Cari Tahu Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Samsung A52 5G di Indonesia

Harga Samsung A52 5G di Indonesia

Cari Tahu Kelebihan, Kekurangan, dan Harga Samsung A52 5G di Indonesia -Apakah Anda tengah mencari ponsel android baru dengan harga terjangkau namun spesifikasinya gahar? Jika iya, mungkin seri ponsel Samsung A52 5G bisa menjadi jawabannya. Sudah cukup lama hadir di Indonesia, Samsung A52 5G masih menjadi pilihan tepat untuk digunakan pengguna setia brand Samsung. Tetapi ada baiknya Anda mencari tahu terlebih dahulu pasaran harga Samsung A52 5G di Indonesia terbaru.

Sekedar informasi, Samsung Galaxy A52 5G rilis sebagai salah satu seri dengan opsi terbaik untuk para penggunanya. Ponsel tersebut didukung dengan banyak aspek penting untuk pengguna mulai dari kamera, prosesor, baterai, layar untuk produktivitas, multitasking, sampai hasil foto dan video unggulan. Semua hal itulah yang memungkinkan Samsung Galaxy A52 5G dapat Anda pinang untuk digunakan sehari-hari.

Inilah Review dan Kisaran Harga Samsung A52 5G di Indonesia Terbaru

Harga Samsung A52 5G di Indonesia

Banyak orang yang penasaran dengan harga Samsung A52 5G di Indonesia, karena ada anggapan bahwa smartphone 5G memiliki harga fantastis yakni Rp 10 jutaan. Ternyata hal itu tidak berlaku bagi Samsung Galaxy A52 5G. Sebab ponsel tersebut termasuk ke dalam smartphone terjangkau dengan kisaran harga Rp 3 – 4 juta namun sudah disematkan spesifikasi terbaik di kelasnya.

Smartphone yang rilis pada bulan Mei tahun 2021 ini merupakan bagian dari keluarga Samsung Galaxy A Series yang rilis bersamaan dengan Samsung Galaxy A32 dan Galaxy A72 Series. Ketiga seri ponsel tersebut mempunyai desain bodi yang mirip satu sama lain. Hampir tiga tahun berlalu, ternyata Samsung Galaxy A52 5G masih worth it digunakan. Walaupun harganya cukup terjangkau, ponsel ini memiliki kelebihan dan kekurangannya tersendiri.

Kelebihan Samsung Galaxy A52 5G

Harga Samsung A52 5G di Indonesia

Tak hanya harga Samsung A52 5G di Indonesia, sebagai calon pengguna atau ingin membeli ponsel tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja yang termasuk kelebihan dari Samsung Galaxy A52 5G. Walaupun harganya sudah terbilang turun dibandingkan perilisan perdananya, Samsung Galaxy A52 5G hadir dengan segudang kelebihan yang wajib Anda perhatikan sebelum membelinya. Beberapa kelebihan Samsung Galaxy A52 5G di antaranya:

1.      Dapur Pacu Unggulan

Samsung Galaxy A52 5G ternyata masuk ke dalam jajaran ponsel yang cocok untuk gamers. Bukan tanpa alasan, versi 5G Samsung Galaxy A52 hadir dengan chipset Snapdragon 750G yang lebih canggih dibandingkan versi regulernya. Untuk itulah, ponsel ini bisa dibilang andal kalau Anda gunakan bermain game. Bukan hanya itu, ponsel tersebut juga sudah didukung dengan RAM besar berukuran 8GB.

Dukungan tersebut jelas membuat performa ponsel semakin lancar untuk penggunaan sehari-hari. Tidak hanya nyaman untuk dipakai bermain game, Samsung Galaxy A52 5G bisa dibilang cukup mumpuni ketika dipakai multitasking oleh para penggunanya. Terlebih, Samsung membekali seri Galaxy A52 5G dengan kapasitas memori internal luar biasa besar yakni 256 GB yang mampu menampung banyak aplikasi.

2.      Layar AMOLED yang Berkualitas Tinggi

Walaupun harga Samsung A52 5G di Indonesia tergolong terjangkau, ponsel tersebut sama seperti smartphone dalam level mid range kebanyakan. Bagaimana tidak, Samsung Galaxy A52 5G hadir dengan kualitas layar unggulan di kelasnya yakni layar panel Super Amoled. Dengan layar berkualitas tersebut, maka ponsel satu ini mampu menghasilkan tampilan yang terang, cerah, dan tajam untuk pengguna.

Memang untuk ukuran layarnya tidak begitu istimewa karena seluas 6.5 inci yang juga merupakan besaran layar pada umumnya. Bahkan sejumlah ponsel lain ada juga yang menghadirkan layar seluas 6,67 inci. Walaupun begitu, layar berukuran 6.5 inci yang ada di Samsung Galaxy A52 5G sudah dinilai sangat bagus terutama dalam hal pengalaman sinematis yang dirasakan para pengguna.

Apalagi dengan layar FHD+ Super Amoled Display, layar tersebut mampu mencapai tingkat kejernihan hingga 800 nits sekalipun pengguna tengah berada di bawah sinar matahari yang terang. Samsung juga membekali ponsel tersebut dengan Eye Comfort Shield yang mampu mengurangi cahaya biru serta Real Smooth sehingga dapat menjaga tampilan layarnya tetap halus, ketika bermain game maupun scrolling.

3.      Sudah Memiliki Sertifikat IP67 Anti Air

Memang harga Samsung A52 5G di Indonesia untuk tahun 2024 dibanderol sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 jutaan saja. Tetapi ponsel tersebut tetap membawa keistimewaan tersendiri dengan adanya sertifikasi IP rating. Padahal sertifikasi satu ini pada umumnya hanya dimiliki oleh jajaran ponsel flagship. Kini Samsung Galaxy A52 5G yang juga rilis di Indonesia pun memiliki sertifikasi IP67 yang berarti tahan terhadap air.

Kendati demikian, sertifikasi IP67 yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A52 5G tidak sebaik IP68 yang umumnya ada di ponsel flagship seperti Samsung Galaxy S21 Series. Meskipun faktanya seperti itu, tetap saja Samsung Galaxy A52 5G dengan sertifikasi IP67 mampu tahan air sedalam 1 meter dalam waktu 30 menit. Apalagi ada pengaman tambahan berupa build quality dan pelindung kaca terbaik yaitu Corning Gorilla Glass 5.

Dengan pengaman seperti itu, Samsung Galaxy A52 5G mampu tahan terhadap air dan debu, sekaligus ketahanan ekstra ketika layar tergores sampai terbentur sekalipun. Dengan semua perlindungan tersebut, Anda pun bisa mengambil foto sekalipun ponsel dalam kondisi sedikit basah. Namun harap perhatikan bahwa ponsel ini tidak disarankan untuk digunakan di kolam renang, pantai, maupun air bersabun.

4.      Kamera Terbaik

Dengan harga Samsung A52 5G di Indonesia yang aman di kantong, bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan pengalaman mengambil gambar mumpuni. Pasalnya Samsung Galaxy A52 5G mempunyai kualitas kamera yang begitu menarik. Di belakang ponsel sudah tersemat konfigurasi Quad Camera yang merupakan peningkatan kalau dibandingkan dengan generasi pendahulunya.

Menariknya lagi, Samsung Galaxy A52 5G juga sudah hadir dengan lensa OIS dalam lensa utamanya. Demi menambah mode pemotretan pada ponsel, Samsung juga menghadirkan sejumlah lensa pendamping lainnya yaitu kamera ultrawide 12 MP, lensa 5MP sensor boeh, dan sensor 5MP. Tak sampai disitu, ada juga fitur rekaman berkualitas 4K yang menjadikannya sebagai ponsel mid range terbaik.

5.      Kualitas Audio Unggulan

Harga Samsung A52 5G di Indonesia memang jauh di bawah ponsel kelas flagship keluaran Samsung. Tetapi faktanya, Galaxy A52 5G tetap menghadirkan kualitas audio unggulan untuk pengguna. Pasalnya ponsel satu ini mempunyai dua pengeras suara, di bagian atas dan di bagian bawah yang memungkinkan pengguna mendapat pengalaman audio stereo walaupun tanpa menggunakan earphone sekalipun.

Meskipun berkualitas tinggi, ternyata Samsung masih membekali ponsel satu ini dengan 3.5 mm jack audio. Oleh sebab itu, Anda sebagai pengguna masih bisa leluasa menggunakan earphone kabel maupun speaker tambahan. Samsung Galaxy A52 5G juga sudah didukung dengan penyetelan Dolby Atmos yang memungkinkan pengguna menyesuaikan preset sesuai kegiatan yang dilakukannya.

Kekurangan Samsung Galaxy A52 5G

Harga Samsung A52 5G di Indonesia

Meskipun memiliki segudang kelebihan, Samsung Galaxy A52 5G juga dinilai mempunyai kekurangannya tersendiri. Hal ini wajar mengingat harga Samsung A52 5G di Indonesia tidak terlalu tinggi jika dibandingkan dengan ponsel flagship yang rilis dari keluarga Samsung. Sebagai bahan pertimbangan, Anda bisa simak beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Samsung Galaxy A52 5G di bawah ini.

1.      Sensor Sidik Jari yang Dirasa Kurang Nyaman

Sebagai ponsel mid range yang solid, tentu saja Samsung membekali seri Galaxy A52 5G dengan sensor biometrik yang berupa under display fingerprint serta face unlock. Sejatinya ini akan memudahkan pengguna mengingat ponsel tersebut menggunakan layar tipe OLED. Sayangnya sensor sidik jari yang dimaksudkan untuk kemudahan justru membuat pengguna merasa kurang nyaman.

Pasalnya pembukaan sensor sidik jari di bagian layar Samsung Galaxy A52 5G sering dirasa kurang pas. Bahkan banyak yang menilai pengalaman membuka kunci layar di ponsel terebut tak senyaman yang dibayangkan para pengguna. Tidak sedikit juga yang menilai sensor sidik jari Samsung Galaxy A52 5G memiliki tingkat responsivitas cukup buruk. Karena itu, pengguna pun harus mencoba dua kali supaya layar kuncinya dapat terbuka.

2.      Terlalu Banyak Iklan

Dengan harga Samsung A52 5G di Indonesia yang aman di kantong, ternyata banyak pengguna mengeluhkan bloatware pada ponsel tersebut. Bahkan ponsel satu ini mempunyai sejumlah aplikasi yang tak bisa dihapus oleh pengguna. Bukan itu saja, tidak sedikit pengguna yang mengeluhkan iklan-iklan pada ponsel karena dirasa cukup mengganggu. Hal inilah yang menjadi kekurangan tersendiri bagi Samsung Galaxy A52 5G.

3.      Material Bodi dari Plastik

Samsung Galaxy A52 5G memang mempunyai tampilan yang berani dan unik. Sayangnya bahan material bodi ponsel masih terbuat dari bahan plastik polikarbonat. Hal ini wajar adanya mengingat harga Samsung A52 5G di Indonesia tidak terlalu menguras kantong. Tetapi tetap saja bagi sebagian besar orang, bodi ponsel berbahan plastik adalah kekurangan lantaran terkesan ringan atau kopong ketika diketuk menggunakan jari.

Beruntung Samsung Galaxy A52 5G hadir dengan banyak pilihan warna yang stylish. Ini yang membuat ponsel tampil lebih refreshing dengan kesan berbeda dari ponsel lain. Banyak pilihan warna yang bisa pengguna pilih diantaranya Awesome White, Awesome Black, Awesome Violet, dan Awesome Blue yang hadir dengan warna soft sehingga nyaman dilihat meskipun terasa ringan digenggam.

Baca Juga: Cari Tahu 7 Perbedaan Oppo A52 dan A53 untuk Rekomendasi Ponsel Terbaik

Itulah pembahasan seputar harga Samsung A52 5G di Indonesia lengkap dengan kelebihan dan kekurangannya untuk menjadi pertimbangan Anda. Dengan informasi tersebut, Anda bisa mempertimbangkan apakah akan membeli Samsung Galaxy A52 5G atau justru tidak.