda dinyatakan berhasil lolos di jalur seleksi mandiri Universitas Gadjah Mada (UGM), maka semua calon mahasiswa akan diwajibkan untuk pembayaran uang kuliah tunggal. Semua biaya yang dibebankan kepada mahasiswa ini juga sudah berdasarkan keputusan rektor Universitas Gadjah Mada (UGM).

3. Universitas Sriwijaya

PTN Jalur Mandiri Tanpa Uang Pangkal

PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal ketiga ada pada Universitas Sriwijaya. Universitas Sriwijaya adalah salah satu perguruan tinggi negeri (PTN) yang biaya kuliahnya berdasarkan dengan jalur masuknya.

Untuk jalur masuk di Universitas Sriwijaya ini bisa berada di jalur reguler dan juga saringan masuk bersama (USMB). Jalur reguler pada Universitas Sriwijaya ini meliputi SNMPTN dan juga SBMPTN.

Sedangkan untuk jalur saringan masuk bersama (USMB) adalah pola penerimaan mahasiswa dengan jalur mandiri yang diselenggarakan secara oleh Universitas Sriwijaya. Untuk jalur ujian kali ini berbentuk seperti tertulis.

Untuk kalangan calon mahasiswa yang sudah diterima di jalur reguler atau SNMPTN dan SBMPTN ini hanya diwajibkan untuk membayar Uang Kuliah Tunggal (UKT) saja. Selain itu, mahasiswa yang masuk di jalur tersebut juga tidak mempunyai kewajiban untuk membayar uang kuliah tunggal.

Mahasiswa yang masuk dengan jalur mandiri, biasanya akan diwajibkan untuk membayar uang UKT saja. Sehingga, mahasiswa tersebut tidak harus membayar uang pangkal. Akan tetapi untuk beberapa jurusan seperti kedokteran ini mengharuskan membayar uang pangkal atau sering disebut dengan dana BOP.

Program Studi Kedokteran ini akan dikenakan biaya diluar biaya UKT. Untuk biaya tersebut akan dibebankan dengan uang pangkal atau BOP. Nominal dari uang pangkal atau BOP ini bisa mencapai dengan Rp.200.000.000,00.

Untuk uang pangkal tersebut hanya bisa dibayarkan satu kali saja, di saat mahasiswa masuk dan melakukan registrasi. Sedangkan untuk UKT pada program studi kedokteran ini biasanya akan dibedakan di setiap kliniknya.

Biaya yang dibebankan pada program studi kedokteran setiap kliniknya, akan dikenakan biaya kurang lebih Rp.30.000.000,00. Sedangkan untuk setiap semester di setiap kliniknya bisa mencapai dengan Rp.45.000.000,00.

4. Universitas Islam Negeri (UIN)

PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal yang paling akhir ada di Universitas Islam Negeri (UIN). Seperti yang anda ketahui, bahwa untuk Universitas Islam Negeri (UIN) ini berada di beberapa wilayah yang ada di Indonesia.

Berdasarkan keputusan dari Menteri Agama, juga dijelaskan bahwa untuk perguruan tinggi keagamaan ini dilarang memungut biaya uang pangkal. Selain itu, pungutan lain atau UKT yang dibebankan oleh mahasiswa baru program diploma atau sarjan pun juga tidak boleh dilakukan.

Ada banyak sekali macam-macam jurusan yang bisa dipilih pada PTN jalur mandiri tanpa uang pangkal kali ini. Meski tidak ada uang pangkal, tapi untuk biaya per semester dari Universitas Islam Negeri (UIN) ini juga harus dibayarkan oleh kalangan mahasiswa.

Itulah dia empat ptn jalur mandiri tanpa uang pangkal yang bisa dipilih dan dijadikan bahan informasi oleh kalangan calon mahasiswa. Besar harapan setelah penjelasan diatas sudah tidak ada lagi kalangan calon mahasiswa yang cemas dengan biaya uang pangkal.