5 Jurusan Kuliah Industri Kreatif yang Paling Rekomendasi

Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Tahukan anda kalau saat ini sedang menghadapi era baru atau era Society 5.0 setelah revolusi dari industri 4.0. Sampai dengan saat ini banyak perusahaan atau pekerjaan yang lebih membutuhkan lulusan dari jurusan kuliah industri kreatif.

Makanya dengan hal tersebut membuat banyak orang-orang yang mulai mencari jurusan kuliah industri kreatif. Sedangkan untuk anda yang penasaran dengan apa saja jurusan kuliah industri kreatif, bisa langsung saja simak lebih lengkapnya dibawah ini.

Inilah Alasan Calon Mahasiswa Harus Memilih Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, bahwa saat ini anda sedang berada di era revolusi industri 4.0. Di dalam revolusi tersebut mempunyai satu titik fokus pada AI atau kecerdasan yang dibuat secara buatan.

Dengan munculnya teknologi di revolusi 4.0 ini membuat masyarakat bisa memunculkan robot yang mempunyai kecerdasan dan bisa mengambil alih kemampuan manusia di  masa depan.

Salah satu hal yang tidak bisa dikalahkan oleh teknologi robot adalah di dalam bidang kreatif. Perlu anda ketahui, bahwa untuk tingkat kreativitas yang ada di dalam diri manusia ini tidak akan ada habisnya.

Bisa dikatakan semakin orang tersebut sekolah setinggi-tingginya, maka untuk tingkat kreativitas akan lebih banyak. Akan tetapi, perlu diingat lagi bahwa untuk memilih jurusan kuliah juga harus sesuai dan benar. Selain itu, bisa memilih jurusan kuliah industri kreatif yang sesuai dengan kemampuan di dalam diri.

5 Rekomendasi Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Pada era seperti sekarang ini, banyak sekali macam-macam jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh kalangan masyarakat. Akan tetapi, dengan banyaknya macam-macam jurusan kuliah justru membuat masyarakat tersebut menjadi bingung.

Apalagi untuk anda yang awam dengan dunia pendidikan perkuliahan, tidak dipungkiri ketika bingung harus memilih mana. Untuk saat ini manusia dituntut untuk mempunyai pikiran yang cerdas dan juga kreatif.

Banyak juga dari kalangan anak-anak muda yang sudah terjun di dalam dunia industri 4.0. Bahkan, sudah banyak juga dari kalangan anak muda yang ada di dalam industri tersebut memunculkan beberapa teknologi canggih dan bermanfaat.

Memilih jurusan kuliah tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebaiknya anda mencari informasi lebih banyak lagi tentang jurusan yang ingin anda pilih, supaya bisa memberikan hasil di masa akan mendatang.

Ada beberapa jurusan kuliah industri kreatif yang bisa dipilih oleh kalangan anak-anak muda di era seperti sekarang ini. Untuk beberapa jurusan kuliah industri kreatif tersebut adalah:

1. Desain Komunikasi Visual

Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Jurusan kuliah industri kreatif yang pertama ada di Desain Komunikasi Visual atau sering disebut dengan DKV. Desain Komunikasi Visual (DKV) adalah salah satu jurusan kuliah yang paling banyak disukai oleh banyak orang. Bahkan, untuk satu jurusan tersebut menjadi paling favorit.

Pada saat anda memilih jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) akan diberikan pembelajaran mengenai bagaimana cara menyampaikan suatu pesan dengan format menggunakan media visual. Selain itu, pada saat masa perkuliahan sedang berlangsung, anda akan diberikan bekal secara penuh dengan kegiatan praktek untuk menciptakan sebuah karya.

Sedangkan untuk karya yang bisa diciptakan oleh jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) bisa dari beberapa media seperti, poster, logo, ilustrasi, desain web, video, foto dan masih banyak lainnya. Orang yang mempunyai lulusan kuliah dari Desain Komunikasi Visual (DKV) ini mempunyai peluang kerja yang sangat luas, apalagi di dunia industri kreatif.

Biasanya untuk agensi periklanan, pengembang web dan startup membutuhkan anak-anak muda yang mempunyai lulusan dari Desain Komunikasi Visual (DKV). Selain itu, pilihan lainnya yaitu anda bisa menjadi seorang pekerja dengan status desainer lepas atau freelance dengan skill tersebut.

2. Ilmu Komunikasi

Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Sebagian orang, tentu saja sudah tidak asing lagi dengan jurusan kuliah industri kreatif yang satu ini yaitu Ilmu Komunikasi. Pada saat anda memilih jurusan Ilmu Komunikasi bukan hanya diajarkan untuk soal dan cara berkomunikasi saja.

Untuk jurusan kuliah industri kreatif Ilmu Komunikasi ini masih ada bidang lagi yang bahkan orang-orang yang mempunyai sifat introvert pun juga bisa masuk. Ada beberapa bidang yang bisa didapatkan atau dipelajari ketika berada di jurusan Ilmu Komunikasi seperti, dunia jurnalistik, public relation, periklanan dan masih banyak lainnya.

Bahkan, untuk jurusan Ilmu Komunikasi juga akan diberikan pembelajaran mengenai cara menulis berita secara baik dan benar. Sedangkan, untuk anda yang ingin mempunyai skill berbicara atau Public Speaking juga bisa didapatkan dan belajar di dalam jurusan Ilmu Komunikasi.

3. Broadcasting

Pada saat anda mendengar jurusan kuliah industri kreatif Broadcasting pasti pikiran langsung terlintas adalah orang yang mengatur acara TV. Memang benar, untuk orang yang lulusan dari jurusan Broadcasting ini mempunyai tugas untuk mengurus acara program Televisi (TV).

Akan tetapi, untuk anda lulusan dari Broadcasting tidak harus bekerja di stasiun Televisi (TV) saja. Soalnya, pada saat masa perkuliahan anda akan mempelajari bagaimana untuk menciptakan suatu ide supaya menjadi program produksi yang menarik.

Sehingga, untuk anda yang menjadi lulusan dari jurusan kuliah industri kreatif Broadcasting ini harus bisa membuat program acara di media selain Televisi (TV). Ketika berada di jurusan kuliah Broadcasting juga akan mengenal cara untuk tampil di depan layar kaca dan memahami proses di balik layar kaca.

4. Televisi dan Film

Jurusan kuliah industri kreatif yang satu ini hampir mirip dengan Broadcasting. Pada saat anda berada di dalam jurusan Televisi dan Film akan mempelajari beberapa teknik yang digunakan ketika membuat film dan program siaran Televisi (TV).

Selain itu, anda juga akan diajarkan untuk cara menulis skrip dan tata kamera secara benar. Bahkan, anda juga akan diberikan penjelasan mengenai dunia penyutradaraan dan juga fotografi.

Untuk anda yang ingin mempunyai karir di dunia sektor media film dan pertelevisian atau industri dunia kreatif lainnya, sangat cocok memilih jurusan Televisi dan Film. Banyak dari kalangan masyarakat dari lulusan jurusan tersebut berhasil dan mudah dalam mencari pekerjaan di kemudian hari.

5. Seni Rupa

Jurusan Kuliah Industri Kreatif

Setiap manusia, pastinya mempunyai jiwa seni. Bahkan, ada juga dari beberapa orang yang mempunyai jiwa seni yang sangat tinggi. Maka dari itu dengan jiwa seni yang tinggi pada seseorang tersebut, bisa disarankan untuk masuk di jurusan kuliah industri kreatif Seni Rupa.

Pada saat anda berada di jurusan Seni Rupa, akan belajar tentang melukis, seni pahat, kerajinan dan masih banyak lainnya. Menariknya lagi di dalam jurusan kuliah kali ini akan diberikan pelajaran mengenai sejarah dari seni, komposisi seni dan juga tematik di saat berkarya seni.

Itulah lima jurusan kuliah industri kreatif yang bisa dipilih oleh kalangan anak-anak muda di era seperti sekarang ini. Diharapkan setelah penjelasan diatas tidak ada lagi kalangan anak muda yang bingung harus memilih jurusan kuliah seperti apa.